Home » Akuntansi Keuangan Adalah? Berikut Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Akuntansi Keuangan Adalah? Berikut Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Akuntansi keuangan adalah tonggak laporan transaksi usaha yang penting dicermati oleh perusahaan. Laporan tersebut mempunyai peranan yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas akuntansi di dalam perusahaan.

Secara garis besar laporan tersebut membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan berbagai hal perekonomian keuangan. Setiap jalannya financial perusahaan perlu dibuatkan laporan khusus.

Selain itu dalam tugas manajemen rupanya akuntansi juga mempunyai peran besar terhadap pengawasan maupun perencanaan. Terlebih keuangan bisa dianggap sebagai jantung dari aktivitas bisnis di dalam sebuah perusahaan.

Oleh karena setiap transaksi keuangan yang dijalankan pada bidang bisnis harus transparan dan jelas. Hal ini memudahkan pemilik perusahaan yang ingin mengetahui secara rinci keuntungan dan kerugian selama menjalankan usaha.

Akuntansi keuangan adalah bagian dari kelangsungan usaha perusahaan yang didirikan oleh banyak pihak. Dengan pengaturan akuntansi biasanya perusahaan mampu mengelola keuangan dengan bijak dan terukur.

Sementara itu bidang akuntansi secara umum dikelola oleh kalangan akuntan yang berpengalaman dan profesional. Sehingga setiap catatan dan laporan yang dibuat didasarkan pada konsep dan analisa data terstruktur.

Masing-masing perusahaan perlu membekali usahanya dengan akuntan yang profesional. Tujuannya agar membantu jalannya pengaturan financial di dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan.

Akuntansi Keuangan Adalah Proses Penyiapan Laporan Perusahaan

Akuntansi keuangan adalah

Pengertian akuntansi dalam perusahaan masih berkaitan dengan proses pembuatan laporan financial. Dalam hal ini hubungannya sangat erat dengan setiap pencatatan transaksi yang dilakukan oleh pihak perusahaan.

Laporan tersebut dicatat secara berkala untuk memberikan hasil yang maksimal. Prinsip utama pembuatan laporannya adalah persamaan akuntansi aset yang disandingkan dengan liabilitas dan ekuitas perusahaan.

Seiring berkembangnya zaman permasalahan akuntansi menjadi faktor penting bagi jalannya sebuah perusahaan. Bagi pengusaha proses pencatatan tersebut harus dikerjakan demi kepentingan usaha dan perusahaan yang dikelola.

Oleh sebab itulah wawasan mengenai akuntasi financial dibutuhkan bagi pengusaha maupun kalangan umum. Saat ini banyak mahasiswa yang mengambil jurusan tersebut karena dianggap mempunyai potensi masa depan yang menjanjikan.

Lantas apa yang dimaksud dengan akuntansi yang melibatkan perusahaan dan transaksi? Akuntansi keuangan adalah proses atau tahapan penyusunan catatan keuangan perusahaan yang dikerjakan secara menyeluruh.

Pengertian akuntansi financial perusahaan juga disampaikan oleh Sugiarto di dalam bukunya yang terbit pada tahun 2002. Menurut pandangannya pengertiannya dimaknai sebagai salah satu bidang akuntansi yang fokus pada penyiapan laporan.

Laporan tersebut dikerjakan secara bertahap pada masing-masing perusahaan. Bahkan menurutnya laporan dapat menjadi bentuk pertanggungjawaban bagi pihak manajemen kepada investor atau setiap pemegang saham perusahaan.

Sementara itu pendapat mengenai makna akuntansi financial perusahaan juga dikemukakan oleh Martini lewat bukunya yang terbit pada tahun 2012. Dalam bukunya Martini memberikan gambaran bahwa orientasinya pada laporan pihak eksternal.

Proses pembuatan laporan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan menurutnya didasarkan pada asumsi dan tujuan pihak pembuatnya. Hal ini dikarenakan banyaknya pihak luar yang memiliki tujuan pada perusahaan pembuat laporan.

