Namun, tidak sama dengan pembuat konten pemasaran di internet atau media sosial maupun seorang promotor di bidang digital. Sebab marketing executive berfokus pada memaksimalkan keuntungan melalui strategi yang digunakan.
Kemudian strategi inilah yang digunakan oleh bagian marketing untuk pembuatan konten promosi di berbagai media, termasuk media digital. Strategi akan dijalankan oleh bagian marketing dan terus diawali ME agar berjalan dengan baik.
Bisa dikatakan bahwa ME dapat menjadi perencana sekaligus penggerak strategi yang sudah dibuat. Karena terkadang ME harus bergerak sendiri untuk menjalankan strategi buatannya, bukan hanya sekadar mendelegasikan tugas.
Daftar Isi
Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Executive
Memiliki profesi sebagai ME tentu ada tugas dan tanggung jawab yang diemban. Semua kewajiban harus dijalankan agar bisa meraih tujuan, yaitu memberikan keuntungan bagi pemilik produk, brand, atau perusahaan. Berikut uraian beberapa tugas ME:
-
Pembuatan Data Prospek Pelanggan
Salah satu tugas utama dari ME adalah menentukan atau mencari target pasar dari produk atau brand tertentu. Target pembeli harus ditentukan melalui data prospek sehingga tujuan pemasaran menjadi jelas.
Sumber data bisa didapat dari mana saja, misalnya referensi teman, keluarga, atau dengan melihat pelanggan perusahaan atau brand serupa. Selain itu, juga bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter.
-
Pembuatan Rencana Penawaran
Data target pembeli yang dibuat marketing executive kemudian ditindaklanjuti dengan membuat rencana penawaran. Karena tujuannya sudah jelas, maka harus mulai melakukan follow up kepada target pasar tersebut.
-
Lakukan Promosi
Setelah perencanaan promosi dibuat, dilanjutkan dengan langsung melakukan promosi yang dititikberatkan pada target pembeli. Bentuk promosi sangat beragam, bisa melalui media luring maupun daring.