Jika ingin usaha yang dijalankan cepat dikenali oleh para pelanggan, maka para pengusaha perlu membuat logo yang memiliki asosiasi dengan usaha. Seperti halnya dalam pembuatan logo toko ikan, harus ada elemen yang khas dan identik dengan toko ikan.
Beberapa bentuk memang memiliki asosiasi yang langsung terhubung dengan makna atau kesan tertentu. Dengan menggunakan elemen-elemen ini, para konsumen langsung mengetahui usaha yang dijalankan adalah toko ikan. Berikut adalah berbagai elemen khas tersebut:
1. Gambar Ilustrasi Ikan
Elemen pertama yang banyak digunakan bahkan harus ada pada logo toko ikan adalah gambar ilustrasi ikan itu sendiri. Menggunakan gambar yang berupa ilustrasi ikan untuk logo lebih ideal, daripada menggunakan foto atau gambar ikan asli.
Karena tampilan ilustrasi akan terlihat lebih modern, dan lebih mudah dikenali oleh para calon konsumen. Selain itu, tampilan ilustrasi juga lebih memudahkan para pengusaha untuk menyebarkan logo dari berbagai media publikasi karena kualitas gambar yang stabil.
2. Gambar Ilustrasi Alat Pancing
Toko ikan biasanya tidak hanya menjual ikan-ikan hias saja, sekaligus peralatan memancing, umpan, aquarium, dan berbagai peralatan lainnya di bidang memancing. Karena itu, tidak ada salahnya untuk menambahkan ilustrasi alat pancing pada logo.
Dengan menambahkan ilustrasi ini, bisa memberikan kesan bahwa toko ikan merupakan toko yang lengkap. Jadi tidak hanya menyediakan ikan hias saja, namun juga peralatan lain yang berhubungan dengan dunia ikan. Ilustrasi ini juga bisa membuat tampilan logo tidak membosankan.
3. Penggunaan Shade Warna Biru dan Cerah
Ikan yang hidup di air memiliki hubungan erat dengan shade warna biru dan warna tenang lainnya. Karena itu, banyak logo untuk toko ikan yang menggunakan warna shade biru. Walaupun, begitu pilihan shade ini hanya bersifat opsional.
Jasa desain logo bisa menggunakan berbagai shade lain sesuai dengan jenis atau desain ikan yang ingin dijadikan objek logo. Namun, memang lebih baik menambahkan unsur biru pada logo untuk toko ikan. Hal ini agar toko ikan lebih terasosiasi dengan makhluk laut atau air.
4. Nama Toko pada Logo
Karena penggunaan ilustrasi ikan dan alat pancing yang sudah umum untuk toko ikan. Kadang, para calon konsumen akan kesulitan untuk membedakan logo yang dimiliki oleh para pengusaha toko ikan. Karena itu, adanya nama toko ikan pada logo menjadi penting.
Mungkin, memang ada perbedaan desain dan bentuk ilustrasi yang digunakan oleh toko ikan satu dan toko ikan lainnya. Namun, dengan adanya nama toko, maka semakin jelas logo tersebut milik toko ikan yang mana.
5. Font Tebal yang Tegas dan Terbaca
Ilustrasi ikan dan juga alat pancing merupakan detail yang mencolok pada logo. Hal ini kadang membuat nama toko pada logo kurang disadari oleh para calon konsumen. Karena itu, jenis font yang direkomendasikan untuk logo ini adalah font yang tebal dan tegas.
Dengan begitu, tulisan nama toko pada logo tidak tertelan oleh desain logo yang ada di atasnya. Para calon konsumen pun bisa dengan mudah mengetahui nama toko ikan. Jadi, tidak hanya sekedar mengenali atau bisa mengasosiasikan logo dengan toko ikan saja.
Itulah berbagai elemen yang khas dan banyak digunakan untuk logo toko ikan. Elemen di atas sangat berhubungan dengan bisnis toko ikan. Penggunaannya bisa meningkatkan keefektifan promosi dengan menggunakan logo.