Home » Dumping Adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Dampaknya

Dumping Adalah: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Dampaknya

BACA JUGA: Apa Itu TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri)

Sikap Pemerintah Terhadap Fenomena Dumping

Sebagai regulator, tentu pemerintah tidak tinggal diam terhadap praktik tersebut, mengingat dampaknya dalam jangka panjang sangat buruk. Salah satu bentuk penanganannya adalah membuat kebijakan untuk melindungi produk dalam negeri.

Beberapa bentuknya seperti menerapkan bea cukai anti dumping, sehingga komoditas–komoditas yang dicurigai menerapkan praktik tersebut akan dikenai sanksi. Efek sanksi tersebut ada dua, pertama menghambat potensi kecurangan dan kedua menormalkan harga komoditasnya.

Berbagai kampanye juga dilakukan oleh pemerintah untuk mengatasi ketergantungan terhadap produk impor. Seperti menggalakkan gerakan cinta produk tanah air, memberikan peluang bagi produsen untuk lebih inovatif, membuat kebijakan pajak yang ramah, dan sebagainya.

Pada titik tertentu sebuah negara juga bisa melaporkan pada mahkamah internasional apabila menemui praktik yang diduga melakukan kegiatan dumping atau merugikan importir. Namun sekali lagi tidak ada aturan pelarangannya, sehingga perkaranya sendiri sulit dituntaskan.

BACA JUGA:  Financial Adalah: Ini Pengertian, Fungsi, Jenis Beserta Manfaatnya

Perlindungan dan edukasi masyarakat terhadap kesadaran untuk memilih produk dalam negeri menjadi salah satu kekuatan terbesar untuk menghadapi aktivitas tersebut. Diperlukan kerjasama dan regulasi yang ketat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!