Bagi yang memiliki hobi membaca dan sering berkunjung ke toko buku, pasti sudah familiar dengan beberapa logo toko buku yang populer di Indonesia. Popularitasnya membuat masyarakat sudah familiar dengan font dan warna yang dipakai sebagai identitas toko buku.
Logo toko buku biasanya hanya berupa nama toko bukunya, atau simbol berbentuk huruf. Logo-logo ini bisa jadi inspirasi pembuatan logo yang simple, namun eye catching dan menjadi ciri khas toko buku tersebut. Beberapa diantaranya akan diulas singkat di bawah ini:
Daftar Isi
1. Gramedia
Logo yang dimiliki toko buku Gramedia cukup sederhana, yaitu huruf G kapital berwarna biru. Dikenal sebagai toko buku terbesar di Indonesia, Gramedia beberapa kali mengubah bentuk logo untuk menyesuaikan dengan zaman.
Perubahan logo tersebut kadang disesuaikan dengan perayaan yang ada, seperti hari kemerdekaan, hari raya keagamaan, dan hari libur Nasional lainnya.
Meski begitu, Gramedia tetap konsisten pada huruf G kapitalnya. Makna dari logo tersebut adalah fleksibilitas, kreativitas, perubahan, kemajuan, dan kekuatan.
Dengan logonya yang tegas dan fleksibel, Gramedia selalu berusaha memberikan inspirasi sebagai bagian dari kemajuan literasi Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan keberhasilan Gramedia memimpin tren toko buku di Indonesia.
2. Mizan Store
Hampir sama dengan Gramedia, Mizan Store juga memakai huruf sebagai logo dari tokonya. Mizan Store memilih huruf M dengan nuansa warna merah. Karena warna biru sudah dipakai untuk logo perusahaan penerbitannya yaitu Mizan Publishing House.