Sedangkan di sisi lain, terdapat negara–negara dengan kapasitas produksi besar, bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri dan masih memiliki sisa untuk diekspor. Masuknya barang dengan harga murah bisa memenuhi kebutuhan komoditas dalam jangka pendek.
-
Daftar Isi
Meningkatkan Pendapatan atau Devisa Negara
Bagi negara eksportir, menjual produk–produk ke luar negeri memberikan keuntungan secara finansial, yaitu menghasilkan devisa negara. Ini merupakan alternatif untuk membangun kesejahteraan ekonomi bagi warga negaranya.
Namun perlu diingat bahwa penjualan ke luar negeri biasanya menggunakan mata uang asing, sehingga tetap ada fluktuasi nilai tukarnya. Selain itu ketika sudah menguasai pasar, nantinya besaran ekspornya jauh lebih tinggi dan keuntungannya juga semakin besar.
-
Target Pasar Semakin Luas
Salah satu syarat mampu melakukan penjualan adalah produknya dikenal luas oleh masyarakat, salah satunya adalah target pasar internasional. Dumping adalah langkah tercepat menarik perhatian dari masyarakat internasional yaitu dengan menawarkan harga rendah kualitas tinggi.
Tanpa adanya kegiatan dumping, akan sangat sulit menembus pangsa pasar di Internasional, mengingat persaingannya sangat ketat. Selain itu juga harus bersaing dengan raksasa–raksasa yang telah menguasai pasarnya terlebih dahulu.
-
Menggait Kerja sama dengan Berbagai Perusahaan Importir
Kegiatan atau penguasaan pasar ini tidak hanya menguntungkan eksportir saja tetapi juga menguntungkan bagi importir kooperatif. Permintaan tinggi, mudah dijual, serta keuntungannya besar merupakan saya tarik tersendiri bagi perusahaan importir.
Dampak Negatif Praktik Dumping Adalah
Meskipun memiliki dampak positif, tetapi ternyata juga memiliki dampak negatif yang terasa dalam jangka panjang. Dampak negatif inilah yang membuat kegiatan dumping cenderung dihindari serta dikecam termasuk pada kegiatan kecurangan dalam perdagangan Internasional.
-
Mematikan Produsen Lokal
Hal pertama yang terdampak secara negatif adalah para pesaingnya, dalam hal ini adalah produsen–produsen lokal. Hadirnya komoditas lebih murah, berkualitas, dan mudah diakses tentu akan membuat konsumen memilih komoditas tersebut dibandingkan produk dalam negeri.