Home » Common Stock Adalah: Ini Pengertian, Ciri-ciri, dan Kelebihannya

Common Stock Adalah: Ini Pengertian, Ciri-ciri, dan Kelebihannya

Common stock adalah salah satu jenis saham di mana juga mempunyai peran cukup penting didalamnya. Adapun keberadaannya sendiri dapat diklaim sesuai dengan keuntungan ataupun kerugian yang terdapat di suatu organisasi ataupun perusahaan.

Ingin memahami lebih lanjut mengenai pengertiannya, maka simak ulasannya berikut. Sebelum melanggah ke pembahan jauh lebih detail, saham disini adalah suatu dokumen berharga di mana akan menjadi bukti dari kepemilikan suatu perusahaan.

Secara singkat apabila seseorang memutuskan untuk melakukan pembelian saham, maka orang tersebut juga mempunyai sebagian besar kepemilikan dari perusahaan yang telah dibeli sebelumnya.

Selain itu, komponen inipun juga dapat diartikan sebagai suatu satuan nilai ataupun sebuah pembukuan dalam bentuk finansial. Adapun fokusnya sendiri pada bagian bentuk kepemilikan dari suatu perusahaan bersangkutan.

Jadi bisa dibilang apabila telah membeli saham maka Anda juga mempunyai ha katas asset dari perusahaan. Keberadaannya sendiri ternyata juga mempunyai beberapa jenis sekaligus.

Yakni saham biasa serta saham preferen. Tetapi pada pembahasan kali ini akan membahasa seputar common stock berserta dengan ulasan penting lainnya yang ada didalamnya.

Pengertian dari Common Stock Adalah

Seperti sudah kami sampaikan sebelumnya, jika keberadaan persahaman sendiri ternyata masih dibedakan menjadi beberapa jenis sekaligus. Tetapi yang cukup menyedot perhatian adalah keberadaan saham biasa alias dikenal dengan common stock tersebut.

Pengertian dari common stock adalah suatu saham di mana dapat diklaim sesuai dengan keuntungan ataupun kerugian yang ada didalam sebuah perusahaan. Sebagai contohnya, jika prosedur likuidasi dilakukan.

Maka pihak pemegangnya biasanya mempunyai prioritas terakhir didalam pembagian dividen di mana berasal dari asset penjualan dari suatu perusahaan. Tidak sampai disitu saja, para pemegangnya ternyata juga mempunyai kewajiban unlimited alias tidak terbatas.

Maksudnya, ketika sebuah perusahaan yang diberikan dana mengalami kebangkrutan. Maka nilai kerugiannya akan langsung ditanggung oleh para pemegang saham yakni sebesar nilai dari modal yang telah disetorkan sebelumnya.

Para pemegang common stock adalah orang-orang yang akan diberikan hak buat memberikan suara dalam proses penyusunan direksi ataupun penetapan kebijakan dari suatu perusahaan. Tidak sampai disitu saja, mereka juga ikut serta dalam menjaga kepemilikan saham.

Sehingga terus berada didalam kondisi yang proporsional dengan adanya kegiatan pembelian saham lainnya. Adapun keuntungan yang akan diperoleh pemilik common stock akan sesuai dengan kinerja atau performa yang dilakukan.

Selain itu, mereka mempunyai hak buat membeli kembali ataupun membuat proporsi dari kepemilikan sahamnya sehingga akan selalu terjaga. Hal tersebut tentu berbanding terbalik dengan para pemilik hak saham preferen.

Di mana akan menerima dividen dengan nilai tetap secara rutin. Sebagai contohnya jika perusahaan mempunyai kinerja bagus dan optimal, pemegangnya tidak akan pernah bisa menikmati keberadaan dividen tersebut.

Ciri-ciri Common Stock yang Perlu Diketahui

Sudah memahami lebih lanjut mengenai common stock? Untuk memahami secara keseluruhan mengenai salah satu elemen paling penting dalam dunia persahaman, maka Anda wajib mengetahui apa sajakah ciri-ciri yang ada didalamnya.

Hal tersebut sangat penting karena dapat digunakan sebagai pembeda dengan jenis saham lainnya. Untuk lebih jelasnya, maka Anda bisa langsung menyimak penjelasan dibawah ini sekarang juga:

  1. Mempunyai Hak Suara

Seperti telah disinggung sebelumnya, para pemegang saham biasa ini sendiri biasanya mempunyai hak suara dalam melakukan pemilihan dewan komisaris didalam suatu perusahaan. Tentu saja, ini akan memberikan keuntungan tersendiri buat para pemegang saham untuk memilih kandidat di mana benar-benar bagus.

  1. Akan Diprioritaskan

Pemegang saham preferen biasanya akan memperoleh prioritas ketika hanya proses pengambilan investasi saja. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan common stock di mana mereka akan selalu diprioritaskan ketika sebuah perusahaan mengeluarkan saham baru.

  1. Mempunyai Tanggung Jawab Tidak Terbatas

Masih ada lagi ciri lainnya di mana dimiliki oleh common stock yakni adanya tanggung jawab dengan sifat unlimited alias tidak terbatas. Mereka punya tanggung jawab sesuai dengan nilai saham yang telah disetorkan sebelumnya.

Itu semua kemungkinan besar tidak akan pernah ditemukan pada jenis preferred stock. Didalam preferred stock sendiri biasanya juga akan terdapat tagihan terhadap pendapatan ataupun aktiva didalamnya.

Tetapi justru mempunyai prioritas cukup tinggi dalam pembagian dividen didalamnya. Tetapi kelemahan dari jenis ini adalah biasanya hanya akan dibutuhkan oleh perusahaan dengan kondisi benar-benar membutuhkannya.

Kelebihan yang Ditawarkan Common Stock

Common stock adalah saham biasa di mana juga mempunyai sejumlah kelebihan sangat penting didalamnya. Itulah sebabnya banyak para investor akhirnya melakukan penanaman modalnya dengan memanfaatkan keberadaan common stock tersebut.

Adapun kelebihan inipun dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan para pelaku bisnis yang ingin memulai melakukan penanaman modal untuk pertama kalinya. Berikut ini beberapa kelebihan di mana ditawarkan pada model saham biasa tersebut.

  1. Tidak Ada Kewajiban Membayar Dividen

Kelebihan paling terlihat dari jenis saham satu ini adalah para investor tidak mempunyai kewajiban buat membayarkan dividen. Sehingga akan memberikan keuntungan tersendiri kepada para pemegangnya terutama dapat menghemat biaya pengeluaran.

  1. Tidak Punya Batas Waktu

Kelebihan lainnya adalah tidak adanya batas waktu atau deadline dalam melakukan pembayaran. Tidak sampai disitu saja, risiko didalamnya pun jauh lebih rendah dibandingkan dengan preferred stock terutama untuk hutang dengan jangka waktu panjang.

  1. Mempunyai Peluang Diversifikasi Usaha

Para pemegang saham biasa ini mempunyai peluang buat diversifikasi usaha, untuk meningkatkan likuiditas hingga bisa memperoleh pemasukan kas didalamnya. Dengan begitu, akan lebih mudah melakukan perhitungan dari nilai perusahaan.

Berbicara mengenai dunia persahaman memang tidak akan pernah ada habisnya, terlebih lagi didalamnya juga masih dibedakan menjadi beberapa jenis. Kehadiran common stock adalah menjadi salah satu opsi penting buat para investor didalamnya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!