Fungsi Akuntansi Keuangan Adalah Pemberi Informasi Perusahaan

apa itu Akuntansi keuangan

Sebagai tonggak laporan transaksi usaha perusahaan tentunya akuntansi keuangan mempunyai fungsi-fungsi tersendiri. Berikut adalah beberapa fungsi dari adanya kegiatan akuntansi yang dilakukan oleh akuntan perusahaan:

  1. Memberikan informasi keuangan kepada perusahaan

Fungsi akuntansi yang pertama yaitu memberikan informasi secara rinci kepada perusahaan. Tentunya informasi khusus yang diberikan berupa kondisi terkini yang dikaitkan dengan keuangan sebuah perusahaan.

Kondisi keuangan sebuah perusahaan dapat dicermati lewat laporan yang disajikan secara transparan. Laporan akuntansi tersebut memunculkan perubahan pada setiap transaksi yang dilakukan di dalam perusahaan.

  1. Memudahkan perusahaan dalam mengambil kebijakan

Akuntansi keuangan adalah proses pembuatan catatan transaksi yang didasarkan pada prinsip transparan atau keterbukaan. Sehingga data akuntansi yang tercatat pada laporan dapat dijadikan sebagai dasar pembuatan kebijakan.

Terlebih setiap laporan yang dimuat di dalamnya merupakan hasil perjalanan bisnis maupun kegiatan transaksi perusahaan. Pihak manajemen dapat menjadikannya sebagai patokan dalam mengambil keputusan jangka pendek dan panjang.

  1. Mengetahui penghitungan jumlah laba rugi perusahaan

Fungsi selanjutnya yaitu untuk mengetahui setiap penghitungan jumlah laba dan rugi bagi perusahaan. Biasanya pencatatan laba dan rugi diperlukan untuk mengetahui perkembangan perusahaan selama periode tertentu.

Catatan akuntansi membantu pihak perusahaan menemukan titik laba yang akan menguntungkan untuk jangka panjang. Selain itu perusahaan dapat mencari solusi dari informasi laba rugi untuk prediksi usaha di masa depan.

  1. Mengawasi setiap aktivitas keuangan perusahaan

Kegiatan akuntansi dijalankan sebagai bentuk pengawasan terhadap transaksi keuangan perusahaan. Segala aktivitas keuangan dapat dikontrol dan dikendalikan sehingga perusahaan mampu mencapai target tujuan di periode tertentu.

Jenis Akuntansi Keuangan yang dijalankan pada Perusahaan

Jenis Akuntansi Keuangan

Terdapat berbagai macam kegiatan akuntansi yang dijalankan pada perusahaan. Akuntansi keuangan adalah proses pembuatan laporan yang terdiri dari berbagai jenis seperti penjelasan di bawah ini.

Pertama yaitu jenis laporan perubahan modal perusahaan yang dibuat dengan mengedepankan empat unsur utama. Keempat unsur utama pembuatan laporan perubahan modal diantaranya modal awal, laba rugi, penambahan modal dan prive.

Catatan tersebut merupakan laporan berbasis keuangan yang dirancang untuk menunjukkan adanya perubahan modal. Misalnya perubahan pada segi peningkatan dan penurunan aktiva perusahaan untuk periode tertentu.

BACA JUGA: Apa itu Laporan Keuangan Peusahaan Dagang

Kedua yaitu laporan berbentuk neraca yang dirancang untuk memperlihatkan kondisi, informasi dan posisi keuangan pada masa tertentu. Laporan ini dibuat agar perusahaan dapat memahami gambaran keuangan dan mengambil keputusan.

Jadi, pada dasarnya kegiatan akuntansi memiliki peranan yang penting bagi perusahaan. Akuntansi keuangan adalah tonggak setiap laporan keuangan yang bermanfaat jika dibuat dengan tata cara yang benar dan transparan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!