Home » Merk Laptop Gaming Terbaik No 1 di Indonesia ASUS ROG

Merk Laptop Gaming Terbaik No 1 di Indonesia ASUS ROG

ASUS ROG selalu bertengger dalam daftar laptop gaming terbaik di Indonesia. Lewat seri produk Flow, Zephyrus, dan Strix, ASUS ROG siap memanjakan kamu yang hobi gaming atau berkreasi dengan dunia grafis. Di kalangan gamers, ROG sudah terkenal sebagai merk laptop andalan dengan desain yang menawan.

Merk Laptop Gaming Terbaik: ASUS ROG
Produk Series: Flow, Zephyrus, dan Strix
Audience: Gamers dan Content Creator
Keunggulan: Ketajaman Grafis dan Kecepatan Hardware

Tidak hanya mengandalkan ketajaman grafis dan kecepatan hardware, ASUS ROG juga menawarkan berbagai fitur tambahan yang akan meningkatkan pengalaman gaming kamu. Di artikel ini, kita akan berkenalan dengan beberapa produk terbaru ASUS ROG dari seri Flow, Zephyrus, dan Strix sekaligus.

Daftar Isi

ASUS ROG Flow X16: Laptop Gaming Terbaik 16 Inci Convertible Pertama di Dunia

Laptop Gaming Terbaik

Setelah sukses dengan seri convertible pertama, yaitu ROG Flow X13, ASUS kembali membuat gebrakan dengan ROG Flow X16. Walaupun sama-sama convertible, ROG Flow X16 memiliki ukuran layar 16 inci, jauh lebih lebar dari ROG Flow X13. Selain dari ukuran layar, ROG Flow X16 punya banyak keunggulan, yaitu:

1. Ringkas, Fleksibel, dan Multifungsi

ASUS ROG Flow X16 dengan desain convertible membuatmu lebih leluasa dalam bermain game dan berkarya. Layar sentuh dan dukungan terhadap stylus tentunya meningkatkan pengalaman bermain lebih dari yang bisa kamu bayangkan. Kamu bisa menggunakan mode laptop, tablet, stand, maupun tent.

ROG Flow X16 merupakan laptop gaming terbaik dengan ukuran layar mencapai 16 inci sebagai ruang yang lapang untuk berkreasi. Kamu bisa menggunakannya sebagai kanvas digital demi menghasilkan karya grafis dengan detail terbaik.

Ukuran dan kualitas layar yang mumpuni akan meningkatkan produktivitas kamu dalam bekerja.

ROG Flow X16 memiliki bobot seberat 2 Kg. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu ROG Flow X13, bobot X16 memang lebih berat. Akan tetapi, berat bobot ini sebanding dengan spesifikasi hardware di dalamnya. Lagi pula, untuk ukuran laptop gaming, bobot 2 Kg termasuk sangat ringan.

Sedangkan jika dibandingkan dengan laptop gaming 16 inci lainnya, ASUS ROG Flow X16 pastinya lebih ringan. Rahasianya terletak pada body Flow X16 yang menggunakan bahan magnesium alloy. Bahan ini memiliki bobot yang lebih ringan daripada jenis logam lain, namun daya tahannya tetap sangat baik.

2. Layar Nebula Display, Ideal untuk Gamers dan Content Creators

ASUS ROG Flow X16 adalah laptop gaming terbaik dengan spesifikasi layar yang memuaskan. Dukungan layar ROG Nebula Display sebagai standar layar laptop gaming nomor 1 akan sangat memanjakan kamu. Walaupun populer sebagai laptop gaming, ROG Flow X16 tentunya siap untuk tugas grafis tingkat tinggi lainnya.

Spesifikasi lengkap ROG Nebula Display di seri ROG Flow X16 adalah:

  • Refresh rate 165 Hz.
  • Response time 3 ms.
  • Fitur adaptive sync.
  • Color gamut 100% DCI-P3.
  • Tersertifikasi PANTONE Validated Display.
  • Resolusi 2560×1600 pixel.

Dengan spesifikasi di atas, kamu akan mendapatkan pengalaman gaming yang mengesankan. Buat kamu yang menekuni dunia content creator, ROG Flow X16 akan menjadi partner terbaikmu dalam membuat desain grafis dan video berkualitas tinggi.

