Pada umumnya beberapa perusahaan akan menjual barang atau jasa menggunakan sistem intensif jika barang atau jasa tersebut mudah terjual sehingga perlu tindakan khusus. Sehingga sistem ini akan digunakan para pembuat barang atau jasa.
Selain mengetahui apa itu distribusi, informasi mengenai jenis-jenis distribusi juga wajib dipelajari agar Anda bisa menggunakan sistem yang lebih tepat. Agar produk berupa barang ataupun jasa bisa tersalurkan tanpa kendala.
Selain itu para produsen juga bisa menggunakan sistem selektif yang merupakan jalan terbaik bagi penjual untuk mendistribusikan produknya. Cara ini umumnya digunakan para produsen yang ingin mengirimkan barang kebanyakan tempat atau berbagai lokasi konsumen.
Daftar Isi
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Distribusi
Setelah mengetahui beberapa sistem dalam distribusi maka Anda juga perlu mengetahui faktor-faktornya. Agar nantinya Anda bisa menentukan menggunakan strategi distribusi mana yang lebih sesuai dengan produk ataupun tujuan pemasaran.
Karena dalam hal ini Anda pun membutuhkan pertimbangan matang karena ada berbagai faktor yang sangat berpengaruh. Jika Anda memilih strategi yang tepat maka hal tersebut akan mendorong peningkatan penjualan secara signifikan.
- Faktor pertama yang dapat mempengaruhi sistem distribusi adalah pertimbangan pasar atau market consideration. Dimana strategi ini berkaitan besar dengan pola pembelian konsumen jadi Anda perlu melihat bagaimana keadaan pasar.
Setelah mengetahui apa itu distribusi, kamu juga perlu memperhatikan pertimbangan dari segi konsumen atau industri pasar, jumlah pembeli yang potensial, jumlah pesanan. Hingga konsentrasi pasar secara geografis dan kebiasaan pembeli.
- Kemudian ada faktor pertimbangan barang, di mana Anda perlu mengetahui bagaimana mengenai nilai unit, besar dan beratnya barang. Faktor mudah tidaknya kerusakan barang terjadi hingga hal-hal yang bersifat teknis.
Perusahaan juga perlu menjadi pertimbangan. Anda perlu mengetahui bagaimana sumber pembelanjaan, pengalaman dan kemampuan manajemen perusahaan serta pengawasan strategi dan pelayanan yang diberikan oleh produsen.
Tips Melakukan Distribusi dengan Cepat dan Efisien
Hal yang perlu diingat bahwa kecepatan dan ketepatan merupakan kunci keberhasilan dalam sebuah proses distribusi ini tidak hanya menguntungkan bagi para konsumen. Namun juga keuntungan bagi produsen.