Home » Kapitalisme Adalah: Ini Pengertian, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kelemahannya

Kapitalisme Adalah: Ini Pengertian, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kelemahannya

Kapitalisme adalah salah satu ideologi yang digunakan dalam mengatur roda perekonomian suatu bangsa. Tentunya istilah tersebut sering Anda temui pada saat membaca koran atau pelajaran.

Di dalam menjalankan roda ekonomi biasanya suatu negara menggunakan landasan ideologi. Tujuannya agar dapat menjalankan roda perekonomian masyarakat dengan baik dan teratur sehingga meningkatkan kesejahteraan.

Landasan ideologi secara umum terlahir dari berbagai hal yang muncul di sebuah negara. Salah satunya kapitalisme yang diadopsi oleh berbagai negara yang ingin mewujudkan kesejahteraan perekonomian pemilik modal besar.

Seperti apa ideologi kapitalisme dalam membantu pengelolaan roda ekonomi sebuah bangsa? Temukan jawaban mengenai pengertian, keuntungan dan kerugian, dan contoh penerapan kapitalisme lewat artikel ini.

Kapitalisme Adalah Ideologi dalam Mengelola Roda Ekonomi

Kapitalisme merupakan landasan ideologi yang mengedepankan kesejahteraan manusia dalam mengelola roda ekonomi. Ideologi yang satu ini diterapkan dengan meyakini bahwa modal perorangan dan kelompok mempunyai peranan penting.

Modal milik kelompok dan perorangan dianggap dapat mewujudkan kesejahteraan manusia dalam mengelola ekonomi. Penerapan ideologi kapitalisme mengacu pada sistem ekonomi yang dianut dan diterapkan pada suatu bangsa.

Kapitalisme adalah ideologi yang diterapkan agar masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraannya. Dalam hal ini setiap warga negara bisa menguasai bisnis dan modal untuk tujuan mendapatkan keuntungan.

Salah satu ciri khas penerapan sistem kapitalisme merupakan intervensi negara yang cenderung minim. Pemerintah yang umumnya dianggap sebagai pemangku kebijakan ideologi tetap dapat menerapkan peraturan.

Sebagai contohnya yaitu menerapkan besaran upah minimum pada perusahaan atau karyawan sebagai acuan. Kendati demikian pemerintah umumnya tidak terlibat secara aktif dalam perencanaan produksi nasional.

Jika dilihat dari penerapannya kapitalisme adalah ideologi yang sudah ada sejak abad ke-19. Konsep ideologi tersebut muncul dari seorang tokoh yang berasal dari Skotlandia bernama Adam Smith.

Tokoh tersebut mencetuskan salah teori yang berbunyi “the invisible hand”. Teori tersebut meyakini bahwa konsep keseimbangan pasar bisa dibentuk secara alami melalui permintaan dan penawaran.

Keuntungan Penerapan Kapitalisme pada Perekonomian

Sistem kapitalisme yang dijalankan di dalam sebuah bangsa tentunya berkaitan dengan keuntungan dan kelemahan. Berikut adalah beberapa keuntungan dari penerapan kapitalisme di dalam roda perekonomian suatu bangsa:

  • Kapitalisme membantu pemanfaatan Sumber Daya

Penerapan kapitalisme dalam memutar roda ekonomi negara menguntungkan banyak orang. Salah satunya dapat memanfaatkan sumber daya yang lebih efektif dan efisien bagi banyak pihak di dalamnya.

Hal tersebut dapat terjadi lantaran pemilik modal telah memasang keuntungan lewat target harian, bulanan hingga tahunan. Sehingga ideologi kapitalisme membawa dampak baik bagi banyak pihak yang menerapkannya.

  • Kapitalisme membuat masyarakat lebih kreatif

Kapitalisme merupakan bentuk ideologi yang mampu membentuk masyarakat dengan sistem ekonomi kreatif. Dengan penerapannya masyarakat dapat meningkatkan daya kreatifitas lantaran dihadapkan pada persaingan yang tinggi.

  • Meningkatkan daya tarik masyarakat sebagai konsumen

Salah satu keuntungan penerapan kapitalisme yaitu munculnya produk-produk yang unik dan kreatif. Hal tersebut mendongkrak minat masyarakat sebagai konsumen yang membutuhkan produk hasil dari kapitalisme.

  • Pemilik modal dapat berkreasi di pasar bebas

Salah satu keuntungan bagi kalangan yang menerapkan sistem kapitalisme merupakan transaksi yang mudah dilakukan di pasar bebas. Pemilik modal besar dapat bersaing secara ketat di pasar bebas demi mendapatkan keuntungan.

  • Munculnya konsumen baru di pasar bebas

Keuntungan lainnya adalah munculnya konsumen baru yang tertarik menggunakan produk di pasar bebas. Hal tersebut akan mempengaruhi minat orang di pasar bebas untuk terus menciptakan produk baru yang kompetitif.

  • Penganut kapitalis dapat mengelola modal

Kapitalisme adalah salah satu ideologi yang menekankan pada hak individu terutama pada saat mengelola modal. Dengan demikian masyarakat dapat mengatur modal sehingga menghasilkan pendapatan yang maksimal.

Kelemahan Penerapan Kapitalisme pada Perekonomian

Dalam menjalankan roda ekonomi yang menggunakan sistem kapitalisme tentunya masih ada kelemahan. Kelemahan penerapan kapitalisme kadang tidak disadari oleh para pelaku ekonomi dalam suatu bangsa.

Salah satu kelemahan dari penerapan kapitalisme adalah persaingan di pasar bebas yang tidak terkendali. Hal tersebut dikarenakan para pemilik modal besar secara umum yang menguasai pasar.

