Toko buah adalah bisnis yang umum ditemui, agar bisnis menjadi lebih mencolok dan menarik perhatian. Maka, diperlukan logo toko buah yang bisa menunjang branding dari bisnis. Karena cukup umum, maka ada elemen desain yang mudah diasosiasikan dengan bisnis ini.
Elemen-elemen ini sering digunakan berulang pada logo untuk toko buah. Pada akhirnya, sering kali ada kemiripan antara logo toko satu dan logo lainnya. Hal ini membuat kekhasan logo yang dimiliki toko berkurang
Elemen yang Sering Muncul Pada Logo Toko Buah
Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa elemen yang sering muncul pada logo untuk toko buah. Untuk dapat memaksimalkan tampilannya dan membuatnya lebih unik. Jasa desain logo harus mengetahui elemennya terlebih dahulu. Berikut adalah penjelasannya:
1. Gambar Buah-Buahan yang Umum
Tentu saja, tidak bisa membuat logo untuk toko buah jika tidak ada gambar buah di dalamnya. Banyak pembuat logo yang memilih buah yang umum dan mudah dikenali bentuknya. Misalnya saja, pisang, apel dan sebagainya.
Buah-buahan yang umum ini pasti sering ditemukan oleh para konsumen ada pada logo bisnis toko buah. Walaupun, muncul dengan gaya yang berbeda namun bentuknya tetap sama.
2. Warna-Warna yang Cerah dan MenarikĀ
Pada dasarnya warna buah umumnya cerah dan menarik. Menyesuaikan penggunaan elemen ini pada logo. Maka, pada umumnya logo menggunakan warna cerah dan menyesuaikan dengan warna alami buah.
Misalnya, jika ada elemen buah apel warna yang digunakan adalah kuning atau hijau. Jika ada elemen buah pisang maka yang digunakan adalah range warna kuning.
3. Menggunakan Font dengan Gaya yang Fresh
Mengikuti warna cerah dan kesan fresh dari logo. Font yang digunakan pun biasanya bergaya fresh dan menyegarkan. Font ini digunakan juga dengan tujuan untuk menimbulkan kesan yang menyegarkan identik dengan buah-buahan.
Tips Membuat Logo Untuk Toko Buah Anti Mainstream
Seperti yang disebutkan sebelumnya, karena banyak elemen yang sama. Rawan sekali ditemukan kemiripan antara satu logo dengan logo lainnya. Sebenarnya, tidak ada salahnya menggunakan elemen yang sama.
Namun, sebaiknya para pembuat logo memodifikasi tampilan atau memberikan sentuhan lain pada logo. Berikut adalah tips sederhana untuk mewujudkan hal tersebut:
1. Gunakan Konsep yang Lain
Bisnis toko buah sudah terlalu sering menggunakan konsep toko yang fresh dan segar. Karena itu, ada baiknya untuk menggunakan konsep logo yang lainnya, namun tetap terasosiasi dengan buah. Misalnya, konsep buah premium yang cenderung menggunakan warna gelap dan metalik.
Mungkin juga konsep modern dan plastik yang biasanya menggunakan range warna yang netral. Walaupun elemen sama, tapi jika disajikan dengan cara yang berbeda akan menjadi unik juga.
2. Lakukan Riset Terlebih Dahulu Pada Logo Bisnis Lain
Sebelum membuat logo untuk toko buah sendiri, lebih baik untuk melakukan riset kecil. Cari tahu, model logo seperti apa yang umumnya digunakan oleh sebagian besar toko buah lainnya. Para pembuat logo bisa mengadopsi ide dari hasil riset tersebut.
Kemudian, mengurangi elemen yang terlalu mirip di antara semua logo yang sudah di riset. Akan lebih mudah, menciptakan logo yang fresh jika sudah mempelajari logo yang lama.
Itulah berbagai elemen yang sering kali ditemukan pada logo toko buah. Tidak hanya itu saja, dibahas juga tips untuk memaksimalkannya. Untuk menghasilkan logo terbaik, para pemilik bisnis bisa menyerahkannya pada jasa yang profesional.