Home » Makelar Rumah, Peluang Besar dalam Hal Jual Beli Properti

Makelar Rumah, Peluang Besar dalam Hal Jual Beli Properti

Anda pasti sering mendengar apa itu makelar. Makelar adalah pihak yang menjembatani antara pihak penjual dan pihak pembeli. Jadi makelar rumah adalah makelar yang bergerak dalam hal jual beli yang berhubungan dengan properti rumah.

Pentingnya Keberadaan Makelar Rumah

Sering kali kita mendengar pertanyaan dari pemilik rumah “bagaimana agar rumah dapat terjual dengan cepat?. Pertanyaan tersebut juga senada dengan calon pembeli rumah mengenai bagaimana cara paling mudah supaya dapat menemukan rumah yang sesuai untuk dibeli?

Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memberikan pertanyaan bernada keluhan seperti calon pembeli rumah yang merasa kesulitan dalam melakukan kesepakan antaran penjual rumah dengan pembeli secara mudah, aman dan saling melindungi.

Meskipun penjual dan pembeli mengalami permasalahan yang sama, tetap saja mereka saling membutuhkan, hanya saja sulit untuk bertemu dengan sendirinya.

Oleh karena itu, perlu adanya perantara diantara keduanya yaitu seorang makelar rumah yang profesional.

Manfaat Makelar Rumah yang Semakin Dibutuhkan

Keuntungan pemilik rumah saat menggunakan profesional makelar terkait dengan permasalahan menjual rumah adalah sebagai berikut:

  1. Aman dan terbebas dari penipuan yang berkedok transfer palsu melalui mesin ATM
  2. Jangkauan pasaran lebih luas lantaran makelar rumah mempunyai banyak link atau jaringan.
  3. Harga jual yang ditetapkan lebih wajar sesuai dengan mekanisme pasar.
  4. Adanya penawaran yang terus dilakukan sehingga properti semakin cepat terjual.
  5. Terhindar dari transaksi semu.
  6. Legalitas sertifikat dibantu dicekkan oleh pihak broker.
  7. Transaksi lebih praktis dan mudah lantaran tidak perlu repot mengurus berkas KPR.
  8. Makelar juga turut membantu proses pembuatan akta jual beli beserta nota real dari jual belinya di notaris. 

Peluang Menjadi Makelar Rumah

Keberadaan jasa iklan seringkali dimanfaatkan oleh sebagain besar penjual rumah. Sayangnya, pola periklanan tersebut semakin lama dirasa kurang efektif.

Hal ini dikarenakan ada sekitar 1000 an iklan rumah yang justru membuat orang enggan untuk membacanya. Saking banyaknya iklan rumah yang terpampang justru terlewatkan.

Oleh karena itu, perlu adanya pendekatan lebih kepada konsumen selain hanya mengandalkan iklan di website, koran, brosur, blog atau jenis periklanan lainnya.

Pihak pembeli pun juga mempertimbangkan banyak hal sebelum menjatuhkan pembelian, mengingat yang dibeli itu rumah sehingga harga yang dikeluarkan pastinya juga tidaklah murah.

Apabila dilihat dari sisi penjual, sering kali terihat sudah tidak antusias lagi lantaran banyak calon pembeli yang sudah melihat rumahnya namun tak kunjung melakukan transaksi.

Padahal, sebagai pihak yang sama-sama saling membutuhkan antara penjual dan pembeli sebenarnya sudah sangatlah dekat.

Tak heran jika keberadaan profesional makelar rumah yang berpengalaman dapat mendorong terjadinya transaksi karena dirinya cenderung netral dan terlatih. Dan melihat fenomena ini maka  menjadi peluang yang besar jika menjadi makelar properti ini ditekuni.

Tips Sukses Jadi Makelar Properti Rumah yang Profesional

Seorang makelar rumah yang profesional maka harus memiiki netralitas, jadi tidak memihak kepada pihak penjual atau pembeli.

Untuk menjadi makelar properti yang profesional maka simak beberapa tips berikut ini.

  • Ikuti perkembangan seputar dunia properti baik dari membaca berita atau sharing-sharing dengan orang yang bergerak di bidang properti agar wawasan anda selalu update tentang dunia properti.
  • Perbanyak sosialisasi agar memilik banyak relasi.
  • Ikuti perkembangan peraturan hukum, peraturan perundangan dan peraturan pemerintah seputar properti yang berlaku agar bisa memberikan informasi kepada pihak yang dilayani.
  • Jangan mencari keuntungan yang tidak fair sehingga merugikan masyarakat
  • Selalu gunakan surat perjanjian yang tertulis untuk setiap proses jual beli dan memberikan penjelasan yang selengkap-lengkapnya kepada pihak yang terkait sehingga tidak merugikan semua pihak.
  • Selalu punya keinginan belajar untuk menambah pengalaman agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Itulah beberapa informasi tentang makelar rumah. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!