Home » Black Card Adalah Kartu Kelas Elit, Ini Pengertian, Keuntungan dan Syaratnya

Black Card Adalah Kartu Kelas Elit, Ini Pengertian, Keuntungan dan Syaratnya

Black card adalah salah satu impian dari setiap orang, pasalnya ini hanya dimiliki oleh beberapa orang saja yang terpilih atau dipandang layak mendapatkannya. Karena distribusinya yang terbatas tersebut, membuat orang yang memilikinya memiliki kesan eksklusif.

Dalam kehidupan sehari–hari mungkin Anda sudah mengenal atau banyak berkecimpung dengan kartu kredit, yaitu salah satu sarana pembayaran non tunai. Sebenarnya fungsinya tidak jauh berbeda, hanya saja yang membuatnya menarik adalah eksklusifitas dari kartunya itu sendiri.

Selain status sosial, pemegangnya juga memiliki beberapa keuntungan tertentu, misalnya mengakses fasilitas tertentu atau mendapatkan pelayanan terbaik. Karenanya banyak orang menginginkannya, namun bagaimana persyaratannya? Belum banyak yang tahu.

Pengertian dari Black Card Adalah

Nama ini sebenarnya diambil dari warna yang tercetak pada kartunya, yaitu berwarna hitam legam dengan ornamen yang khas. Warna ini tercipta karena bahan baku pembuatan kartunya adalah titanium yang didesain secara elegan dan mewah.

Meskipun beberapa kartunya juga dicetak tidak dengan warna hitam, tetapi penamaan black card masih melekat kuat terhadap pemilik kartunya. Untuk kartu ini sendiri sebenarnya diproduksi oleh American Express (salah satu perusahaan penerbit kartu kredit terbesar).

Nama resmi dari kartunya adalah American Express Centurion Card, merupakan salah satu kartu dengan produksi termahal di dunia. Penggunanya juga tidak sembarang orang, hanya pihak – pihak tertentu saja yang bisa menggunakan atau mendapatkannya.

Selain itu black card adalah salah satu penghargaan yang diberikan pada seseorang atas partisipasinya dalam berbagai kegiatan ekonomi. Seperti menyimpan uangnya di bank, berinvestasi pada aset–aset tertentu, dan masih banyak hal lainnya.

Penerbitan jenis kartu ini pada awalnya bermula sekitar tahun 1990-an, pada saat itu pemegang kartunya kebanyakan adalah artis–artis ternama dan pengusaha kelas dunia. Seiring berkembangnya waktu, jumlah pemilik kartunya semakin bertambah, membuatnya makin terkenal.

Asosiasi antara kartu termahal dengan para penggunanya yang merupakan artis papan atas dan pengusaha tingkat dunia membuatnya terkesan elit. Sehingga penggunanya tidak hanya mendapatkan benefit keuntungan finansial saja, tetapi juga pengakuan sosial.

Keuntungan Memiliki Black Card Adalah

Sebagai pemilik kartu eksklusif tentu tidak hanya memberikan keuntungan sebagai bukti pembayaran saja, melainkan mendapatkan keuntungan lainnya. Mulai dari pelayanan spesial, perhatian lebih, bahkan mendapatkan penawaran – penawaran khusus saja.

  • Mendapatkan Layanan VIP

Layanan khusus hanya dipegang oleh pemilik kartu ini adalah bisa mendapatkan perlakuan sebagai tamu VIP. Bisa diaplikasikan pada berbagai event–event terkenal, mulai dari konser musik, pertunjukan panggung, pementasan, dan masih banyak event menarik lainnya.

Bentuk penyambutannya juga beragam mulai ditempatkan pada spot paling bagus. Terutama untuk mendapatkan layanan terbaik, mengakomodasi permintaan dari pemegang kartunya, dan masih banyak benefit lainnya yang akan didapatkannya.

  • Mengakses Centurion Lounge

Keuntungan black card adalah dapat mengakses Centurion Lounge, ini adalah salah satu fasilitas mewah terbatas untuk kalangan tertentu. Dikatakan mewah karena menyediakan layanan berkelas, bahkan makanan atau sajiannya juga termasuk ke dalam salah satu menu terenak di dunia.

Centurion Lounge biasanya dapat ditemui pada beberapa bandara Internasional, sehingga ketika pemilik kartu mampir ke sana, ia bisa menikmati full akses ke berbagai layanannya. Tentu rasanya menyenangkan bersantai sambil menikmati berbagai hidangan mewah dari seluruh dunia.

  • Menyewa Berbagai Jenis Mobil Mewah

Keuntungan lainnya dari pemilik black card adalah mampu menyewa berbagai jenis mobil mewah untuk berbagai keperluan. Seperti keperluan menghadiri pesta, acara atau event bergengsi, atau sekedar menikmati perjalanan menggunakan mobil mewah.

