Home » Bitcoin Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Bitcoin Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Bitcoin adalah sejenis mata uang yang digunakan di berbagai negara sebagai bentuk pembayaran. Sayangnya, Indonesia sendiri tidak mengizinkan karena, pemerintah hanya menerima Rupiah saja untuk transaksi baik tunai atau non.

Sejarah pembuatan dan perkembangannya terjadi pada awal tahun 2009. Satoshi Nakamoto adalah penciptanya, dimana sebelumnya lelaki asal Jepang itu mengadakan sebuah penelitian mengenai aset krypto yang mulai berkembang.

Sebenarnya, mata uang digital ini kemunculannya sudah ada sejak tahun 90 an hanya saja, waktu itu masih sebatas tahap uji coba. Sayangnya, beritanya tenggelam dan tidak terdengar kabar lagi.

Hingga akhirnya, Satoshi Nakamoto melahirkannya dan digunakan sampai sekarang. Dalam prosesnya, Bitcoin tidak mengenal pihak ketiga atau jasa bank, tidak heran bila tingkat valuasinya begitu cepat.

BACA JUGA:  Apa Itu Financial Literacy (Literasi Keuangan) dan Manfaatnya bagi Pengelolaan Keuangan

Karena, tidak bekerja sama dengan pihak mana saja, maka untuk sistem pembeliannya dilakukan khusus. Artinya, Anda harus mendaftar ke berbagai platform yang sudah menyediakan investasi aset krypto.

Walaupun dukungan pemerintah memang masih kurang, namun di Indonesia sudah tersedia berbagai aplikasi pendukungnya. Anda tinggal pilih salah satu dan yang memberikan kemudahan dalam transaksi.

Cara Kerja dari Bitcoin Adalah

Setelah mengetahui bagaimana sejarahnya, sekarang Anda akan mengetahui bagaimana cara kerjanya. Dimana, setiap penggunanya harus menginstal dulu wallet pada komputer atau ponsel, lalu membuat alamatnya seperti email.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!