Home » Entrepreneur Adalah? Ini Pengertian, Type dan Sifat yang Harus Dimiliki

Entrepreneur Adalah? Ini Pengertian, Type dan Sifat yang Harus Dimiliki

Ada yang beranggapan bahwa entrepreneur dan pengusaha itu sama. Padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Lantas apa pengertian entrepreneur? Dan apa perbedaan dari keduanya? Yuk cari tahu!

Apa itu Entrepreneur?

apa itu entrepreneur

Entrepreneur adalah seseorang yang melakukan aktivitas wirausaha dengan kreativitas, ide baru, keberanian dan inovasi yang tinggi. Karena bekerja dengan kreativitas, seorang entrepreneur biasanya memiliki tingkat kecerdasan tinggi dan memiliki banyak ide kreatif.

Pengertian Entrepreneur Menurut Ahli

apa itu entrepreneur

Selain penjelasan diatas, ada beberapa pendapat dari para ahli terkait dengan pengertian entrepreneur, berikut beberapa diantaranya:

  • Ebert, Griffin, 2003

Menurut Ebert, Griffin entrepreneur adalah seorang bisnis yang menerima gabungan antara peluang dan risiko dimana hal tersebut menyangkut dalam menciptakan dan mengoperasikan peluang usaha baru.

Entrepreneur juga disebut dengan orang dengan tanggung jawab atas risiko bisnis kepemilikan dimana sasaran utamanya adalah perkembangan dan pertumbuhan.

  • Zimmerer, Scarborough, 2002

Menurut pendapat dari Zimmerer, Scarborough entrepreneur adalah orang yang bisa menciptakan sebuah bisnis baru di tengah banyak resiko yang tidak tentu atau tidak pasti.

Tujuannya adalah untuk mencapai sebuah keuntungan serta pertumbuhan dengan mengidentifikasi peluang dan mengumpulkan sumber daya yang penting sebagai modal utama.

  • Timmons, 2008

Terakhir, menurut Timmons entrepreneur adalah seseorang dengan kreatifitas tinggi dan membangun sebuah nilai dari hal-hal secara praktis. Dengan kata lain ia mencari peluang usaha tanpa peduli soal sumber daya yang ada.

Perbedaan Entrepreneur Dengan Pengusaha

contoh entrepreneur

Di atas telah disinggung bahwa antara entrepreneur dan pengusaha itu memiliki perbedaan. Lantas apa perbedaan entrepreneur dengan pengusaha? Berikut penjelasannya.

  • Memiliki Ide dan Tujuan yang Berbeda

Entrepreneur memiliki ide kreatif, orisinil, unik dan berbeda dengan orang pada umumnya. Sedangkan pengusaha lebih memilih untuk menggunakan ide dari trend dengan tujuan mendapatkan untung di tengah trend. Entrepreneur selalu berusaha untuk menjadi trend maker sedangkan pengusaha adalah pengikut.

Tujuan pengusaha adalah membangun bisnis hingga lancar, mendapat untung dan sukses di masa depan. Sedangkan entrepreneur memiliki tujuan untuk terus fokus terhadap perubahan serta mempunyai etos guna mengejar apa yang telah menjadi passion mereka.

  • Memiliki Pandangan Sikap yang Berbeda

Perbedaan kedua terlihat dari sikap yang ditunjukkan pengusaha dan entrepreneur. Jika pengusaha lebih nyaman berada di zona nyaman maka entrepreneur lebih nyaman untuk mengikuti perubahan yang ada.

Para pengusaha biasanya berorientasi kepada Sistem Informasi Manajemen pada sebuah perusahaan. Sedangkan pada entrepreneur lebih menekankan kreativitas dan inovasi pada bisnisnya.

  • Memiliki Definisi Kesuksesan yang Berbeda

Pengusaha lebih memang sangat sebuah kesuksesan sebagai bentuk keberhasilan serta pelaksanaan terkait kepentingan bisnis. Sedangkan entrepreneur adalah lebih memfokuskan kepada sebuah proses serta mempercayakan bahwa usaha tidak akan menghianati hasil.

  • Masalah Waktu dan Risiko

Pengusaha menganggap bahwa waktu adalah uang. Mereka cenderung memiliki manajemen waktu yang baik dan selalu on time. Sedangkan pada entrepreneur biasanya lebih banyak menghabiskan waktu guna meraih hasil yang sempurna.

Pada masalah pengambilan risiko, pengusaha dinilai lebih matang dan berusaha untuk meminimalisir risiko yang ada. Sedangkan untuk seorang entrepreneur lebih berani mengambil resiko asal sesuai dengan passion.

Tipe-tipe Entrepreneur

pengertian entrepreneur

Entrepreneur, terbagi menjadi beberapa macam tipe yaitu:

  • Profesional Entrepreneur

Ini adalah seorang entrepreneur profesional dengan skala bisnis yang cukup besar. Contohnya adalah pemilik pabrik, ritel dan sebagainya.

  •  Social Entrepreneur

Social entrepreneur adalah seorang entrepreneur yang fokus pada bidang sosial. Contohnya klinik, rumah sakit, sekolah dan lain sebagainya.

  • Lifestyle Entrepreneur

Sesuai dengan namanya, entrepreneur lifestyle bergerak dalam bidang independen sesuai apa yang ia kuasai. Contohnya bisnis jasa bengkel motor, fotografi, jasa jahit, restoran dan sebagainya

  • Amaterur Entrepreneur

Terakhir adalah amatetur entrepreneur dimana mereka menjalankan bisnis tanpa adanya pengalaman. Mereka bisanya berbisnis sesuai trend seperti membuka online shop dan lain sebagainya.

Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Entrepreneur

Sifat yang Harus Dimiliki Seorang Entrepreneur

Entrepreneur bisa dikatakan sebagai orang yang cerdas dan memiliki ide dan kreatifitas yang tinggi. Tidak hanya itu, mereka juga harus dituntut untuk memiliki beberapa sikap seperti berikut ini:

  • Yakin dan Percaya Diri

Sifat seorang entrepreneur adalah yakin pada dirinya sendiri dan tidak mudah terbujuk oleh pengaruh orang lain. Pendapat yang datang kepadanya dianggap menjadi sebuah masukan dan dia memiliki kendali penuh atas pengambilan keputusan.

Mereka juga memiliki sikap pantang menyerah dan menganggap kegagalan sebagai sebuah pembelajaran. Jika mengalami sebuah kegagalan seorang entrepreneur cenderung mempelajari penyebab dan segera mencari solusi agar masalah tersebut segera diselesaikan.

  • Lebih Berani Mengambil Resiko

Kedua, sifat yang dimiliki oleh entrepreneur adalah berani mengambil resiko yang ada. Meskipun peluang untuk merugi ada namun mereka tak menganggap sebagai sebuah masalah. Karena sebelum mengambil keputusan biasanya akan dipikirkan terlebih dahulu.

BACA JUGA: Komponen Penting Membuat Proposal Usaha

  • Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Ketiga, entrepreneur harus memiliki jiwa kepemimpinan. Mereka juga harus berani menerima kritik serta saran tanpa menganggap hal tersebut sebagai sebuah masalah.

Tak hanya itu, entrepreneur juga lebih fokus kepada masa depan dan memiliki visi perspektif. Mereka menyadari bahwa apa yang ia bangun saat ini bukan hanya untuk sementara sehingga harus dipikirkan strategi serta ketepatan dalam mengambil sebuah keputusan.

Itulah penjelasan terkait pengertian entrepre, semoga bermanfaat!

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!