Home » Aktiva Adalah: Berikut Pengertian, Sifat, dan Jenis-jenisnya

Aktiva Adalah: Berikut Pengertian, Sifat, dan Jenis-jenisnya

Aktiva adalah salah satu istilah dalam dunia akuntansi di mana mempunyai peran cukup penting. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena keberadaannya sendiri dapat digunakan buat menyebutkan benda fisik sekaligus nonfisik.

Di mana menjadi kekayaan dari sebuah perusahaan bersangkutan. Aktiva atau dikenal dengan asset disini adalah harta yang menjadi sumber perkonomian dari sebuah perusahaan.

Dan nantinya akan digunakan dalam kegiatan operasional dari sebuah perusahaan. Berdasarkan dengan standar akuntansi keuangan di dalam kerangka dasar penyajian dan penyusunan laporan keuangan.

Aktiva inipun mempunyai pengertian sebagai sumber daya di mana dikuasai oleh perusahaan. Untuk memahami lebih lanjut mengenai aktiva, maka Anda perlu menyimak pengertian, sifat sekaligus jenis-jenisnya berikut ini.

Pengertian Aktiva Adalah Sebagai Berikut

Rasanya memahami suatu hal memang belum lengkap apabila tidak mengetahui apa pengertian di dalamnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena tanpa mengetahui definisinya.

BACA JUGA:  Transaksi Keuangan Adalah: Pengertian, Jenis dan Cara Pembukuan di Perusahaan

Maka Anda akan kesulitan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai istilah dalam dunia akuntansi ini. Aktiva adalah harta yang menjadi sumber perekonomian dari suatu perusahaan.

Asset tersebut akan digunakan untuk menjalankan semua kegiatan operasional di dalam perusahaan bersangkutan. Sedangkan berdasarkan dengan standar akuntansi keuangan, adalah kerangka dasar penyusunan sekaligus penyajian dari laporan keuangan ini.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!