Home » Marketing Executive Adalah? dan Keterampilan Apa yang Harus Dimiliki?

Marketing Executive Adalah? dan Keterampilan Apa yang Harus Dimiliki?

Namun, tidak sama dengan pembuat konten pemasaran di internet atau media sosial maupun seorang promotor di bidang digital. Sebab marketing executive berfokus pada memaksimalkan keuntungan melalui strategi yang digunakan.

Kemudian strategi inilah yang digunakan oleh bagian marketing untuk pembuatan konten promosi di berbagai media, termasuk media digital. Strategi akan dijalankan oleh bagian marketing dan terus diawali ME agar berjalan dengan baik.

Bisa dikatakan bahwa ME dapat menjadi perencana sekaligus penggerak strategi yang sudah dibuat. Karena terkadang ME harus bergerak sendiri untuk menjalankan strategi buatannya, bukan hanya sekadar mendelegasikan tugas.

Daftar Isi

Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Executive

Marketing Executive 1

Memiliki profesi sebagai ME tentu ada tugas dan tanggung jawab yang diemban. Semua kewajiban harus dijalankan agar bisa meraih tujuan, yaitu memberikan keuntungan bagi pemilik produk, brand, atau perusahaan. Berikut uraian beberapa tugas ME:

  1. Pembuatan Data Prospek Pelanggan

Salah satu tugas utama dari ME adalah menentukan atau mencari target pasar dari produk atau brand tertentu. Target pembeli harus ditentukan melalui data prospek sehingga tujuan pemasaran menjadi jelas.

BACA JUGA:  Consumer Insight Adalah: Pengertian dan Cara Mengoptimalkannya

Sumber data bisa didapat dari mana saja, misalnya referensi teman, keluarga, atau dengan melihat pelanggan perusahaan atau brand serupa. Selain itu, juga bisa menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, maupun Twitter.

  1. Pembuatan Rencana Penawaran

Data target pembeli yang dibuat marketing executive kemudian ditindaklanjuti dengan membuat rencana penawaran. Karena tujuannya sudah jelas, maka harus mulai melakukan follow up kepada target pasar tersebut.

  1. Lakukan Promosi

Setelah perencanaan promosi dibuat, dilanjutkan dengan langsung melakukan promosi yang dititikberatkan pada target pembeli. Bentuk promosi sangat beragam, bisa melalui media luring maupun daring.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!