3. Laptop Gaming Terbaik dengan Hardware Keluaran Terbaru

ASUS ROG Flow X16 adalah laptop gaming terbaik yang menggunakan kombinasi hardware generasi terdepan. Spesifikasi maksimum ROG Flow X16 adalah CPU Ryzen 9 6900HS dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 3070Ti. Konfigurasi 8 core dan 16 thread pada CPU menjamin pengalaman gaming tanpa lag.

Dari segi grafis, GPU terbaru dari NVIDIA jelas tidak tertandingi. Terlebih lagi dengan dukungan MUX Switch yang mampu mengirim sinyal tampilan dari GPU langsung ke layar. Dengan teknologi ini, sinyal tidak perlu melalui CPU, sehingga kamu tidak akan mengalami buffering saat bermain game.

Dari segi penyimpanan, ROG Flow X16 sudah menggunakan SSD dengan performa PCIe 4.0. Kecepatan read/write mencapai 7 Gbps sanggup melayani pemrosesan data tanpa lemot. Spesifikasi hardware paling gahar pada ROG Flow X16 sanggup kamu pakai untuk rendering tanpa khawatir akan mengalami hang.

Kalau kamu tidak puas dengan penyimpanan bawaan, ROG Flow X16 juga menyediakan tambahan slot PCIe 4, sehingga kamu bisa upgrade storage sesukamu. Sedangkan dari sisi memori, ROG Flow X16 sudah menggunakan RAM DDR5 hingga 16 GB.

4. Anti Panas dengan ROG Intelligent Cooling

ASUS ROG Flow X16 adalah laptop gaming terbaik dengan sistem pendingin inovatif. Seperti yang kamu ketahui, stabilitas temperatur adalah salah satu faktor vital dalam setiap laptop gaming. Apa lagi saat menjalankan task berat seperti gaming dalam durasi panjang atau rendering video berukuran besar.

Untuk menjaga suhu tetap stabil, ROG Flow X16 menggunakan sistem pendingin inovatif bernama ROG Intelligent Cooling. Sistem ini mengandalkan Frost Force Technology dan Pulsar Heatsink. Di bagian belakang laptop, terdapat tiga kipas khusus dan sebuah heatsink yang membentang sepanjang body.

Desain kipas laptop ini ialah variable blade thickness yang dapat mengalirkan udara dengan lebih baik. Lebih jauh, anti-resonance design membuat kipas lebih senyap, sehingga tidak mengganggu kamu saat bermain.

Pada bagian CPU, ROG Flow X16 menggunakan liquid metal bertipe Thermal Grizzly Condectnaut Extreme. Dibandingkan dengan thermal compound berbahan silikon, liquid metal mampu menghantarkan panas dengan lebih baik. Panas pun lebih cepat mengalir ke sistem pendingin untuk mencegah overheat.

5. Tambah GPU Eksternal dengan Kompatibilitas ROG XG Mobile

Sebagai salah satu laptop gaming terbaik ASUS, ROG Flow X16 mendukung kompatibilitas dengan GPU eksternal terbaik di dunia: ROG XG Mobile. Jadi, buat kamu yang masih belum puas dengan GPU internal, kamu bisa menambahkan ROG XG Mobile sebagai GPU eksternal, agar performa laptop semakin meroket.

Tahun ini, ASUS kembali merilis seri GPU eksternal baru berkekuatan AMD Radeon RX 6850M XT. Kapasitas VRAM GPU ini mencapai 12 GB dengan TGP 165 W. Tidak hanya itu, ROG XG Mobile terbaru juga sudah dilengkapi adapter 300W, sehingga dapat memberikan daya penuh.

Upgrade adapter ini membuatmu tidak perlu lagi menghubungkan charger ROG Flow X16 saat memakai ROG XG Mobile. Sama seperti ROG Mobile sebelumnya, kamu tetap akan mendapatkan tambahan port konektivitas mulai dari USB Type-A, SD Card Reader, HDMI, dan DisplayPort ekstra.

ASUS ROG Strix Scar 17: Laptop Gaming Terbaik dengan Komponen Terdepan

Laptop Gaming Terbaik

ASUS ROG Strix Scar 17 memiliki julukan laptop monster. Predikat ini bukannya tanpa sebab. ROG Strix Scar 17 memang layak disebut monster berkat komponennya yang super gahar. Melansir dari Rog Community, berbagai kelebihan ROG Strix Scar 17 adalah:

1. Laptop Gaming Terbaik dengan Dapur Pacu Handal

ROG Strix Scar 17 menggunakan processor Intel Core i9-12900H yang merupakan seri terbaru dari Intel. Dari sisi GPU, laptop ini memakai NVIDIA GeForce RTX. Perpaduan CPU dan GPU inilah yang menjadikan ROG Strix Scar 17 laptop gaming terbaik dengan banyak keunggulan.

