Home » Inflasi Adalah? Ini Pengertian dan Beberapa Hal yang Menyebabkannya

Inflasi Adalah? Ini Pengertian dan Beberapa Hal yang Menyebabkannya

Karena terjadi perubahan tingkat peredaran uang ini, harga barang di hari mendekati lebaran semakin meningkat. Tentu saja, contoh ini sebagai bentuk sederhana karena inflasi tidak bisa terjadi dalam satu waktu saja seperti hari sebelum lebaran dan sesudah lebaran.

  1. Daftar Isi

    Supply dan Demand

Tahukah Anda mengenai supply dan demand yang diartikan sebagai upaya penawaran atau permintaan. Tentu saja hal ini bisa mempengaruhi perubahan nilai jual suatu barang seperti yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.

Ketika suatu barang atau produk mengalami peminatan tingkat tinggi, maka harga jualnya juga akan semakin meningkat. Sebaliknya, jika barang tidak laku di pasaran maka harga jual dari barang tersebut akan menurun sebagai bentuk penumpukan.

  1. Peningkatan Biaya Produksi

Penyebab paling sulit dan biasa mempengaruhi seluruh sektor perekonomian mengalami Inflasi adalah peningkatan biaya produksi. Di sini, semua harga bisa mengalami kenaikan ketika salah satu komponen memiliki harga jual yang tinggi.

BACA JUGA:  Black Card Adalah, Pengertian, Keuntungan dan Syaratnya

Sebagai contoh bensin yang dapat mempengaruhi segala sektor perekonomian. Bayangkan saja jika perjalanan pengiriman barang dari produsen ke distributor mengalami peningkatan.

Maka sifat yang sama juga akan terjadi pada pengiriman distributor ke konsumen. Kenaikan harga pengiriman terjadi dan biaya produksi juga akan semakin naik seiring berjalannya waktu.

  1. Tekanan Impor dari Luar

Penyebab terakhir dari masalah Inflasi adalah tekanan impor dari luar yang mempengaruhi harga jual. Hal ini bisa dicontohkan dalam bentuk produk impor dari negara dengan tingkat inflasi yang tinggi.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!