Home » Cara Melihat Spesifikasi Laptop yang Wajib Diketahui

Cara Melihat Spesifikasi Laptop yang Wajib Diketahui

Tidak semua orang mengetahui cara melihat spesifikasi laptop yang dimiliki atau yang hendak dibeli. Hal ini perlu diketahui sejak awal supaya laptop yang dibeli sesuai dengan kebutuhan. Pasalnya detail sistem operasi sangat penting dalam proses pemilihan laptop.

Selain memilih perangkat sesuai kebutuhan, dengan melihat spesifikasi pengguna juga bisa menentukan komponen lain. Seperti kebutuhan RAM, SSD dan material perangkat lainnya yang mendukung. Jadi dari sini pengguna bisa melihat perangkat add on dapat mendukung atau tidak.

Daftar Isi

Langkah Melihat Spesifikasi Laptop Sendiri

Spesifikasi bisa disebut juga sebagai deskripsi, jadi jika spesifikasi mengenai laptop artinya deskripsi laptopnya. Keterangan laptop, kapasitas dan komponen didalamnya, tercantum detail di sini. Bagi pengguna yang menggunakan laptopnya untuk bekerja, cara ini wajib dilakukan.

Sudah tidak perlu lagi melihat buku panduan, detail spesifikasi laptop, atau deskripsi dalam kemasan. Sebab dengan membuka produknya pengguna harusnya sudah bisa mengetahui detailnya. Sebelum membeli perlu melihat spesifikasi laptop tersebut, dengan cara berikut ini:

1. Mengecek Lewat Properties Dan Lewat Control Panel

Menggunakan cara ini pengguna hanya dapat melihat spesifikasi secara garis besar. Langkah yang bisa dilakukan jika mengakses lewat properties.

Versi windows terdiri dari berbagai macam, mulai dari versi 7 hingga 10. Dalam sistem operasi laptop cobalah masuk ke dalam control panel untuk mengetahui versi berapa laptop yang digunakan. Hal ini dapat dilakukan pengguna sendiri untuk mengetahui berbagai versi di dalamnya.

2. Mengecek Lewat Settingan Windows

Cara ini hanya dapat dilakukan di oleh laptop versi window 10, mulai dari jenis prosesor, jumlah RAM, type system yang dipakai serta spesifikasi lainnya. Ini langkah yang dapat digunakan untuk mengecek spesifikasi laptop yang menggunakan windows versi 10.

3. Menggunakan Aplikasi Speccy

Mengecek spesifikasi laptop juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi, salah satunya speccy. Terdapat beragam aplikasi yang bisa digunakan, kali ini coba untuk menggunakan speccy. Aplikasi satu ini menawarkan tampilan yang memudahkan user menggunakannya, sehingga dapat digunakan orang awam.

4. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

CPU-Z menjadi salah satu aplikasi yang menyajikan informasi sangat lengkap, bahkan hingga ke fitur perangkat kerasnya juga. Pengguna tidak perlu mengorek informasi dari sumber lain, cukup install aplikasi ini saja. Maka semua informasinya sudah dapat ditemukan dan dilihat secara cepat.

Manfaat Mengetahui Keunggulan Laptop

Manfaat yang perlu diketahui salah satunya mengecek keunggulan komponen. seperti kecepatan, kekuatan serta kapasitas storage perangkat. Sebut saja diantaranya harddisk, VGA serta RAM pada laptop.

Sebelum mulai melakukan mempartisi hardisk pengguna wajib tahu spesifikasi laptop yang dipilih. Pasalnya pada spesifikasi sudah tertera keterangan kapasitas penyimpanan harddisknya. Sehingga meminimalisir kesalahan memasukkan angka saat partisi dilakukan.

1. Menampilkan Informasi Versi yang Dipakai

Ketika ingin mengetahui pembaharuan komponen yang digunakan, coba cek versinya terlebih dahulu. Misalnya VGA, sound, LAN card serta versi drivernya, dengan mengenalnya dulu. Tidak akan terjadi kesalah membeli kapasitas perangkat pendukung yang dibutuhkan.

Cara ini juga dilakukan supaya pengguna mengetahui komponen yang kompatibel dipakai. Jadi jangan sampai terlewat mengecek spesifikasi sebelum melakukan upgrade RAM, harddisk dan lainnya. Dengan begitu laptop bisa running dengan baik tanpa mengalami kepincangan.

2. Supaya Tidak Ditipu

Manfaat lainnya tidak lain dan tidak bukan supaya tidak ada yang bisa menipu.  Untuk menarik minat pembeli, tak heran terkadang mereka melebihkan spesifikasinya. Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui cara mengecek spesifikasi laptop atau PC.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara melihat spesifikasi laptop hingga pentingnya melakukan hal itu. Jadilah pengguna yang cerdas mulai saat ini, demi kebaikan diri sendiri. Meski memang ada banyak orang yang tidak peduli, tapi jangan jadi bagian orang tersebut.

error: Content is protected !!