Dalam pembuatan logo sebuah bisnis, ada beberapa elemen yang sengaja digunakan karena adanya asosiasi yang kuat. Seperti dalam pembuatan logo donat ada berbagai elemen yang bisa dihubungkan dan menjadi khas dari pembuatan logo ini.
Elemen-elemen ini pun sering muncul dan digunakan dalam logo sebuah bisnis penjualan donat. Jika dilakukan secara berulang, maka akan mudah ditemukan konsep dan bentuk yang sama dari logo-logo bisnis donat.
Elemen yang Khas pada Logo Donat
Ada berbagai elemen desain yang dengan mudah dihubungkan dengan makanan donat. Berikut adalah beberapa elemen desain yang paling sering muncul dalam pembuatan logo ini. Elemen ini banyak digunakan bahkan oleh brand donat yang besar dan terkenal. Berikut ulasannya:
1. Gambar Donat di Dalamnya
Sebuah logo yang diperuntukkan untuk bisnis donat tentu saja harus memuat gambar donat di dalamnya. Donat memiliki bentuk yang sederhana yaitu lingkaran dengan lubang ditengahnya.
Bentuknya sendiri sudah ikonik sehingga mudah dimasukkan menjadi elemen desain di dalam logo. Apalagi, gambar donat mudah dihadirkan dalam berbagai gaya mulai dari konsep modern, cute, dan berbagai konsep lainnya.
2. Menuliskan Kata ‘Donat’ pada Logo
Untuk logo yang menuliskan nama brandnya, biasanya akan ditambahkan kata ‘Donat’. Kemudian, huruf ‘O’ pada kata tersebut diganti dengan gambar ‘Donat’. Selain memperjelas produk apa yang dijual. Teknik ini juga membuat logo jadi lebih menarik.
Namun, sayangnya jika terlalu sering digunakan. Teknik pembuatan logo yang seperti ini bisa kehilangan kekhasannya dan tidak menjadi hal yang ciri khas lagi.
3. Warna yang Cerah dan Manis
Donat adalah makanan yang manis dan enak, kesan inilah yang sering kali ditunjukkan pada berbagai logo donat. Karena itu, range warnanya biasanya menggunakan warna yang cerah dengan kesan manis. Misalnya, pink, coklat, dan kuning.
Tips Kreasikan Logo untuk Donat
Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika sering muncul. Maka elemen desain pada logo tersebut akan menjadi sesuatu yang mainstream. Hal ini bisa menyebabkan logo tidak spesifik dan malah terasa membosankan.
Berikut adalah tips simple yang bisa dilakukan oleh jasa desain logo untuk mengkreasikan logo yang akan dibuat. Walaupun elemennya sama, namun tampilannya bisa lebih segar.
1. Gunakan Warna Gelap Untuk Kesan Premium
Selama ini pembuat logo donat selalu mengandalkan warna-warna cerah dan mencolok untuk menarik perhatian pelanggan. Harapannya, untuk menimbulkan kesan fresh dan manis seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Padahal, sebuah bisnis donat tidak harus memiliki konsep yang manis dan fresh. Logo bisa menimbulkan kesan yang premium dan super. Dengan mengandalkan sisi konsep yang berbeda, logo bisa digunakan dengan warna-warna gelap.
Warna yang seperti ini tidak kalah menarik dengan logo yang berwarna cerah. Bahkan, bisa lebih menarik perhatian karena tampilannya yang berbeda.
5. Jangan Gunakan Terlalu Banyak Elemen
Karena ingin menimbulkan kesan yang ceria dan menyenangkan. Kadang para pembuat logo membuat kesalahan dengan menggunakan terlalu banyak elemen dalam logo. Padahal, penggunaan elemen harus dibatasi.
Bahkan, semakin sedikit elemen yang digunakan semakin baik. Karena memang pada dasarnya logo harus dibuat sederhana agar mudah diingat oleh para pelanggan.
Dengan banyaknya elemen yang sering muncul pada logo donat, maka para pemilik bisnis harus berpikir keras agar logo bisa tampil unik. Orang biasa pasti tidak bisa menerapkan ide kreatif dengan sempurna. Karena itu, penting untuk menggunakan jasa profesional membuat logo.