Logo toko besi biasanya dibuat berdasarkan penggambaran atau visi dan misi dari toko tersebut. Pasti selalu ada makna atau filosofi tertentu dari logo yang dibuat yang bertujuan untuk menciptakan sifat brand.
Logo juga harus memiliki ciri khas agar tidak sama dengan logo brand lain termasuk pada toko besi. Jika kesulitan untuk mendesain logo sendiri, pemilik brand dapat memesan di jasa desain logo.
Pentingnya Logo pada Bisnis Toko Besi
Toko besi hadir untuk menjual berbagai jenis besi yang diperlukan. Dimulai dari bahan mentah sampai dengan bahan jadi bisa dipesan. Ada juga yang memesan sesuai dengan rancangan kebutuhan seperti produk industri, modular, dan produk teknik.
Produk industri meliputi stainless, dan plat lubang besi. Untuk modular meliputi sink, dan bench sedangkan produk teknik meliputi termometer dan manometer.
Memiliki logo adalah sebuah keharusan bagi pemilik jika ingin memasarkan bisnisnya. Logo dapat dijadikan sebagai image dari sebuah brand terutama toko besi.
Hal itu guna untuk membedakan antara toko besi yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, logo yang unik dapat membuat konsumen tertarik.
Contoh brand toko besi yang terkenal, yaitu Simply Stainless, Fuji, Nikko Steel, dan lainnya. Brand tersebut memiliki logo yang sangat menarik sehingga image yang ditampilkan dapat menarik pembeli.
Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Logo Toko Besi
Logo adalah salah satu bagian penting untuk mempromosikan sebuah brand terutama toko besi. Sebelum membuat logo ada hal yang harus diperhatikan untuk membuat logo bagus dan sesuai.
1. Menentukan Tujuan dan Fokus Logo
Pemilik toko harus paham tujuan dan harus menentukan image apa yang ingin dibangun dan orang ketahui tentang bisnisnya. Karena fungsi dari logo adalah sebagai sarana branding.
Banyak orang yang akan mengenal brand toko melalui logo. Pemilik harus menentukan image apa yang ingin ditunjukkan dari logo yang dibuat ke khalayak. Ada beberapa poin yang dapat membantu menentukan fokus dari logo brand, yaitu:
- Temukan keunggulan dari toko besi yang dimiliki.
- Alasan pemilik mendirikan toko besi.
- Buat 3 kata yang mendeskripsikan toko besi yang dimiliki.
- Temukan hal spesial yang tidak dimiliki oleh toko lainnya.
2. Carilah Inspirasi dan Cek Kompetitor
Dalam membuat desain logo adalah hal yang wajar jika mencari inspirasi dari logo lainnya. Hal itu berguna supaya mendapat sedikit gambaran mengenai logo yang mau dibuat.
Setelah itu lakukan analisa untuk mengetahui alasan kenapa logo itu bisa menarik perhatian konsumen. Namun, jika tidak ingin ribet berpikir dan menganalisa, bisa meminta bantuan jasa desain logo untuk mengaksesnya.
3. Perhatikan Font, Style, dan Warna dalam Membuat Logo
Dalam membuat logo pemilihan font, style ataupun warna sangat mempengaruhi image dari logo brand itu sendiri. Untuk logo toko besi bisa menggunakan teknik desain proximity dengan memakai warna hitam sebagai pemisah bentuk.
Sedangkan untuk pemilihan warna dapat mengambil warna hitam agar terlihat maskulin. Untuk pemilihan font disarankan memakai sans serif untuk memberi kesan kaku dan tebal seperti besi yang kokoh.
4. Mengecek Kembali Logo yang Dibuat
Setelah selesai membuat rancangan desain logo, maka pemilik harus mengecek kembali apakah logonya sudah sesuai. Ada 5 kategori yang harus diperhatikan saat melakukan pengecekan, yaitu:
- Merepresentasikan image dari bisnis.
- Unik
- Mudah untuk diingat.
- Dapat digunakan di berbagai platform.
- Dapat dipakai untuk waktu yang lama.
Jika tidak sesuai dengan 5 kategori di atas, maka harus merevisi desain yang sudah dibuat. Jika menggunakan jasa desain logo jangan ragu untuk meminta revisi sesuai dengan kesepakatan.
Inilah penjelasan terkait logo toko besi untuk meningkatkan branding. Pemilik harus memikirkan image apa yang ingin ditampilkan melalui logo brand agar menarik minat konsumen.