Jika melihat logo yang digunakan pada kopi starbucks mungkin sedikit penasaran dengan ari dan makna logo starbucks karena logo yang digunakan tak biasa. Meski terlihat aneh, namun logo tersebut memiliki filosofi tersendiri.
Logo Starbucks yang bergambar seorang wanita sebenarnya adalah seorang wanita dari mitologi Yunani. Dimana gambar wanita di sana adalah seorang putri duyung yang memiliki dua ekor bernama Siren.
Sosok Wanita yang Ada di Logo Starbucks
Pembahasan pertama mengenai makna dari logo Starbucks adalah terletak pada gambarnya. Gambar wanita berambut panjang itu nyatanya memiliki filosofi yang sangat dalam dan masih dengan cerita dari mitologi Yunani.
Siren sendiri merupakan makhluk setengah manusia dan setengah ikan dan memiliki dua ekor. Wanita ini terkenal sering menggoda para pelaut, dengan suaranya yang merdu para pelaut pun akhirnya tergoda dan mengikutinya.
Putri duyung ini akan membawa para pelaut yang ia goda ke pulau kecil yang ada di lautan Pasifik. Dengan kisah inilah yang menjadikan logo Starbuck memiliki makna mendalam.
Jadi saat ingin membuat logo, maka usahakan untuk memberikan kisah atau makna yang terkandung di dalamnya. Logo yang memiliki filosofi mendalam juga mampu menarik banyak peminat, seperti misalnya pada logo Starbucks ini.
Lalu Apa Hubungan Siren Dan Kopi?
Mungkin akhirnya muncul pertanyaan, lalu apa hubungan cerita tadi dengan dijadikannya logo pada kopi. Siren yang terkenal sebagai penggoda bajak laut, diharapkan mampu menarik para peminat kopi untuk berkunjung ke kedai Starbucks.
Keahlian Siren yang pandai menyihir bertujuan agar setiap yang melihat logo tersebut dapat tertarik dan akhirnya singgah ke kedai-kedai Starbucks. Lalu kemudian menjadi pelanggan tetap dari kedai-kedai dari kopi starbuck ini.
Intinya, penggunaan logo wanita yang ada di kopi starbucks ini bukan hanya sekedar gambar wanita dan imajinasi saja. Terdapat filosofi tinggi, makna dan tujuan kesuksesan yang terkandung di dalamnya. Hal ini yang perlu dicontoh saat akan membantu logo.
Makna Warna dari Logo Starbuck
Setelah mengetahui kisah wanita dan makna logo starbucks yang digunakan hingga saat ini, maka kali ini akan diuraikan pula mengenai warnanya. Jadi bukan hanya gambarnya saja yang memiliki makna mendalam. Bahkan penggunaan warnanya pun syarat akan makna.
1. Warna Coklat
Dulu logo Starbucks bukan berwarna hijau, melainkan menggunakan warna coklat. Penggunaan warna coklat ini pun tentu karena makna yang terkandung di dalamnya. Seperti menggambarkan tentang kehangatan.
Warna coklat juga mampu menggambarkan perasaan nyaman, aman, kuat dan makna dapat diandalkan. Penggunaan warna coklat juga mampu menunjukkan bahwa produk yang ditawarkan terkesan elegan dan berkelas.
Dengan kata lain, penggunaan warna coklat juga menunjukkan bahwa starbucks mahal dan berkelas. Sayangnya penggunaan warna ini hanya selama 16 tahun saja dan harus diganti pada tahun 1987.
2. Warna Hijau
Hingga pada tahun 1987 warna coklat diubah menjadi warna hijau. Jadi kali ini juga akan dibahas mengenai makna dari penggunaan warna hijau pada logo Starbucks. Warna yang memiliki makna baik untuk sebuah usaha.
Makna warna hijau yang digunakan pada Starbucks bermakna sebagai pertumbuhan. Sehingga diharapkan usaha tersebut bisa terus bertumbuh. Dengan cabang-cabang yang terus tersebar di semua wilayah.
Pada logo warna hijau ini pun sosok Siren juga lebih diubah. Jika pada logo sebelumnya Siren terkesan terbuka, maka pada logo warna hijau Siren lebih tertutup. Tentu menjadikan logo Starbucks lebih elegan.
Demikian tadi adalah pembahasan mengenai makna logo starbucks untuk dipahami. Jika dalam pembuatan logo masih kurang mendapatkan makna dan filosofi seperti logo Starbucks ini, maka bisa juga gunakan jasa desain logo. Dengan begini logo yang akan digunakan bukan hasil asal-asalan.