Oleh karena itu persaingan di pasar-pasar bebas yang menganut sistem kapitalisme tidak dapat dihindari. Modal besar hanya dapat dijangkau oleh kalangan tertentu sehingga hal tersebut dapat meningkatkan risiko monopoli pasar.

Tidak hanya itu saja sistem kapitalis tersebut hanya berorientasi pada uang semata. Hal ini akan mengakibatkan tergerusnya tujuan awal yaitu kesejahteraan para pekerja dan komponen lainnya.

Kelemahan selanjutnya yaitu munculnya bencana eksploitasi sumber daya alam secara besar-besaran. Hal ini dikarenakan para pemilik modal memasang target keuntungan yang besar dalam menjalankan usahanya.

Ciri Penerapan Kapitalisme dalam Perekonomian

Kapitalisme adalah paham atau ideologi yang diterapkan dengan berbagai ciri khasnya. Berikut ini adalah ciri-ciri dari adanya penerapan kapitalisme di dalam roda perekonomian sebuah bangsa.

  • Adanya kecepatan dalam ekspansi kekayaan

Salah satu ciri dari penerapan sistem kapitalisme merupakan adanya kecepatan dan ekspansi kekayaan. Umumnya orang menjadi kapitalis karena ini cepat mendapatkan keuntungan dan kekayaan dari pasar bebas.

  • Produksi barang dan jasa maksimal

Ciri kedua yaitu meningkatnya jumlah produksi di pasar bebas bersamaan dengan ekspansi kekayaan. Hal tersebut lantaran pemilik modal besar mendapatkan kepuasan dari kegiatan di pasar besar.

  • Individu mempunyai kebebasan tanpa batas

Negara kapitalis cenderung memiliki tingkat kebebasan yang tinggi alias tanpa batas. Individu kapitalis dapat menciptakan kekayaan pribadi dan mengatur serta melakukan berbagai trik untuk menyimpannya.

  • Individu bebas mengambil keputusan sendiri

Kapitalisme adalah sistem ideologi yang membuat orang-orang lebih mudah mengambil keputusan secara mandiri. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud inisiatif mandiri di pasar bebas dalam mengoptimasi sumber daya.

  • Peran pemerintah lebih kecil dalam distribusi

Ciri selanjutnya adalah mengecilnya peran pemerintah untuk beberapa hal. Misalnya seperti peran pemerintah dalam efisiensi alokasi serta permasalahan distribusi produk yang membutuhkan nilai-nilai kolektif.

  • Kapitalisme erat kaitannya dengan kepentingan pribadi

Kapitalisme yang menjadi landasan ideologi roda ekonomi juga erat kaitannya dengan kepentingan pribadi. Namun dalam hal memenuhi kepentingan pribadinya penganut kapitalis juga akan mempertimbangkan kepentingan sosial.

Contoh Kapitalisme dalam Roda Ekonomi

Salah satu contoh dari penerapan kapitalisme adalah sistem roda perekonomian yang berlangsung di Amerika Serikat. Negara adidaya tersebut menggunakan sistem roda perekonomian dengan landasan kapitalisme.

Para kapitalis di negara Amerika Serikat melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Salah satunya adalah upah tenaga kerja yang dimanfaatkan oleh kapitalis.

Sementara itu kalangan yang tidak memiliki akses modal harus berjuang keras untuk mensejahterakan ekonomi. Selain itu contoh penerapan kapitalisme dapat dilihat dari hadirnya pasar modern.

Pasar modern atau mall dan supermarket adalah contoh dari adanya penerapan ideologi kapitalisme di sebuah negara. Tanpa disadari pasar modern tersebut mulai menggusur adanya pasar tradisional.

Tentunya orang akan merasakan kemudahan maupun kenyamanan saat berbelanja di mall. Terlebih konsumen menjadi lebih tertarik menghabiskan uang di supermarket yang dikunjungi karena dianggap mudah dan murah.

BACA JUGA: Apa Itu Globalisasi, Dampak Positif dan Negatifnya

Kapitalisme dalam Dunia Bisnis Modern

Peran kapitalisme adalah mewujudkan keuntungan yang besar melalui penekanan biaya pengeluaran. Lantas bagaimana hubungan sistem kapitalisme dengan berbagai macam bisnis modern yang dijalankan di banyak negara?

Di dalam dunia bisnis istilah bisnis mengacu pada mode produksi yang dijalankan dengan sistem tertentu. Produsen atau pebisnis menjalankan bisnisnya untuk mendapatkan keuntungan sangat besar.

Namun di samping tujuan mendapatkan keuntungan yang besar sistem kapitalisme juga mengajarkan pebisnis untuk menekan pengeluaran. Singkatnya pebisnis akan mengurangi biaya produksi namun tetap mempertahankan kualitas.

Minimalisasi biaya produksi yang sangat besar dilakukan agar pebisnis dapat meraup keuntungan dan menekan angka kerugian. Bahkan sistem kapitalisme yang dijalankan juga berdampak bagi para karyawan.

Perusahaan yang menerapkan sistem kapitalisme cenderung menimimalisir upah para pekerja. Sehingga para karyawan adalah pihak yang paling merasakan adanya penerapan sistem kapitalisme dalam dunia bisnis.

Selain itu kapitalisme dalam dunia bisnis dilakukan oleh perseorangan di luar pemerintah. Namun suatu badan usaha juga dapat menerapkan sistem kapitalisme dengan berbagai pertimbangan yang matang.

Pada dasarnya sistem kapitalisme memiliki dua sisi yaitu menguntungkan dan melemahkan. Jadi pada akhirnya kapitalisme adalah ideologi yang diterapkan dalam mengatur roda perekomonian dalam sebuah bangsa.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!