Bakso termasuk jenis makanan yang banyak penggemarnya. Sekarang ini, tidak jarang logo warung bakso digunakan untuk menunjukkan ciri khas tempat tersebut. Jika dulunya mengandalkan nama dan kalimat yang menggugah selera makan, logo terbukti memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan usaha makanan.
Termasuk juga untuk bisnis warung bakso. Seiring kemajuan zaman, nyatanya warung bakso tetap memiliki banyak penggemar. Banyak tempat menjual bakso, baik yang bernuansa jadul hingga kekinian. Dengan karakter masing-masing, usaha bakso tetap dapat bersaing.
Pentingnya Logo untuk Warung Bakso
Manusia merupakan makhluk visual. Kemampuan manusia dalam memproses data secara visual lebih baik dibandingkan jenis data yang lain. Otak 60 ribu kali lebih cekatan memproses data visual daripada teks.
Tanpa disadari, manusia lebih mudah teralihkan dengan sesuatu yang sifatnya visual. Hal ini juga berlaku pada penggunaan logo di usaha makanan, misalnya bakso. Memang benar bahwa bakso merupakan makanan yang umum ditemukan di berbagai wilayah Indonesia.
Namun, perlu ada hal yang membuat suatu usaha berbeda. Selain rasa enak, juga perlu karakteristik yang membuat masyarakat tertarik. Seperti yang terlihat pada manfaat menggunakan logo berikut ini:
1. Membuat Brand Mudah Dikenali
Merek sendiri bisa membuatnya lebih dikenal oleh masyarakat, apalagi jika menggunakan logo. Tentunya pembuatan logo perlu dipertimbangkan dengan matang sehingga dapat mencerminkan karakteristik brand.
Diiringi dengan kualitas baksonya yang memang baik, tentu akan lebih mudah mengingatnya. Jadi, belum cukup dengan rasa makanan yang enak. Akan disayangkan bila orang melupakannya. Dengan bantuan logo, akan membantu pelanggan untuk lebih mengingatnya.
🔗 Baca Juga: 7 Logo Termahal di Dunia, Ada yang Bernilai 18 Triliun
2. Membangun Kepercayaan
Manfaat berikutnya dari memiliki logo warung bakso yaitu meningkatkan kepercayaan dari pelanggan. Sebab, banyak orang mengasosiasikan logo dengan kualitas brand. Membuat logo yang bagus menandakan keseriusan untuk menjalankan usaha tersebut. Kepercayaan ini sangat baik untuk kedepannya.
3. Meningkatkan Kesadaran Brand
Biasanya, pertama kali sebuah brand dikenal umumnya dari logo. Kesan ini dapat membekas di ingatan konsumen. Warung bakso pun bisa merancang logo menarik sehingga publik tertarik untuk mencobanya. Tentunya bisa dibedakan dengan warung bakso lainnya.
🔗 Baca Juga: 5 Logo Toko Obat Terpopuler di Indonesia Untuk Inspirasi
Tips Membuat Logo Warung Bakso Agar Bisa Menarik Pelanggan
Sebelumnya telah dijelaskan mengenai beberapa fungsi menggunakan logo di warung bakso. Selain itu, pemilik warung juga perlu mengetahui beberapa tips dalam membuat logonya agar lebih efektif. Seperti apa?
1. Membuat Logo yang Simple dan Warna yang sesuai
Tidak perlu membuat logo yang rumit, cukup dengan kesederhanaan namun bermakna. Perhatikan desain produk, pastikan orang mengetahui bahwa itu merupakan bisnis makanan berupa warung bakso. Bentuk sederhana namun penuh makna sudah menjadi tren saat ini.
Selanjutnya Gunakan pula perpaduan warna yang tepat. Contohnya memadukan warna bernuansa terang dan redup. Pemilihan warnanya tidak harus ramai dan banyak warna. Yang penting adalah sesuai dengan tema yang ingin dihadirkan logo tersebut, sehingga tidak menjadi norak.
🔗 Baca Juga: Logo Pisang Keju: Strategi Visual Biar Jajananmu Nggak Cuma Gurih, Tapi Juga Terkenal!
3. Menentukan Font yang Cocok
Penggunaan font juga wajib diperhatikan ketika membuat logo warung bakso. Bentuk tulisan ini akan membuat logo semakin menarik, atau justru sebaliknya. Besar kecil dari ukuran, keseimbangan, hingga bentuk perlu dipertimbangkan sebelum digunakan.
4. Merancang Desain yang Unik
Walaupun sederhana, namun logo tetap perlu memiliki keunikannya tersendiri, sehingga tidak bisa disamakan dengan produk lain. Kreasikan ide dari berbagai sumber referensi, ditambah dengan karakteristik personal. Hasilkan keunikan agar tidak menjiplak.
Itulah informasi tentang pentingnya menggunakan logo warung bakso beserta tips membuatnya. Selanjutnya untuk membuatnya di jasa desain logo juga tidak dapat dilakukan asal-asalan. Meski keberadaannya penting, namun pembuatannya perlu melalui pertimbangan matang sehingga mempengaruhi psikologis konsumen.

Penulis sekaligus pelaku usaha mandiri di industri kreatif sejak 2013, dengan pengalaman di bidang konveksi, digital printing, franchise kuliner, serta strategi pemasaran berbasis SEO dan SEM.
๐ Lihat Profil Lengkap