Home » Bursa Efek Adalah: Pengertian, Fungsi, Kewajiban dan Instrumen Pentingnya

Bursa Efek Adalah: Pengertian, Fungsi, Kewajiban dan Instrumen Pentingnya

Jika kita melihat aktivitas pasar setiap hari, saham menjadi pilihan yang paling banyak transaksinya. Bahkan kalau melihat pasar luar negeri, mencapai miliaran per hari. Baik pada perusahaan kecil maupun besar.

  1. Daftar Isi

    Obligasi

Obligasi sebenarnya terbagi dalam dua jenis yaitu biasa dan konversi. Untuk biasa, isinya berupa surat maupun sertifikat berharga. Nantinya berisi kontrak mengenai pemberi beserta penerima modal uang.

Sementara itu tipe obligasi konversi pada bursa efek adalah dapat ditukarkan dengan saham. Sebenarnya dari basic tidak berbeda jauh dengan tipe biasa. Bisa diberi kupon berisikan deadline atau jatuh tempo.

  1. Right

Right sebenarnya dapat diartikan sebagai hak yang diberikan untuk pemberi modal. Umumnya dikeluarkan saat berusaha membeli saham dari suatu perusahaan. Biasanya masih termasuk baru dijual oleh pemiliknya.

BACA JUGA:  Pengertian Instrumen Keuangan dan Jenisnya di Indonesia

Sebenarnya right termasuk bukti yang harus dimiliki oleh setiap pembeli. Mungkin nantinya akan dipakai dalam kebutuhan transaksi yang dilakukan. Bisa dalam bentuk online maupun kartu atau sertifikat asli.

  1. Warrant

Warrant memiliki arti sebagai suatu hal yang dipakai untuk membeli saham. Tentunya sudah terdapat waktu atau harga yang ditetapkan sejak awal. Jadi, tidak akan ada penambahan maupun pengurangan harganya.

Saat melakukan pembelian, umum ditambahkan bersama dengan surat aset penting lainnya. Bahkan berupa saham maupun obligasi. Meski begitu, antara warrant, saham sampai obligasi dapat dijual terpisah.

Bursa Efek Adalah Platform Fungsional

Kalau kita berbicara mengenai fungsi utama BEI secara luas, mungkin hanya menjadi sarana jual beli. Tidak ada salahnya karena fungsi utama untuk berdagang. Anda bisa memperoleh semua jenis efek disini.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!