Pernahkah terbesit pikiran untuk membuat logo makanan ringan? Logo adalah gambar yang mempunyai arti dan filosofi. Sebuah tempat usaha yang memakai logo pada produknya akan lebih dikenal luas.
Terlebih, bagi yang menjalankan bisnis makanan ringan akan merasa lebih profit ketika bisnis tersebut memakai logo. Apalagi, tidak mudah bagi seorang pengusaha mengembangkan bisnis yang digelutinya.
Oleh karena itu, logo sangat dibutuhkan untuk mempromosikan bisnis ke lebih banyak konsumen. Untuk mendapatkan logo yang berkualitas, maka jalan yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan jasa desain logo profesional.
Manfaat Memiliki Logo Makanan Ringan
Logo makanan ringan sangat bermanfaat untuk menunjang bisnis kuliner yang sedang dirintis. Oleh karena itu, terdapat manfaat yang akan didapat oleh pengusaha ketika menggunakan logo sebagai alat promosi antara lain:
1. Berfungsi Untuk Menarik Perhatian
Saat mempromosikan suatu barang ataupun produk, perhatian yang diberikan oleh konsumen cenderung singkat. Sehingga perusahaan hanya mendapatkan waktu sebanyak 2 detik untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang ditawarkan layak diperhatikan.
Maka dari itu perusahaan membutuhkan logo yang berfungsi untuk menarik perhatian konsumen dengan cepat. Terlebih lagi, logo juga sangat berguna untuk mengkomunikasikan nilai inti perusahaan secara baik dan menarik.
Perlu diketahui bahwa adanya rentang perhatian yang singkat bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan. Tentunya hal tersebut bisa didapatkan, jika perusahaan memiliki logo dengan desain cantik.
2. Memberikan Kesan Pertama yang Kuat
Perlu diketahui bahwa adanya logo berfungsi untuk pengenalan pertama mengenai perusahaan kepada konsumen. Apabila logo mendapatkan rancangan yang baik maka bisa memunculkan minat konsumen dalam mengenal perusahaan.
Memunculkan kesan pertama merupakan cara supaya segera mengimunisasikan kepemilikan pada produk maupun jasa yang telah dijual. Menggunakan gambaran atau simbol tertentu membuat konsumen bisa menebak produk yang dijual saat mengaitkannya dengan nama perusahaan.
3. Sebagai Dasar Dari Identitas Merek
Dalam dunia bisnis semua perusahaan membutuhkan pencitraan brand yang kuat. Jika pencitraan brand ingin berjalan dengan sukses, maka perusahaan harus bisa menceritakan kisah yang dapat mempengaruhi emosi konsumen.
Menceritakan kisah suatu brand bisa disampaikan dengan melalui logo. Hal tersebut dikarenakan logo berguna sebagai dasar dari keseluruhan narasi ketika brand dari perusahaan itu dibangun.
Salah satu logo yang sudah melekat dengan identitas brand perusahaan adalah logo KFC yang menggambarkan Kolonel Sanders. Di mana dalam logo KFC terdapat narasi cerita menarik di balik kisah emosional logo tersebut.
Dengan logo makanan ringan KFC membuat semua orang mengetahui kisah perjalanan hidup Kolonel Sanders yang mengalami kesulitan. Sehingga Kolonel Sanders berhasil menemukan resep ayam lezat yang sampai kini disukai oleh semua kalangan.
4. Membuat Brand Mudah Untuk Diingat
Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa logo telah menggambarkan identitas suatu perusahaan. Dengan kata lain, logo digunakan sebagai simbol kepada konsumen untuk mengenal brand perusahaan.
Ketika membangun sebuah bisnis pastikan bahwa logo yang dibuat mudah untuk diingat. Maka dari itu, konsumen bisa ikut mengingat–ingat tentang lini bisnis yang telah dilakukan oleh suatu perusahaan.
5. Memisahkan Perusahaan Dari Kompetisi
Dalam dunia bisnis kompetisi menjadi suatu hal yang wajar. Semua pebisnis akan berkompetisi untuk mendapatkan keuntungan terbanyak.
Adanya kompetisi membuat para pebisnis dituntut untuk membuat logo yang berbeda dari yang lain. Hal tersebut bertujuan, supaya konsumen menganggap bahwa logo yang telah dibuat memiliki kesan unik.
Kriteria Desain Logo yang Baik
Membuat logo penting untuk memaksimalkan bisnis. Pengusaha yang bergerak di bidang kuliner juga sewajarnya memakai logo.
Terdapat kriteria bagi seorang pengusaha yang ingin menggunakan logo sebagai nilai dan identitas bisnisnya. Berikut adalah kriterianya antara lain:
- Logo haruslah mudah dikenali dan dibuat lebih berkesan.
- Kesan yang mendalam. Ukiran pada logo haruslah memiliki makna dan membuat konsumen mengingat produk dalam jangka lama.
- Mengikat produk dalam trend yang terus berkembang hingga konsumen akan tetap loyal membeli produk makanan ringan.
- Kemudahan aplikasi. Logo yang dibuat disarankan dapat diubah ukuran dalam berbagai format yang nantinya akan memudahkan pengusaha dalam mencetaknya.
- Ketepatan sasaran. Logo untuk bisnis makanan ringan haruslah disesuaikan dengan tujuannya yang berarti desain lebih kompleks ke makanan.
Logo adalah salah satu media untuk memperkenalkan produk yang dibuat kepada masyarakat luas. Bagi pengusaha kuliner, maka penting untuk membuat logo makanan ringan semenarik mungkin yang akan digunakan sebagai media promosi.