Beberapa bentuk memiliki asosiasi yang langsung terhubung dengan kesan tertentu. Hal tersebutlah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat logo salon kecantikan. Ada berbagai elemen yang memang sangat khas dan berhubungan dengan usaha salon kecantikan.
Dengan menggunakan elemen-elemen ini, para konsumen langsung mengetahui bahwa logo tersebut milik usaha kecantikan. Kesan logo jadi lebih terfokus dan para pelanggan langsung mengetahui jasa yang disediakan. Berikut adalah berbagai elemen yang khas untuk logo ini, diantaranya:
1. Rambut Wanita yang Panjang
Rambut wanita yang panjang dan menjuntai adalah elemen yang khas pada logo salon kecantikan. Seperti yang diketahui, rambut panjang ada ikon kecantikan dari perempuan. Karena itu, menunjukkan rambut panjang bisa langsung mengasosiasikannya pada salon.
Selain itu, ikon ini langsung menunjukkan objek yaitu untuk kecantikan rambut terutama bagi wanita. Jadi, para konsumen bisa langsung menyesuaikan dengan kebutuhannya dan mendapatkan kesan akan mendapatkan rambut yang cantik dan panjang dengan layanan salon.
2. Warna dengan Shade Feminim dan Elegan
Karena salon kecantikan biasanya ditujukan untuk para perempuan yang ingin meningkatkan penampilan. Elemen warna yang digunakan, biasanya adalah shade yang feminim dan elegan. Shade yang umum digunakan untuk logo ini adalah pink, ungu, dan shade merah.
Warna-warna ini terlihat manis, namun tidak kekanak-kanakan. Menonjolkan kesan cantik yang dewasa dan feminim pada logo. Tanpa menyebabkan kesan tidak dewasa, pada pelayanan yang diberikan.
Untuk menunjukkan kesan pelayanan yang premium, jasa desain logo bisa menggunakan warna dengan kesan elegan. Misalnya, perpaduan warna emas dan hitam untuk menunjukkan kelas dari pelayanan salon.
3. Ikon Bunga-Bunga yang Feminim
Bunga merupakan ikon yang selalu diasosiasikan dengan perempuan terutama pada aspek kecantikan. Karena itu, tidak adalah salahnya untuk memasukkan elemen bunga pada logo untuk salon kecantikan.
Selain untuk menimbulkan kesan yang feminim, bunga bisa memberikan kesan yang manis sekaligus elegan pada logo. Jadi, logo tidak terlihat kaku dan juga terlalu formal, terlihat lebih luwes untuk ditempatkan di berbagai media publikasi.
4. Font yang Klasik dan Elegan
Untuk menunjukan kesan cantik dan elegan, font yang digunakan untuk logo usaha ini lebih cocok untuk menggunakan gaya yang klasik dan elegan. Karena, jika menggunakan font yang terlihat sederhana atau dengan gaya yang manis akan melemahkan kesan cantik dari logo.
Font yang digunakan biasanya memiliki gaya yang lancip dan klasik. Kadang juga menggunakan font dengan bentuk yang menjuntai. Penggunaan font sendiri memang menyesuaikan dengan gaya logo yang digunakan.
Font yang bisa digunakan dan memiliki gaya ini sangatlah beragam. Biasanya Britannic, Cambria, dan berbagai pilihan font lain yang biasa di custom khusus untuk logo.
5. Kata ‘Beauty’ pada Tagline
Kata ‘Beauty’ menjadi tagline yang paling banyak digunakan, untuk melengkapi logo untuk usaha salon kecantikan. Walaupun terkesan overused atau banyak digunakan, kata beauty ternyata masih efektif untuk menonjolkan pelayanan kecantikan pada salon.
Elemen kata ‘Beauty’ juga bisa meng highlight layanan dari salon, yang memang bisa membuat tampilan para pelanggannya menjadi semakin cantik. Biasanya, kata ‘Beauty’ ini digunakan sebagai bagian nama salon atau sebagai tagline saja.
Itulah berbagai elemen yang khas dan banyak digunakan untuk logo salon kecantikan. Penggunaan elemen-elemen di atas bisa menjadi solusi untuk langsung menunjukkan identitas usaha salon kecantikan. Walaupun, sudah banyak digunakan elemen di atas terbukti masih efektif.