Dalam pemasaran suatu produk, logo kemasan produk dapat menentukan tingkatan penjualan produk tersebut. Oleh karena itu, pengusaha hendaknya dapat mendesain logo kemasan dengan cantik dan menarik.
Logo kemasan untuk produk bisa dirancang sendiri oleh pemilik produk ataupun menggunakan jasa desain logo. Terlepas dari bagaimana cara mendapatkan desain logo, yang terpenting adalah mengetahui fungsi dan pentingnya logo.
Pentingnya Logo Kemasan Suatu Produk
Logo kemasan produk merupakan salah satu komponen dalam pemasaran produk yang tidak bisa dianggap remeh. Berikut ini pentingnya logo kemasan pada suatu produk antara lain:
1. Produk Gampang Diingat Target Pasar
Suatu logo yang dibuat untuk suatu produk harus mengandung simbol-simbol yang diingat oleh target pasar yang dituju. Dengan demikian, target pasar akan mengingat produk melalui logo kemasan produk.
Jika logo suatu kemasan mudah diingat oleh target pasar, kemungkinan besar konsumen akan membeli produk tersebut. Terlebih konsumen terkadang lebih mengenal logo daripada nama merek suatu produk.
2. Logo Harus Memiliki Keunikan Dari Produk Pesaing
Desain logo yang unik dan berbeda membuat target pasar yang dituju akan lebih cepat mengenal produk. Terlebih lagi jika logo yang didesain dengan kreatif sesuai dengan tema produknya.
Pengusaha harus memiliki tema khusus dalam suatu produk yang diproduksi dan dipasarkan. Tema produk yang menarik dilengkapi dengan desain produk kreatif menambah ketertarikan calon konsumen.
3. Logo Bersifat Tetap Dan Tidak Berubah-Ubah
Dalam menentukan desain suatu logo untuk kemasan produk penting untuk memilih desain terbaik. Hal ini dilakukan agar suatu saat pemilik produk tidak akan berpikiran untuk merubah logo produknya.
Perubahan logo suatu produk lebih cenderung akan membuat konsumen sulit mengenal produk. Hal ini disebabkan karena ketika akan membeli suatu produk kebanyakan konsumen mengingat logo produknya.
Tips Dalam Mendesain Logo Kemasan
Dalam mendesain logo pasti terdapat tips khusus dalam mendesain agar pemilihan logo yang digunakan tepat. Berikut ini tips dalam mendesain atau memilih desain logo kemasan produk antara lain:
1. Membuat Konsep Terlebih Dahulu
Sebelum mendesain logo salah satu yang perlu diperhatikan dengan baik adalah membuat konsep. Logo yang didesain harus memiliki konsep dengan tema yang menarik.
Konsep logo yang kreatif dan menarik akan menambah nilai tersendiri bagi produk. Dengan konsep ini juga pengusaha bisa menyesuaikan logo kemasan dengan isi produk.
2. Melakukan Riset Pasar Dan Logo Pesaing
Setelah mendapatkan konsep yang tepat, hal penting lain dalam mendesain logo adalah riset pasar. Melakukan riset pasar juga akan mendatangkan inspirasi desain logo kemasan produk seperti apa yang cocok.
Mengamati berbagai logo pesaing yang memproduksi jenis produk yang sama juga penting. Dengan demikian, pengusaha bisa menambahkan ciri khas logo produknya dibandingkan dengan logo pesaing.
3. Tidak Takut Dalam Bereksperimen
Ketika akan menyusun suatu logo kemasan produk, pengusaha tidak perlu takut untuk bereksperimen. Pengusaha bebas mencoba membuat berbagai jenis desain logo kemasan suatu produk.
Hasil eksperimen yang dilakukan dalam membuat desain logo kemasan tersebut nantinya bisa dipilih yang terbaik. Logo terbaik bisa dipilih dan dijadikan logo produk yang dibuat.
Mengetahui peran dari logo kemasan produk membuat pengusaha tidak akan menganggap remeh kemasan produk yang diproduksi. Dengan demikian pengusaha akan mendesain kemasan produknya semenarik mungkin.
Dalam memilih desain kemasan produk tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pemilihan desain yang salah bisa membuat produk malah tidak laku dan bisa saja akan menjadi kerugian.