Home » Bursa Efek Adalah: Pengertian, Fungsi, Kewajiban dan Instrumen Pentingnya

Bursa Efek Adalah: Pengertian, Fungsi, Kewajiban dan Instrumen Pentingnya

Bursa efek adalah istilah yang sudah dipahami oleh setiap investor. Mereka akan mencari tahu fungsi serta manfaat platform tersebut. Terlebih jika berusaha untuk memulai investasi dalam bentuk saham atau obligasi.

Kalau kita melihat dari fungsi secara luas, sebenarnya dipakai sebagai platform bertemu. Tentunya antara penjual maupun pembeli. Tapi disini bukan melakukan jual beli barang atau produk melainkan investment.

Sebelum Anda memulai untuk membeli produk investasi, tidak ada salahnya belajar mengerti arti serta kewajiban dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Tentu menjadi platform khusus di Indonesia. Sifatnya resmi dan dapat dipakai setiap hari.

Selain itu disini akan terdapat berbagai macam instrumen serta pilihan yang dapat Anda gunakan mendapat profit. Harus memilih sesuai dengan kemampuan maupun kesukaan supaya dapat dijalankan di masa depan.

Apalagi banyak orang berpindah karena terlalu bosan pada salah satu jenis investasi. Sebenarnya banyak terjadi kalau belum paham betul mengenal fungsinya. Jadi, jika sudah menguasai, akan bertahan dalam waktu lama.

Pengertian Bursa Efek dan Kewajiban BE Saham

Pengertian Bursa Efek

Bursa efek adalah pasar untuk tempat jual beli, namun bukan untuk jual beli barang melainkan jual beli efek. Yang termasuk efek diantaranya adalah surat berharga seperti obligasi dan saham.

Khusus di Indonesia, tentunya BEI menjadi platform terbaik dalam jual beli saham. Dulunya sebenarnya tidak terdapat banyak sistem online seperti sekarang. Melainkan terdapat tempat langsung berupa kantor.

Kantor bursa efek adalah di Jalan Sudirman, Jakarta yang merupakan gedung utama. Kantor ini sendiri dinamakan BEJ karena bagian belakangnya terdapat kata Jakarta. Dipakai oleh sebagian besar investor ibukota.

Tapi sekarang beberapa kota besar negara juga sudah memiliki kantor tersendiri. Misalnya di Surabaya yang memiliki gedung bernama BES. Untuk istilah lain dari BE sendiri sering juga disebut sebagai IDX.

Meski disebut berbeda, tapi dari segi fungsi tetap sama. Tidak lain untuk melakukan penyelenggaraan jual beli. Disini akan menjadi sarana khusus dalam rangka sell maupun buy efek dari berbagai pihak.

Bagi investor zaman sekarang, bahkan banyak yang tidak perlu berkunjung langsung. Apalagi karena semua dapat dilakukan di rumah saja. Bisa menghemat pengeluaran atau modal agar tidak bertambah banyak.

Harus diketahui kalau bursa efek adalah platform yang memiliki berbagai kewajiban penting. Tentunya dipakai untuk menyelenggarakan kegiatan transaksi. Disini setiap harinya mereka membuat laporan ke Bapepam.

Selain itu sebelumnya akan membuat berbagai aturan atau ketentuan. Tentunya harus dipahami serta dijalankan oleh setiap anggota. Hal ini akan mengatur pada sisi pencatatan, kesepakatan sampai perdagangan.

Intinya berbagai hal yang berkaitan langsung dengan bursa selalu diawasi. Belum lagi kemampuan dalam menjalankan aktivitas karena adanya satuan pemeriksa. Dijamin selalu aman karena diawasi pihak berwajib.

Instrumen BE Terpenting dan Terbaik

Instrumen sendiri dapat Anda artikan juga sebagai pilihan jenis investasi. Selain itu dapat diartikan juga sebagai pendukung keberhasilan dari investment. Akan dipilih atau digunakan pada masa yang tepat.

