Home » Pasar Modal Adalah? Pelajari Tentang Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Pasar Modal Adalah? Pelajari Tentang Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian pasar modal untuk sebagian orang masih sangat awam dan belum terlalu mengenalnya. Padahal sekarang hal tersebut sudah mulai berkembang, akan tetapi banyak orang masih belum memahami berinvestasi emas ataupun properti.

Dengan memilih cara investasi di capital market, maka Anda tidak hanya telah memberikan peluang masyarakat bisa meraih keuntungan tinggi. Tetapi, juga memiliki peran aktif dalam peningkatan kondisi ekonomi dalam negeri.

Pasar modal adalah kegiatan yang masih berhubungan dengan penawaran umum serta perdagangan efek. Kemudian ada perusahaan publik yang masih ada kaitannya dengan efek diterbitkannya dan lembaga maupun profesi.

Sementara menurut Bruce Lliyd, capital market bertidak sebagai penghubung dari para investor dan perusahaan instansi pemerintah. Penghubung tersebut melalui perdagangan instrument jangka panjang seperti contohnya obligasi, saham serta lainnya.

BACA JUGA:  Deflasi Adalah: Pengertian, Jenis dan Dampaknya Bagi Perekonomian

Kemudian untuk sejarah di Indonesia pada tanggal 14 Desember 1912 Amsterdamse Effecttenbueurs buka cabang bursa efek pertama kali di Indonesia. Tepatnya di Batavia, atau saat ini dikenal dengan nama Jakarta.

Sedangkan pasar modal yang paling tua keempat tingkat asia adalah Hongkong, Tokyo juga Bombay. Alasan belanda mendirikan bursa efek adalah karena abad 19 beberapa perkebunan mulai dibangun secara besar.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!