Bagi yang memiliki hobi membaca dan sering berkunjung ke toko buku, pasti sudah familiar dengan beberapa logo toko buku yang populer di Indonesia. Popularitasnya membuat masyarakat sudah familiar dengan font dan warna yang dipakai sebagai identitas toko buku.
Logo toko buku biasanya hanya berupa nama toko bukunya, atau simbol berbentuk huruf. Logo-logo ini bisa jadi inspirasi pembuatan logo yang simple, namun eye catching dan menjadi ciri khas toko buku tersebut. Beberapa diantaranya akan diulas singkat di bawah ini:
1. Gramedia
Logo yang dimiliki toko buku Gramedia cukup sederhana, yaitu huruf G kapital berwarna biru. Dikenal sebagai toko buku terbesar di Indonesia, Gramedia beberapa kali mengubah bentuk logo untuk menyesuaikan dengan zaman.
Perubahan logo tersebut kadang disesuaikan dengan perayaan yang ada, seperti hari kemerdekaan, hari raya keagamaan, dan hari libur Nasional lainnya.
Meski begitu, Gramedia tetap konsisten pada huruf G kapitalnya. Makna dari logo tersebut adalah fleksibilitas, kreativitas, perubahan, kemajuan, dan kekuatan.
Dengan logonya yang tegas dan fleksibel, Gramedia selalu berusaha memberikan inspirasi sebagai bagian dari kemajuan literasi Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan keberhasilan Gramedia memimpin tren toko buku di Indonesia.
2. Mizan Store
Hampir sama dengan Gramedia, Mizan Store juga memakai huruf sebagai logo dari tokonya. Mizan Store memilih huruf M dengan nuansa warna merah. Karena warna biru sudah dipakai untuk logo perusahaan penerbitannya yaitu Mizan Publishing House.
Dengan menuliskan tagline ‘Where Books are a Click Away’, Mizan Store menunjukan identitasnya sebagai toko buku online terpercaya.
Warna merah yang dipilih menunjukan energi, kekuatan, dan kepercayaan diri. Warna merah tersebut dipilih oleh Mizan Store dipadu dengan warna putih dan shape bulat.
Tak jarang, toko ini lebih memilih menampilkan tulisan Mizan Store saja. Sama seperti anak perusahaan Mizan lainnya, dengan menampilkan tulisan utuh pelanggan bisa tahu apakah hal tersebut merepresentasikan toko atau penerbitan.
3. Togamas
Toko buku Togamas menonjolkan bentuk sapuan kuas dengan arah vertikal dan horizontal sehingga terbentuk menjadi huruf T. Logo tersebut dibalut dengan bentuk lingkaran tak sempurna yang miring ke dalam dan tiga garis sapuan kuas.
Identitas yang ditunjukkan oleh Togamas adalah ‘Toko Buku Diskon’, sehingga kalimat ini selalu muncul menyertai logonya.
Karena identitasnya sebagai toko buku yang memberikan harga murah, toko ini banyak digemari oleh pelajar dan mahasiswa.
Meski lebih dikenal karena kehadiran toko fisiknya, Togamas juga aktif berjualan secara online. Dengan tujuan untuk memperluas jangkauannya dengan memperhatikan prinsip toko buku yang murah.
4. Periplus
Toko buku periplus membuka banyak toko di mall dan juga penjualan online. Periplus Bookstore memiliki logo toko buku berupa huruf P dan ikon plus di atasnya.
Logo tersebut hanya dijadikan foto profil pada toko-toko di marketplace. Sementara di toko fisiknya, Periplus menunjukan tulisan Periplus Bookstore berwarna hitam dengan font yang elegan.
Dari setiap toko buku, yang menjadi ciri khas adalah font yang dipakai. Meksi font yang dipakai sederhana dan mudah ditiru, namun masyarakat sudah bisa membedakan font untuk logo toko buku tertentu.
5. BukaBuku.com
Toko buku lainnya yang sudah melekat dihati masyarakat Indonesia adalah bukabuku.com. Situs ini merupakan marketplace khusus untuk membeli buku.
Logo yang dimiliki hanya memunculkan tulisan bukabuku.com berwarna coklat. Dengan vektor garis melengkung di kanan bawah dan kiri atas.
Pilihan warna coklat yang merupakan warna bumi menunjukan kesan nyaman dan hangat. Toko ini berusaha untuk mendapatkan hati pelanggan dengan logo yang sederhana namun terlihat eksklusif.
Demikian ulasan mengenai 5 logo toko buku populer di Indonesia yang sudah sering kita lihat di tokonya. Jika pembaca tengah mencari inspirasi logo toko buku, maka hal tersebut bisa ditiru, atau berkonsultasilah pada jasa desain logo yang terpercaya.