Home » Pasar Modal Adalah? Pelajari Tentang Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Pasar Modal Adalah? Pelajari Tentang Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian pasar modal untuk sebagian orang masih sangat awam dan belum terlalu mengenalnya. Padahal sekarang hal tersebut sudah mulai berkembang, akan tetapi banyak orang masih belum memahami berinvestasi emas ataupun properti.

Dengan memilih cara investasi di capital market, maka Anda tidak hanya telah memberikan peluang masyarakat bisa meraih keuntungan tinggi. Tetapi, juga memiliki peran aktif dalam peningkatan kondisi ekonomi dalam negeri.

Pasar modal adalah kegiatan yang masih berhubungan dengan penawaran umum serta perdagangan efek. Kemudian ada perusahaan publik yang masih ada kaitannya dengan efek diterbitkannya dan lembaga maupun profesi.

Sementara menurut Bruce Lliyd, capital market bertidak sebagai penghubung dari para investor dan perusahaan instansi pemerintah. Penghubung tersebut melalui perdagangan instrument jangka panjang seperti contohnya obligasi, saham serta lainnya.

Kemudian untuk sejarah di Indonesia pada tanggal 14 Desember 1912 Amsterdamse Effecttenbueurs buka cabang bursa efek pertama kali di Indonesia. Tepatnya di Batavia, atau saat ini dikenal dengan nama Jakarta.

Sedangkan pasar modal yang paling tua keempat tingkat asia adalah Hongkong, Tokyo juga Bombay. Alasan belanda mendirikan bursa efek adalah karena abad 19 beberapa perkebunan mulai dibangun secara besar.

Supaya proses pembangunan tersebut bisa berjalan sesuai, maka pemerintahan Belanda membutuhkan modal. Untuk mendapatkannya maka ia harus tahu sumber modal yaitu tabungan orang Eropa maupun Belanda dengan penghasilan diatas rata-rata.

Dengan alasan tersebut pada 14 Desember tahun 1912, pasar resmi dan dinamai Vereniging voor de Effectenhandel. Pasar ini bertempat di Batavia dengan efek jual beli berupa saham maupun obligasi.

Fungsi Pasar Modal

pengertian pasar modal

Banyak saat ini capital market dan muali dilirik oleh beberapa orang untuk bisa mendapatkan sesuatu yang mengguntungkan. Ada banyak fungsi yang perlu diketahui sebelum memilih masuk kedalamnya.

Beberapa fungsi pasar modal adalah sebagai berikut ini.

  • Sebagai sarana untuk menambah modal usaha

Perusahaan bisa mendapatkan dana menggunakan cara menjual saham ke capital market. Saham ini nanti dibeli oleh para masyarakat umum serta perusahaan lain atau lembaga maupun pemerintah.

  • Menjadi sarana untuk pemerataan pendapatan

Setelah ada dalam waktu yang ditentukan, kemudian saham sudah dibeli selanjutnya memberikan deviden ataupun bagian keuntungan dari perusahaan untuk pembelinya. Oleh sebab itu, penjualan saham dianggap sebagai sarana untuk pemerataan pendapatan.

  • Menjadi sarana peningkatan kapasitas produksi

Kemudian terdapat tambahan modalnya bisa didapatkan melalui pasar modal, maka produktivitas dari perusahaannya terus meningkat.  Sehingga keuntungannya juga tinggi.

  • Menjadi sebuah sarana sebagai penciptaan tenaga kerja

Dengan adanya pasar tersebut bisa mendorong muncul serta mulai berkembangnya berbagai industri yang memiliki dampak tercipta lapangan kerja yang baru. Sehingga menjadi hal positif bagi masyarakat sekitarnya.

  • Menjadi sarana untuk peningkatan pendapatan negara

Pada deviden yang dibagikan pada para pemegang saham nanti akan dikenakan pajak dari pemerintah. Adanya tambahan pemasukan pajaknya ini nanti bisa meningkatan pendapatan suatu negara.

  • Indikator perekonomian negara

Aktivitas serta volume pembelian ataupun penjualan di pasar modalnya yang makin meningkat. Serta memberi indikasi aktivitas bisnis dari berbagai perusahaan dapat berjalan dengan baik. begitu juga sebaliknya.

Instrumen Investasi dari Capital Market

Istilah dari pasar modal adalah dikenal dengan capital market maupun bursa efek. Kemudian didalamnya terdapat berbagai jenis urat yang berharga untuk diperdagangkan. Berikut beberapa jenis surat berharga:

  • Saham

Saham menjadi surat berharga serta menjadi bukti kepemilikan atas perusahaan. Investor memunyai saham dalam sebuah perusahaan, maka ia berhak untuk memperoleh dividen ataupun pembagian laba.

Reksadana juga disebut sebagai investasi yang digunakan untuk pengumpulan dan pengelolaan dana dari investor. Dana selanjutnya dikelola  manajer investasi menjadi beberapa instrument, seperti obligasi, saham maupun efek lainnya.

  • Surat utang ataupun obligasi

Anda juga dapat memperoleh surat berharga berupa surat utang ataupun obligasi. Kepemilikan dari surat utang bisa dipindahtangankan. Serta pemegangnya mempunyai hak memperoleh bunga dan pelunasan utang sesuai jangka yang ditentukan.

  • Exchange traded fund (ETF)

Surat berharga satu ini yaitu mempunyai kemiripan seperti reksadana, yaitu sama-sama dikumpulkan dengan kolektif. Namun, EFT atau Exchange traded fund dapat diperdagangkan dalam bursa efek seperti saham.

  • Derivatif

Kemudian ada surat berharga dalam bentuk derivative. Jenis ini juga dikenal sebagai turunan dari sahamnya. Selain itu terdapat 2 jenis deratif dapat ditemukan dalam capital market yaitu right dan warrant.

Manfaat Pasar Modal

Capital market selain mengguntungkan tetapi juga mempunyai manfaat bagi emitennya atau pihak yang melakukan penawaran umum. Yaitu penawaran efeknya dilakukan emiten sebagai menjual efek pada masyarakat sesuai tata caranya.

Tata cara tersebut sudah diatur dalam peraturan yang berlaku maupun bagi para investor. Semua harus ditaati dengan baik. Berikut beberapa manfaat baik emiten maupun investor.

Manfaat bagi emiten

  1. Jumlah dana bisa dihimpun dalam jumlah besar
  2. Dana juga bisa diterima sekaligus saat pasar perdananya selesai
  3. Kemudian tidak ada convenant jadi manajemen bisa lebih bebas lagi saat pengelolaan dananya.
  4. Solvabilitas dalam perusahaan tinggi menjadikan perbaikan citra perusahaan
  5. Ketergantungan pihak emiten kepada bank juga lebih kecil

BACA JUGA: Jenis dan Fungsi Pasar Valas

Manfaat bagi investor

  1. Nilai investasinya berkembang sesuai pertumbuhan ekonominya serta peningkatan tercermin sama meningkatnya harga saham saat telah mencapai capital gain.
  2. Selanjutnya mendapatkan dividen bagi orang yang mempunyai atau memgang saham serta bunga yang mengambang untuk pemegang obligasi.
  3. Bisa sekaligus melakukan investasi beberapa instrument untuk mengurangi risiko.

Beberapa manfaat tersebut akan bisa dirasakan jika Anda memahami dengan baik sistem kerja dari capital market. Pasar modal adalah fungsi, manfaat dan lainnya harus dipahami oleh emiten maupun investor.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!