Dalam hal penyimpanan, ROG Strix Scar 17 sudah menggunakan SSD PCIe 4, tipe penyimpanan paling modern saat ini. Kemudian, memori Strix Scar 17 mengandalkan DDR5 yang merupakan generasi RAM terbaru dengan kapasitas mencapai 64 GB.

2. Tampilan Super Cantik

Ukuran layar ROG Strix Scar 17 adalah 15,6 inci dengan kualitas mencapai QHD 240 Hz atau FHD 360Hz. Refresh rate laptop ini sangat cepat dengan response time mencapai 3 ms untuk menjamin pengalaman gaming tanpa buffering.

Dengan warna super tajam serta dukungan Dolby Vision HDR dan adaptive sync, ROG Strix Scar 17 adalah laptop gaming terbaik yang bisa memanjakan mata. Panel IPS menyuguhkan warna yang spektakuler untuk menghadirkan sensasi bermain yang lebih realistis.

Secara visual, ROG Strix Scar 17 juga sangat keren dan customizable. Armor Caps pada ROG Strix Scar 17 bisa kamu sesuaikan sesuka hati. Kamu bisa memilih desain Armor Caps dari bundle atau mengunduh template untuk membuat versi 3D kamu sendiri.

Terdapat palm rest semi transparan untuk menambah tampilan internal. Kaki karet di bagian bawah mampu mengurangi getaran untuk menghasilkan efek senyap, agar tidak mengganggu permainan. Ditambah dengan RGB lighting, ROG Strix Scar 17 akan memberikan nuansa gaming layaknya di area kompetisi!

3. Inovasi Sistem Pendingin

Mengingat beban kerja hardware gaming yang lebih berat dari penggunaan biasa, maka laptop gaming terbaik wajib memiliki sistem pendingin yang mumpuni. Untuk urusan pendinginan, ROG Strix Scar 17 menggunakan teknologi ROG Intelligent Cooling.

Mengandalkan empat kipas yang didesain khusus untuk menghantarkan panas, temperatur di bagian dalam laptop bisa lebih terjaga. Sama seperti Flow X16, ROG Strix Scar 17 juga menggunakan liquid metal Thermal Grizzly Condectnaut Extreme yang mampu menjaga CPU hingga 15 derajat lebih dingin dari thermal biasa.

4. Audio Jernih dan Autentik

Apalah arti laptop gaming terbaik tanpa efek audio yang bagus. Kabar baiknya, ROG Strix Scar 17 menjamin kualitas suara yang membuatmu merasa seolah sedang berada dalam dunia game. Baik efek desing peluru, letusan bom, maupun denting pedang yang tengah beradu, semua terdengar sangat jernih dan nyata.

Speaker ROG Strix Scar 17 adalah Dolby Atmos dengan sepasang tweeter dan woofer yang mengarah ke bawah. Teknologi Hi-Res menghasilkan output musik yang kualitasnya setara dengan input saat merekam. Terakhir, tambahan Two Way AI Noise Cancelation memastikan panggilan suara dan video jernih tanpa gangguan.

5. Konektivitas Paling Kencang

Sejago apa pun kamu di arena, kalau koneksi bermasalah, kamu tetap akan kalah. Oleh sebab itu, laptop gaming terbaik harus mendukung koneksi agar cepat sehingga tidak terputus di tengah permainan.

ROG Strix Scar 17 mengandalkan port RJ45 terbaru yang mendukung LAN 2.5G untuk koneksi kabel. Sedangkan untuk koneksi wireless, ROG Strix Scar 17 sudah menggunakan standar WiFi 6E.

Untuk urusan peripherals, ROG Strix Scar 17 menyediakan 2 port USB type-C yang bisa kamu pakai untuk hardware eksternal maupun transfer data. Lalu, dari segi display, ROG Strix Scar 17 mengandalkan HDMI 2.1 dengan kualitas mencapai 4K 120Hz / 8K 60Hz.

6. Baterai Siap Tempur

Baterai ROG Strix Scar 17 memiliki kapasitas 90 Wh. Untuk pemutaran video, baterai ini mampu bertahan hingga durasi 10,5 jam. Metode charging laptop gaming terbaik ini juga sangat nyaman, karena menggunakan port USB type-C dengan dukungan daya hingga 100 W.

