Home » Bursa Efek Adalah: Pengertian, Fungsi, Kewajiban dan Instrumen Pentingnya

Bursa Efek Adalah: Pengertian, Fungsi, Kewajiban dan Instrumen Pentingnya

Kantor bursa efek adalah di Jalan Sudirman, Jakarta yang merupakan gedung utama. Kantor ini sendiri dinamakan BEJ karena bagian belakangnya terdapat kata Jakarta. Dipakai oleh sebagian besar investor ibukota.

Tapi sekarang beberapa kota besar negara juga sudah memiliki kantor tersendiri. Misalnya di Surabaya yang memiliki gedung bernama BES. Untuk istilah lain dari BE sendiri sering juga disebut sebagai IDX.

Meski disebut berbeda, tapi dari segi fungsi tetap sama. Tidak lain untuk melakukan penyelenggaraan jual beli. Disini akan menjadi sarana khusus dalam rangka sell maupun buy efek dari berbagai pihak.

Bagi investor zaman sekarang, bahkan banyak yang tidak perlu berkunjung langsung. Apalagi karena semua dapat dilakukan di rumah saja. Bisa menghemat pengeluaran atau modal agar tidak bertambah banyak.

BACA JUGA:  Common Stock Adalah: Ini Pengertian, Ciri-ciri, dan Kelebihannya

Harus diketahui kalau bursa efek adalah platform yang memiliki berbagai kewajiban penting. Tentunya dipakai untuk menyelenggarakan kegiatan transaksi. Disini setiap harinya mereka membuat laporan ke Bapepam.

Selain itu sebelumnya akan membuat berbagai aturan atau ketentuan. Tentunya harus dipahami serta dijalankan oleh setiap anggota. Hal ini akan mengatur pada sisi pencatatan, kesepakatan sampai perdagangan.

Intinya berbagai hal yang berkaitan langsung dengan bursa selalu diawasi. Belum lagi kemampuan dalam menjalankan aktivitas karena adanya satuan pemeriksa. Dijamin selalu aman karena diawasi pihak berwajib.

Daftar Isi

Instrumen BE Terpenting dan Terbaik

Instrumen sendiri dapat Anda artikan juga sebagai pilihan jenis investasi. Selain itu dapat diartikan juga sebagai pendukung keberhasilan dari investment. Akan dipilih atau digunakan pada masa yang tepat.

  1. Saham

Saham mungkin telah menjadi instrumen paling terkenal dan favorit disini. Kita sudah mengenal sebagai bagian kepemilikan pada perusahaan atau organisasi. Umumnya memiliki presentase yang nilainya cukup berpengaruh.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!