  1. Saham

Saham mungkin telah menjadi instrumen paling terkenal dan favorit disini. Kita sudah mengenal sebagai bagian kepemilikan pada perusahaan atau organisasi. Umumnya memiliki presentase yang nilainya cukup berpengaruh.

Jika kita melihat aktivitas pasar setiap hari, saham menjadi pilihan yang paling banyak transaksinya. Bahkan kalau melihat pasar luar negeri, mencapai miliaran per hari. Baik pada perusahaan kecil maupun besar.

  1. Obligasi

Obligasi sebenarnya terbagi dalam dua jenis yaitu biasa dan konversi. Untuk biasa, isinya berupa surat maupun sertifikat berharga. Nantinya berisi kontrak mengenai pemberi beserta penerima modal uang.

Sementara itu tipe obligasi konversi pada bursa efek adalah dapat ditukarkan dengan saham. Sebenarnya dari basic tidak berbeda jauh dengan tipe biasa. Bisa diberi kupon berisikan deadline atau jatuh tempo.

  1. Right

Right sebenarnya dapat diartikan sebagai hak yang diberikan untuk pemberi modal. Umumnya dikeluarkan saat berusaha membeli saham dari suatu perusahaan. Biasanya masih termasuk baru dijual oleh pemiliknya.

Sebenarnya right termasuk bukti yang harus dimiliki oleh setiap pembeli. Mungkin nantinya akan dipakai dalam kebutuhan transaksi yang dilakukan. Bisa dalam bentuk online maupun kartu atau sertifikat asli.

  1. Warrant

Warrant memiliki arti sebagai suatu hal yang dipakai untuk membeli saham. Tentunya sudah terdapat waktu atau harga yang ditetapkan sejak awal. Jadi, tidak akan ada penambahan maupun pengurangan harganya.

Saat melakukan pembelian, umum ditambahkan bersama dengan surat aset penting lainnya. Bahkan berupa saham maupun obligasi. Meski begitu, antara warrant, saham sampai obligasi dapat dijual terpisah.

Bursa Efek Adalah Platform Fungsional

Kalau kita berbicara mengenai fungsi utama BEI secara luas, mungkin hanya menjadi sarana jual beli. Tidak ada salahnya karena fungsi utama untuk berdagang. Anda bisa memperoleh semua jenis efek disini.

Agar kegiatan transaksi berjalan dengan lancar, mereka akan membuat peraturan khusus. Peraturan tersebut berhubungan dengan aktivitas dalam bursa. Akan selalu diikuti oleh pihak yang berkegiatan disini.

Selain bursa efek adalah pihak yang selalu membuat upaya likuiditas instrumen. Likuiditas sendiri merupakan kemampuan perusahaan dalam memberi keputusan atau kewajiban yang sifatnya berjangka pendek.

Disini kita juga dapat menemukan informasi terbaru mengenai pasar. Mungkin sedang ada perusahaan apa yang menguntungkan pasti akan diburu. Berita mengenai penurunan maupun peningkatan harga juga lengkap.

BACA JUGA: Apa Itu Sekuritas dan Tips Memilihnya

Tidak jarang juga terdapat berbagai macam instrumen baru disediakan. Terutama jika sedang naik daun atau banyak dibicarakan oleh investor. Sering juga muncul berbagai macam jasa baru dalam bidang investment.

Manfaat lain dari BEI yaitu mencegah berbagai praktek transaksi tidak sesuai aturan. Misalnya sistem yang terlarang seperti kolusi. Belum lagi jika terdapat pihak membuat harga tidak wajar sampai insider trading.

Jika Anda tertarik untuk memulai karir sebagai investor, tidak ada salahnya dilakukan secara perlahan. Mulai dari belajar sampai memulai secara kecil-kecilan. Apalagi bursa efek adalah investasi yang membutuhkan sistem detail.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!