Home » Budget Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Prinsip Dasarnya

Budget Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Prinsip Dasarnya

Menurut definisi akuntansi pengertian budget adalah sebuah rencana pengalokasian anggaran yang sudah disetujui oleh pemegang kuasa. Umumnya dibuat dalam catatan tertulis dan berbentuk keuangan dalam jangka waktu terbatas.

Jadi pada dasarnya budget merupakan sebuah sarana dari perusahaan untuk menjalankan fungsionalitasnya. Tanpa adanya anggaran tersebut maka sebuah usaha tidak akan berjalan secara baik.

Jumlah alokasi anggaran sendiri tergantung pada bagaimana sebuah bisnis bergerak. Pada umumnya besar anggaran tergantung pada seberapa tinggi efektivitas dan kebutuhan perusahaan terkait.

Semakin besar progres perusahaan maka pengalokasian dana tentu akan ikut bertambah. Namun terdapat pola anomali yang terjadi pada beberapa kondisi tertentu dan perlu diperhatikan.

Misalnya ketika sebuah perusahaan selesai melakukan ekspansi maka nanti mereka akan melakukan pengurangan budget. Hal tersebut dilakukan tergantung pada kebutuhan atas dasar efektivitas.

BACA JUGA:  Audit Adalah: Berikut Pengertian, Jenis, Tujuan dan Mekanisme Kerjanya

Apabila anggaran dana dinilai tidak efektif maka akan disesuaikan jumlahnya baik itu dalam bentuk pengurangan maupun penambahan. Jadi terdapat sifat relatif pada budget itu sendiri dari kacamata finansial.

Beberapa kondisi lain juga mempengaruhi alokasi dana tergantung pada situasi terkait. Jadi tidak ada teori pasti mengenai berapa estimasi sebuah anggaran dari satu perusahaan secara terperinci.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!