Home » Ekspansi Adalah: Pengertian dan Tahapan yang Dibutuhkan Dalam Bisnis

Ekspansi Adalah: Pengertian dan Tahapan yang Dibutuhkan Dalam Bisnis

Bagi Anda para pelaku usaha atau bisnis, ekspansi adalah istilah yang sudah tidak asing lagi. Selain itu istilah tersebut juga sering dipakai pada beberapa bidang ilmu lainnya.

Sebagai contoh adalah ekonomi, politik, fisika, dan lain sebagainya. Banyak ahli mengatakan bahwa langkah tersebut sangat penting diaplikasikan meskipun tidak mudah juga dilaksanakan.

Untuk itu, ada baiknya untuk memahaminya terlebih dahulu, misalnya saja dari segi pengertian, tahapan, serta lainnya. Pelaksanaan yang tepat jelas akan memberikan keuntungan maksimal bagi usaha Anda, oleh karena itu simak penjelasan lengkapnya seperti di bawah.

Pengertian Ekspansi Secara Umum yang Perlu Diketahui

Secara general atau umum, ekspansi adalah sebiah proses yang dikerjakan sehingga sesuatu bIsa menjadi lebih luas dan besar. Darimana asal katanya?

Asal katanya diambil dari expandere yang diserap dalam bahasa Inggris menjadi expansion. Artinya ialah menyebar, tapi bukan hanya itu sumbernya.

Apabila Anda melihat dari kamus Cambridge Dictionary, definisi ekspansi merupakan sebuah usaha yang bertujuan untuk menambah kepentingan atau jumlah tertentu. Poin keduanya jelas sama yakni membuat suatu hal menjadi lebih besar atau luas dibandingkan sebelumnya, inilah dasar dari kegiatan tersebut.

Arti Dalam Bidang Bisnis dan Ekonomi

Pengertian di atas lebih ke arah hal yang umum atau bidang ilmu lain, namun bagaimana dengan aspek bisnis serta ekonomi? Tentu kegiatan tersebut juga bisa ditemukan serta diaplikasikan, definisinya secara lebih jelas adalah sebagai berikut.

  1. Dalam bidang ekonomi

Dalam aspek ekonomi ekspansi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan agar dunia ekonomi serta usaha bisa meningkat. Kamus Bank Indonesia memberikan tambahan untuk itu.

Pola yang dipakai ialah konjungtur yakni beragam proses kemunduran atau bahkan kemajuan ekonomi. Semuanya terjadi secara bergantian dan terus menerus

Perkembangan ekonomis dapat dilihat dari adanya kenaikan harga baik itu untuk jasa maupun produk. Jumlah uang serta konsumsi dalam masyarakat juga biasanya meningkat.

  1. Definisi dalam aspek Bisnis

Dalam ruang lingkup bisnis, ekspansi lebih memiliki arti sebagai aneka kegiatan yang dibuat guna membuat jaringan bisnis menjadi lebih besar dan luas. Biasanya lebih kepada dua sisi yakni produksi maupun distribusi sebuah perusahaan.

Menurut OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, kegiatan itu ditandai dengan berapa hal. Sebagai contoh misalnya terciptanya pasar baru, perekrutan masyarakat, fasilitas, dan lain sebagainya, intinya adalah peningkatan dalam dunia usaha dari berbagai sisi.

Ekspansi Adalah Kegiatan dengan Berbagai Jenis

Jika Anda mengira bahwa ekspansi hanya memiliki satu tipe saja, maka itu salah. Menurut beberapa sumber, ada beragam jenis yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan seperti.

  1. Merger

Pasti ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda para pebisnis. Merger merupakan sebuah kegiatan untuk menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi satu.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai langkah memperluas kekuasaan sehingga mereka menjadi lebih dominan. Korporasi yang kuat akan semakin menjaga identitas.

Di lain sisi, mereka yang lemah akan terlihat lemah Serta tidak jelas identitasnya. Untuk itulah merger sangat sering dilaksanakan sekarang ini.

  1. Akuisisi

Salah satu jenis dari ekspansi adalah akuisisi. Ini merupakan sebuah kegiatan untuk mengambil alih aset perusahaan atau kepemilikan saham.

Biasanya ini dijalankan oleh sekelompok investor. Adapun tujuan dari tipe ini ialah menjaga lestarikan bahan pokok di masyarakat atau memberikan jaminan produknya diserap oleh pasar.

  1. Hostile Takeover

Hostile takeover merupakan sebuah jenis akuisisi yang dilakukan ke sebuah korporasi secara paksa. Biasanya diawali dengan pembukaan penawaran harga saham.

