Home » Hukum Permintaan dan Penawaran, Pengertian, Jenis dan Faktornya

Hukum Permintaan dan Penawaran, Pengertian, Jenis dan Faktornya

Baru memulai bisnis, coba pahami hukum permintaan dan penawaran yang ada kaitannya dengan kegiatan perekonomian. Tapi, apa sebenarnya hukum ini, dan apa pengaruhnya dalam kegiatan jual beli?

Ruang lingkup ini, sebenarnya teori yang mengatur tentang interaksi antra penjual dan pembeli dalam kegiatan perekonomian. Selain itu, juga menjelaskan tentang pengaruh ketersediaan produk serta permintaan terhadap harga tersebut.

Seperti yang sudah diketahui, bahwa setiap transaksi dunia perdagangan pasti ada permintaan. Produsen harus menyediakan, apa yang pembeli (konsumen) inginkan.

Untuk lebih jelasnya, kami akan mencoba memberikan informasi terkait hukum tentang permintaan. Karena ini masih dalam cangkupan mikroekonomi, cukup sederhana pembahasannya.

Pengertian Hukum Permintaan dan Penawaran

Jika ingin mempelajari ranah hukum perekonomian seperti ini, tidak puas rasanya bila belum tahu pengertian dari hukum tentang permintaan. Karena dari memahami pengertiannya, Anda bisa menerapkan hal tersebut dalam kegiatan perdagangan nanti.

BACA JUGA:  B2B Adalah? Ini Contoh Strategi Business to Business yang Bisa Diterapkan

Hukum dari permintaan atau demand itu sendiri artinya, sejumlah barang yang ingin dibeli untuk memenuhi kebutuhan, sesuai dengan harga dan waktu tertentu. Demand juga dibagi menjadi dua jenis.

  • Pertama, yaitu absolut yang artinya, keinginan memperoleh barang atau jasa, tapi tidak ada kemampuan untuk membelinya.
  • Kedua adalah efektif, ada keinginan pada barang atau jasa, dan bisa membelinya.

Apabila disimpulkan, hukum permintaan ini memiliki hubungan negatif antara harga dan jumlah barang yang diinginkan. Ada bunyinya yang menyatakan mengenai hukum ini.

Bunyinya, Semakin turun harganya, semakin banyak juga jumlah barang yang diminta. Sebaliknya, semakin mahal atau naik harganya, semakin sedikit jumlah barang diminta.

Berbeda dengan penawaran, ini adalah kebalikan dari permintaan. Hukum penawaran sendiri artinya, jumlah barang yang akan dijual pada harga tertentu.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!