Home » Insentif Adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Untuk Perusahaan dan Karyawan

Insentif Adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Untuk Perusahaan dan Karyawan

Insentif adalah suatu bentuk komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada pegawai yang memiliki prestasi tersendiri. Prestasi tersebut telah ditentukan oleh perusahaan, sehingga besaran insentif ini juga telah disesuaikan dengan performa karyawan dalam bekerja.

Jadi, insentif merupakan salah satu bentuk apresiasi dari pemilik kepada pegawai yang mampu berkontribusi untuk perusahaan. Oleh sebab itu, Anda harus tekun dan giat bekerja guna mendapat insentif dari pemilik usaha.

Umumnya, bentuk insentif yang didapatkan oleh para pekerja ini berupa uang dengan nominal tertentu. Selain uang, pemilik perusahaan juga memberikan insentif dalam bentuk bingkisan atau bahkan rekomendasi kenaikan jabatan.

Untuk mendapatkan insentif ini memang tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing. Umumnya, karyawan yang telah melewati batas target dari perusahaan akan mendapat tambahan komisi atau bonus.

Pengertian Singkat Tentang Insentif dalam Pekerjaan

Mungkin beberapa orang belum paham betul tentang apa itu bonus insentif yang disediakan oleh pemilik usaha. Rata-rata, perusahaan besar menyediakan komisi bagi para pekerja yang berprestasi.

Selain itu komisi tersebut juga diberikan untuk mereka yang telah melewati pencapaian target dari tempat mereka bekerja. Insentif adalah kompensasi khusus dari pabrik kepada para karyawan berprestasi.

Komisi ini diberikan dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, diberikan setelah pemilik usaha melakukan audit internal atas performa karyawan, selain itu bonus ini juga diberikan diluar gaji bulanan.

Oleh sebab itu, beberapa perusahaan menyediakan komisi tersebut untuk meningkatkan performa para pekerja dalam menjalankan pekerjaan yang telah diberikan. Pemberian bonus ini memang sangat positif dalam meningkatkan etos kerja para karyawan

Memang, rata-rata beberapa pegawai lebih bersemangat untuk menjalankan pekerjaan jika mereka diberikan komisi berupa komisi sesuai dengan performa dalam kurun waktu tertentu. Komisi ini telah ditentukan oleh pemilik usaha.

Pemberian bonus ini dilatarbelakangi oleh performa karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Selain itu, pekerjaannya juga harus berkontribusi secara langsung bagi perusahaan tempatnya bekerja.

Namun, besaran komisi ini juga harus dijelaskan kepada para pegawai, sebab mereka juga berhak tahu seberapa besar bonus yang didapatkan. Sehingga, kerja keras pegawai ini harus sebanding dengan komisi yang diberikan.

Alhasil, para pekerja akan semakin loyal dan lebih giat dalam bekerja guna mendongkrak performa pekerjaan. Dan pemilik usaha akan mendapat keuntungan dengan memiliki pekerja yang pantang menyerah.

Jenis-jenis Insentif yang Disediakan oleh Perusahaan

Memang, insentif adalah salah satu bentuk apresiasi dari perusahaan kepada para karyawan karena telah mencapai target yang ditentukan. Akan tetapi, ada beberapa jenis komisi lain dari pabrik tempat Anda bekerja.

Masing-masing jenis komisi ini tentu saja berbeda-beda, sesuai dengan kebijakan yang diterapkan oleh perusahaan. Maka dari itu, ini dia beberapa jenis bonus insentif yang disediakan oleh pemilik usaha, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Bonus Insentif Finansial

Jenis yang pertama yakni insentif finansial. Bonus ini berupa uang ini akan diberikan atau ditransfer langsung kepada karyawan, bonus ini banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Besaran bonus ini tergantung oleh kebijakan perusahaan, akan tetapi besaran bonus ini tergantung oleh performa karyawan dalam bekerja. Jika ia telah mencapai target yang ditentukan perusahaan, maka komisi yang diberikan akan semakin besar.

  1. Bonus Insentif Non-Finansial

Jenis yang kedua yakni insentif non-finansial. Bonus ini bukan berupa uang, melainkan fasilitas atau hiburan yang disediakan oleh pemilik usaha. Rata-rata, bonus ini diberikan secara berkelompok, artinya bonus ini berlaku untuk semua karyawan.

Salah satu bentuk bonus non-finansial adalah gathering perusahaan. Selain itu, perusahaan juga memberikan bonus berupa pelatihan kerja hingga memberikan fasilitas pendukung untuk menjalankan pekerjaan.