Namun bedanya pembukaan harga tersebut sangat tinggi sehingga melebihi harga di pasar modal. Hingga kini usaha seperti itu masih banyak juga dilakukan sekarang.

  1. Leveraged Buyout

Jenis ekspansi adalah usaha yang secara umum tujuannya sama, tapi caranya dapat berbeda. Sebagai contoh adalah leveraged buyout dengan sistem berbeda.

Anda bisa melakukannya dengan meminjam uang untuk memiliki sebuah usaha atau perusahaan. Jadi istilah mudahnya ialah mengutang untuk membeli.

Tahapan Ekspansi yang Dibutuhkan Dalam Bisnis

Kegiatan perluasan kekuasaan seperti itu adalah hal wajar. Namun tetap saja Anda membutuhkan tahapan – tahapan untuk dipikirkan, seperti:

  1. Buatlah planning matang

Segala usaha yang siap berkembang selalu harus memiliki perencanaan matang. Ada beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum mulai mengembangkan semuanya.

Misalnya saja apakah tujuan yang hendak diperoleh, targetnya. Selain poin tersebut juga bagaimana kiranya perkembangan usaha ke depan, dan lain sebagainya.

Apabila Anda sudah menemukan jawabannya, maka kesimpulan keseluruhan bisnis bisa dipahami. Hal tersebut karena alur penjualan lancar serta pelanggan tetap sudah ditangan.

Kunci dari ekspansi adalah kedua korporasi sebaiknya sudah memiliki brand, produk, serta bisa diproduksi sendiri dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. Jika pangsa pasar meluas, maka permintaan semakin banyak.

Oleh karena itu, pasar baru sangat dibutuhkan guna menampung seluruh penjualan usaha. Untuk mendukung kegiatan operasional, karyawan baru bisa juga diperlukan, dengan begitu proses penjualan akan menjadi lebih cepat serta efektif.

  1. Tentukan model bisnisnya

Apabila perluasan kekuasaan sudah dilajukan, maka model bisnis dulu dan sekarang jelas tidak sama. Oleh karena itu, SOP atau standar operasional prosedur jelas dibutuhkan.

Apabila karyawan tambahan dilakukan, maka kegiatan bisnis biasanya juga akan berubah perlahan dengan sendirinya. Di lain sisi, cara penjualan tidak lagi sama.

Mengetahui model bisnis sangatlah bagus untuk mendapatkan standard tepat. Cara efektif ini sangat baik bagi aktivitas bisnis keseluruhan.

Namun ingat, apabila target pasar baru sudah dibuat, jangan lupa membuat beragam produk variatif. Ekspansi adalah hal yang kurang lebih tidak mudah dilakukan.

Temukan engagement efektif agar penjualan dapat dilakukan secara baik. Ingat bahwa saingan Anda mungkin melakukan hal sama, jadi semua harus terencana.

  1. Jangan lupakan tentang modal

Sama seperti lainnya, ekspansi adalah sebuah aktivitas yang juga membutuhkan modal. Ada beberapa target yang mewajibkan adanya modal seperti pembelian gedung baru.

Kemudian anggaran lain misalnya membangun toko fisik, memberikan gaji untuk staf, sampai kebutuhan membangun gudang, modal semuanya tidaklah kecil. Lalu, darimanakah sumber modal yang dapat digunakan?

Semua tergantung kondisi perusahaan itu sendiri misalnya dari profil atau keuntungan selama ini. Namun, ketahui juga risikonya seperti misalnya dana yang baru bisa cair bulan depan hingga aliran uang untuk distribusi yang bisa saja terganggu.

Apakah Pinjaman Boleh untuk Dilakukan?

Mengingat ekspansi adalah sebuah kegiatan yang membutuhkan modal besar, bolehkah Anda berhutang untuk melakukannya? Ada sebuah tolak ukur untuk ini.

Sepanjang bisnis Anda sehat serta dalam kondisi keuangan baik, mengajukan hutang bukanlah menjadi masalah. Hutang bukan berarti indikasi bahwa sebuah usaha tidak memiliki kemampuan.

Faktanya, beberapa pengusaha memang memilih melakukannya agar aliran arus kas lebih bisa teratur. Ini tentunya lebih baik dibandingkan memaksakan keuangan.

Namun, tetaplah rasional dalam mengambil jumlah pinjaman dan kemampuan membayar. Sekali lagi ekspansi adalah kegiatan yang harus dilakukan secara terukur.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!