Home » Biaya Overhead Adalah: Ini Pengertian, Cara Menghitung dan Meminimalisirnya

Biaya Overhead Adalah: Ini Pengertian, Cara Menghitung dan Meminimalisirnya

Biaya overhead adalah salah satu jenis risiko produksi yang wajib Anda perhitungkan. Sebagai pemilik perusahaan, rata-rata munculnya biaya overhead ini telah diperhitungkan dengan matang sebelumnya.

Sehingga, perusahaan tetap dapat memproduksi suatu produk meskipun ada pembengkakan anggaran. Namun, munculnya bea overhead ini juga menjadi masalah tersendiri bagi perusahaan.

Mereka harus menekan angka kerugian akibat munculnya bea overhead. Alhasil, perusahaan harus memutar otak bagaimana cara menutup biaya tidak terduga tanpa mengurangi keuntungan dari penjualan produk yang telah diproduksi.

Biaya overhead ini harus disesuaikan dengan masa pengolahan produk. Oleh sebab itu, Anda wajib memperhitungkan dengan betul terkait biaya overhead ini.

Sebab, anggaran tersebut tidak termasuk bea pengeluaran tidak terduga. Agar masa produksi berjalan lancar, maka perhitungkan seberapa anggaran tidak terduga dalam satu masa produksi.

BACA JUGA:  Depresiasi Adalah: Pengertian, Cara Perhitungan dan Faktor yang Mempengaruhi

Pengertian Singkat Tentang Apa Itu Biaya Overhead

Mungkin beberapa orang belum mengetahui betul tentang apa itu biaya overhead yang selalu wajib diperhitungkan oleh pemilik usaha. Biaya overhead adalah pengeluaran tambahan yang dibebankan kepada pelaku usaha untuk membayar biaya diluar produksi.

Salah satu contoh, Anda sedang memproduksi suatu produk yang terbuat dari bahan kayu jati. Maka, anggaran tidak terduga ini mencakup pembayaran pajak kayu, upah pengiriman kayu ke pabrik, hingga pengeluaran jasa potong kayu jati.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!