Ada beberapa merek mobil mewah yang tersedia untuk anggotanya, seperti Lamborgini, Bentleys, mobil F1, dan masih banyak jenis lainnya. Selain menyewa juga sudah termasuk biaya asuransi kendaraannya, sehingga bisa berkendara dengan santai dan nyaman.

  • Belanja Eksklusif

Ingin berbelanja tetapi tanpa ada gangguan dari pengunjung lainnya, bisa memanfaatkan fasilitas eksklusif apabila memiliki kartu ini. Sesuai dengan benefit dari kepemilikan kartunya, bisa memesan tempat belanja tertentu untuk menutup sementara ketika sedang melakukan belanja.

  • Menjadi Tamu Hotel Elite

Bepergian jauh tidak perlu menjadi beban pikiran, karena sebagai pemegang black card dapat mengakses ke berbagai tempat menginap secara eksklusif. Tersedia berbagai hotel yang dapat dipesan dengan pelayanan khusus untuk para pemegang kartunya.

Benefit semacam ini memudahkan bagi para pengguna maupun pengusaha untuk menjalankan kegiatan usahanya ketika harus bepergian ke luar negeri. Selain mengadakan perjalanan bisnis juga bisa menikmati berbagai fasilitas mewah.

Syarat Memiliki Black Card Adalah

Seperti yang sudah menjadi pembahasan sebelumnya bahwa kepemilikan dari black card sangat eksklusif, artinya hanya orang tertentu saja yang bisa mendapatkannya. Awalnya kepemilikan didasarkan atas adanya undangan dari Amex untuk memegang kartunya.

Namun sesuai dengan perkembangannya, mulai beredar kabar bahwa orang ketika tidak mendapatkan undangan juga berkesempatan mendapatkan kartu tersebut dengan cara mendaftarkan diri. Terdapat beberapa persyaratan yang dapat Anda penuhi, di antaranya adalah:

  1. Menjadi member atau aktif menggunakan kartu dari perusahaan Amex berjenis lain.
  2. Keanggotaan Amex minimal aktif dan sudah melalui masa satu tahun atau lebih, di bawah itu cenderung minim penerimaannya.
  3. Biaya pengeluaran kartunya minimal 250.000 dolar Amerika tiap tahunnya atau setara dengan 3,5 M rupiah tiap tahunnya. Beberapa juga mengatakan bahwa minimal 450.000 dolar Amerika, setara dengan 6,3M rupiah tiap tahunnya.

Ketiga persyaratan tersebut sebenarnya bukan berasal dari American Expressnya secara langsung, melainkan berdasarkan kabar dari forum atau komunitasnya. Sehingga sebenarnya belum ada kepastian persyaratan untuk menjadi member atau mendapatkan kartunya.

Sehingga sekalipun Anda sudah memenuhi target ketiga hal tersebut, belum tentu akan mendapatkan panggilan atau undangan yang menandakan layak menggunakan kartunya. Black card merupakan kartu eksklusif dan sejak awal kepemilikannya ditunjuk oleh Amex.

BACA JUGA: Apa Itu Bitcoin, Kelebihan dan Kekurangannya

Besar Biaya Keanggotaan Black Card Adalah

Apabila memiliki kartu kredit tentu memiliki biaya tertentu, seperti pendaftaran, biaya langganan, dan masih banyak biaya lainnya. Pertanyaan tentu muncul, apabila memiliki black card, apakah ada biaya biaya tersebut? Apabila ada berapa besarannya?

Jawabannya tentu saja ada biaya–biaya sebagaimana ketika memiliki kartu kredit biasa, bahkan tidak perlu kaget biayanya berkali–kali lipat lebih besar dibandingkan kartu biasa. Biayanya terbagi menjadi dua, pertama adalah pembayaran dan kedua berupa langganan atau iuran.

Biaya pendaftaran terbilang cukup murah bagi pemilik bisnis tingkat internasional, yaitu sebesar 3,5M rupiah saja, atau sekitar 250.000 dolar Amerika. Dibandingkan dengan berbagai keuntungan ketika memiliki kartunya, biaya itu tidaklah seberapa.

Selain mengeluarkan biaya pendaftaran, juga harus mengeluarkan iuran tiap tahunnya, tidak mahal karena hanya sekitar 2500 dolar Amerika saja. Apabila dikonversi ke dalam rupiah, besar biaya iurannya hanya sebesar 35 juta rupiah saja, sangat murah.

Tetapi biaya sebesar itu hanya terlihat murah apabila memang tergolong sebagai orang – orang kaya atau memiliki penghasilan fantastis. Selain karena harganya, sedikitnya peredaran kartunya semakin membuat pemiliknya memiliki status sosial yang tinggi.

Memiliki kartu dengan pelayanan super eksklusif, mewah, dan memiliki beragam benefit bagi pemiliknya merupakan impian setiap orang. Black card adalah gambaran sempurna tentang impian tersebut, tetapi untuk memilikinya harus mendapatkan undangan dari Amex.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!