  1. Insentif Sosial

Memang, insentif adalah bonus yang diberikan kepada karyawan dalam bentuk uang, barang, dan fasilitas perusahaan, akan tetapi pemilik usaha juga memberikan bonus berupa intensif sosial.

Bonus ini diberikan bagi karyawan yang membutuhkan bantuan atau sedang mengalami kesulitan. Hal ini dapat memupuk rasa solidaritas serta kebersamaan antar karyawan di perusahan tertentu.

Manfaat Insentif Bagi Perusahaan serta Para Karyawan

Ada berbagai manfaat yang didapatkan oleh perusahaan serta karyawan dalam urusan pemberian komisi. Sebab, bonus-bonus ini memberikan banyak manfaat bagi pemilik usaha serta para pekerjanya.

Sebab, insentif adalah salah satu bentuk bonus yang diberikan oleh pemilik usaha atas performa para pekerja. Para pekerja yang telah berkerja melampaui target dari perusahaan ini berhak mendapat bonus dari pemilik usaha.

Ada beberapa manfaat dari bonus insentif, baik bagi perusahaan maupun karyawan. Manfaat pertama bagi pemilik usaha, bonus ini bertujuan untuk menstimulasi pekerja lain untuk mampu bekerja lebih giat lagi, tujuannya agar mereka mendapat bonus dan lebih loyal kepada perusahaan.

Manfaat kedua untuk perusahaan, bonus komisi ini juga dapat meningkatkan kedisiplinan para karyawan dalam bekerja. Sebab, pemilik usaha akan memberikan reward bagi pekerja yang selalu disiplin, salah satunya adalah bonus absensi atau kehadiran kerja.

Oleh sebab itu, pemberian bonus ini dapat meningkatkan tingkat kehadiran karyawan untuk absensi pekerjaan. Apabila ada karyawan yang tidak mematuhi aturan kerja, perusahaan berhak untuk memberhentikan pegawai tanpa memberi insentif.

Manfaat selanjutnya ini dirasakan oleh para karyawan. Salah satu manfaat bonus insentif adalah dapat meningkatkan motivasi kerja bagi para karyawan, sebab mereka ingin memberikan kontribusi nyata terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

Para karyawan beranggapan bahwa kerja keras mereka akan mendapat apresiasi dari pemilik usaha tempatnya bekerja. Salah satu bentuk apresiasi dari pemilik usaha adalah pemberian komisi dalam bentuk uang maupun barang.

Manfaat kedua bagi para karyawan adalah adanya tanda balas jasa setelah diizinkan bekerja di perusahaan. Memang, Anda harus bekerja sesuai dengan tuntutan perusahaan, hal ini adalah salah satu bentuk timbal balik setelah perusahaan memberi kesempatan Anda untuk bekerja.

Sebagai gantinya, mereka akan memberikan komisi sesuai dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Jika perusahaan merasa puas dengan kinerja Anda, maka karyawan akan diberikan bonus sesuai kebijakan yang diterapkan.

BACA JUGA: Apa Itu Kompensasi, Jenis, Tujuan dan Bentuknya

Insentif Adalah Bentuk Bonus yang Disesuaikan dengan Performa Karyawan

Memang, perusahaan memiliki kebijakan tersendiri dalam memberikan komisi bagi para karyawan. Ada beberapa pertimbangan-pertimbangan dalam memberikan komisi untuk para pekerja.

Salah satu pertimbangan dalam memberikan insentif adalah performa karyawan dalam bekerja. Seorang pegawai akan mendapat komisi dari pemilik usaha jika mereka melakukan pekerjaan melebihi target yang dibebankan.

Selain itu, pemberian komisi juga bergantung pada efektivitas pekerja dalam menjalankan perintah pekerjaan. Seorang pekerja yang mampu mengerjakan seluruh arahan perusahaan juga berhak mendapat komisi insentif dari pemilik usaha.

Tujuannya agar mereka lebih giat dalam bekerja, lalu pemberian komisi juga didasari oleh jabatan atau pangkat seorang pekerja dalam perusahaan. Mereka juga berhak mendapat komisi dari pemilik usaha.

Karena mengemban tugas yang lebih berat jika dibandingkan dengan karyawan lain. Sebagai pemilik usaha, Anda wajib menstimulasi para karyawan agar mereka lebih giat bekerja.

Salah satu bentuk stimulasi agar karyawan lebih giat bekerja adalah memberikan komisi atau insentif. Sebab, insentif adalah komisi ini diberikan oleh pemilik usaha berdasarkan performa karyawan dalam menjalankan pekerjaan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!