Charging dengan adaptor berdaya 280 W dari kapasitas 0% hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai 50%. Kecepatan charging ini tentunya sangat membantu aktivitas kreatif outdoor yang memerlukan baterai tangguh, awet, dan mudah diisi ulang.

ASUS ROG Zephyrus M15: Laptop Gaming Terbaik dengan Tampilan Elegan

Laptop Gaming Terbaik

Jika selama ini laptop gaming identik dengan tampilan yang gahar, maka ASUS ROG Zephyrus M15 tampil beda dengan kesan elegan. Walaupun tampilannya lebih kalem, nyatanya ROG Zephyrus M15 memiliki kekuatan dan kecepatan yang tidak kalah dari seri ROG lainnya. Spesifikasi lengkap ROG Zephyrus M15 adalah:

1. Ringan, Ramping, dan Elegan

Kesan pertama yang akan kamu lihat pada ROG Zephyrus M15 adalah ‘tipis’. Tebal totalnya hanya 18,9 mm, sangat ramping untuk ukuran laptop gaming. Karena dimensinya yang ramping, bobot ROG Zephyrus M15 pun menjadi lebih ringan, yaitu 1,95 Kg dengan bobot charger 584 gram.

Selain faktor dimensi, ROG Zephyrus M15 bisa menjadi sangat ringan, karena material yang digunakan ialah kombinasi Aluminium Alloy dan Magnesium. Kedua material tersebut adalah bahan logam yang ringan, namun tetap kuat dan kokoh.

Walaupun terlihat minimalis, faktanya ROG Zephyrus M15 adalah salah satu laptop gaming terbaik di pasaran. Warna RGB khas laptop gaming masih bisa kamu dapatkan di seri ini. Bedanya, desain logo ROG di bagian belakang tidak berkelap-kelip seperti seri ROG lain, melainkan berwarna hitam selaras dengan body.

2. Laptop Gaming Terbaik Spesifikasi Dewa

Kalau kamu mencari laptop gaming terbaik dengan ‘Spek laptop Dewa’, namun terlihat elegan, ROG Zephyrus M15 juaranya. Di balik tampilannya yang kalem, ROG Zephyrus M15 mengantongi perangkat keras terbaru dengan performa yang siap bersaing.

Berkekuatan CPU Intel Core i7-10875 H dan GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 + Intel UHD, ROG Zephyrus M15 siap memainkan game berat kesukaan kamu. Kecepatan pemrosesan didukung dengan memori DDR4 16 GB dengan tambahan slot SODIMM hingga 64 GB.

Dari segi penyimpanan, ROG Zephyrus M15 memakai SSD M.2 NVMe PCIe berkapasitas 1 TB. Pilihan konektivitas pun sangat lengkap, meliputi Ethernet RJ45 untuk wired connections, HDMI 2.0b untuk monitor modern, hingga port USB A dan C.

3. Layar Luas dan Tajam

Kualitas layar ROG Zephyrus M15 juga tidak main-main. Ukuran layarnya 15,6 inci dengan resolusi FHD 1920×1080 pixels. Resolusi ini sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan game modern.

Dari segi ketajaman warna, ROG Zephyrus M15 memiliki akurasi mencapai 100% sRGB dan 75,36% AdobeRGB. Warna yang tajam pastinya menghasilkan efek gaming yang lebih realistis. Lebih dari itu, kamu juga bisa menghasilkan karya grafis dan video berkualitas tinggi dengan detail warna hingga ke pixel terkecil sekali pun.

Faktor penting lain dalam mengukur kemampuan layar laptop gaming terbaik adalah refresh rate. ROG Zephyrus M15 sendiri memiliki refresh rate hingga 240 Hz dan response time 3 ms. Dengan kecepatan tersebut, kamu bisa bermain dengan pengaturan grafis terbaik tanpa khawatir akan tersendat-sendat.

Manakah Seri Laptop ASUS ROG yang Menjadi Favoritmu?

Setiap player pasti memiliki selera yang berbeda-beda dalam memilih laptop gaming. Agar pengalaman bermain semakin seru, kamu bisa bergabung dengan komunitas gaming terbesar di Indonesia. Jangan lupa untuk rajin mengunjungi ROG untuk mendapatkan informasi laptop gaming terbaik lainnya!

error: Content is protected !!