Logo nasi kuning mempunyai peran penting dalam mempromosikan produk. Logo adalah wajah bagi brand sebuah produk termasuk makanan. Apalagi sekarang semakin banyak kompetitor dengan produk-produknya yang menarik.
Untuk mendesain sebuah logo diperlukan kreativitas serta visi yang jelas. Salah satu komponen penting dalam pembuatan logo makanan yaitu pada warnanya. Selengkapnya dapat simak penjelasan di bawah ini.
Peran Logo Nasi Kuning dalam Menaikkan Branding
Dalam segi marketing peran logo cukup penting untuk meningkatkan branding produk. Kenapa demikian? Karena logo yang pertama kali dilihat oleh konsumen. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai peran logo untuk brand nasi kuning dapat disimak sebagai berikut:
1. Membedakan Produknya dengan Produk Merk Lain
Keunikan produk merupakan hal penting dilakukan agar konsumen dapat membedakan antara produk sendiri dengan merk orang lain. Hal itu dilakukan untuk membuat konsumen lebih tertarik dengan produk sendiri.
Dengan keunikan yang dimiliki maka akan membuat konsumen mudah mengingat produknya. Karena itulah desain logo harus unik dan sejalan dengan identitas produk yang ditunjukkan.
2. Brand Mudah Dikenali Konsumen
Memasarkan sebuah produk melalui logo brand akan berdampak baik bagi brand tersebut. Biasanya masyarakat akan cenderung lebih percaya dan memilih untuk membeli produk yang sudah memiliki merk.
Apalagi logo dan kemasannya sangat lucu dan unik sehingga menarik perhatian pembeli. Hal itu akan memudahkan pembeli mengenali dan mengingat brand tersebut. Konsumen juga percaya bahwa brand yang sudah terkenal memiliki produk yang lebih berkualitas.
Namun, tidak semua pemilik jago untuk mendesain logo. Pemilik bisa segera mengunjungi website yang menyediakan jasa desain logo yang memiliki ulasan yang bagus dan bisa dipercaya.
3. Mempengaruhi Psikologis Pembeli
Dari yang sudah dijelaskan sebelumnya cukup terlihat bahwa logo bisa mempengaruhi kondisi psikologis pembeli. Dengan kemasan dan logo yang menarik itulah yang membuat konsumen ingin membeli.
Padahal belum tentu produk yang dibeli sesuai dengan kebutuhan, tapi karena kemasannya menarik akhirnya membelinya. Apalagi kalau bukan psikologisnya yang sudah terpengaruh oleh brand tersebut.
Pentingnya Pemilihan Warna Logo Nasi Kuning
Membuat logo tidak jauh dari warna. Sejatinya warna dapat membuat logo menjadi menarik. Namun, jika salah memadukan satu warna dengan warna lain maka bisa saja membuat produk tersebut menjadi membosankan. Berikut pentingnya memilih warna dalam mendesain logo, yaitu:
1. Memberi Kesan yang Nyaman
Pada saat membuat logo untuk brand makanan, warna akan sangat berpengaruh terhadap kesan dari konsumen. Jika kombinasi warna pada logo cocok maka dapat meningkatkan penjualan. Kombinasi warna yang tepat memberikan kesan nyaman dan indah bagi konsumen.
Bahkan terkadang konsumen bisa melihat bahwa produk yang dijual enak hanya karena warnanya sangat cocok. Misal pada logo produk nasi kuning pasti tidak jauh dari warna kuning dan sedikit warna merah. Dan tak jarang menggunakan sedikit warna hijau.
Sehingga membuat produk tersebut terlihat eye catchy dan merasa nyaman melihatnya. Ditambah dengan bentuk desainnya yang unik pasti akan meningkatkan minat konsumen.
2. Menjadi Petunjuk
Ketika memilih bentuk dan warna untuk logo brand makanan maka dapat menjadi petunjuk bagi konsumen terkait produk yang ditawarkan. Petunjuk yang dimaksud bisa terkait dengan rasa, jenis produk, dan sebagainya.
Misal pada logo brand nasi kuning menggunakan warna kuning sesuai dengan produk yang ditawarkan. Lalu terdapat gambar animasi orang yang merupakan pemilik usaha. Ataupun memasang gambar sepiring nasi yang menunjukkan produk yang dijual.
Sekian penjelasan terkait peran dan pentingnya pemilihan warna logo nasi kuning untuk dari sisi promosi dan branding. Disarankan pemilik untuk menggunakan warna merah, kuning, ataupun hijau dalam membuat logo untuk brand makanan agar terlihat menarik.