Bisnis atau usaha minuman sedang merajalela, mulai dari perusahaan internasional sampai yang lokal bersaing merebut hati konsumen. Sejumlah brand membuat logo mereka, agar mudah diingat konsumen. Mari lihat beberapa logo brand minuman dari segi filosofinya:
1. Starbucks
Logo starbucks dikenal menjadi yang paling ikonik karena memang brand ini punya suatu hal yang sangat kuat. Sampai ke logo dari brand mereka pun menjadi ciri khas tersendiri. Siapa yang tidak ingat dengan logo bulatan hijau dengan gambar seorang perempuan di tengahnya.
Logo starbucks sendiri memiliki 2 warna dasar yaitu hijau dan putih untuk yang sekarang. Namun sebenarnya starbucks sudah mengalami 4 kali perubahan logo dari tahun 1971.
Awalnya logo starbucks berwarna coklat dengan tulisan starbucks coffee di sekeliling lingkaran tersebut. Dan ditengahnya, ada sosok seperti duyung yang sebenarnya adalah siren.
Siren sendiri adalah suatu makhluk dalam mitologi Yunani yang hidup di dalam air mirip seperti putri duyung. Hingga kini siren tersebut masih dipertahankan dan wajahnya menjadi simbol ikonik dari starbucks itu sendiri.
2. Chatime
Logo brand minuman selanjutnya yang akan dibahas disini adalah minuman teh yang masih hits sampai sekarang yaitu Chatime. Sejak awal kemunculannya di china sana, Chatime punya logo yang unik dan menggunakan tulisan mandarin berwarna ungu dan dibawahnya ada tulisan dalam tulisan alphabet.
Kini logo chatime masih bertahan dan belum mengalami perubahan lagi. Masih didominasi warna ungu sebagai warna dasar dari logo brand mereka.
Yakni dengan menonjolkan nama brand chatime dengan font yang unik ala chatime. Disamping sebelah tulisan chatime tersebutlah, terdapat bentuk daun teh yang menandakan menu minuman andalan mereka yang berbahan dasar teh.
3. Kopi Kenangan
Bagi para penikmat kopi pasti sudah tak asing dengan nama kopi kenangan. Brand ini hadir sebagai brand minuman kopi asli dari Indonesia.
Nama kopinya juga cukup kekinian dan sangat memperhatikan anak muda jika dilihat dari penamaan menu-menu andalannya. Brand ini identik dengan bentuk hati yang berwarna merah yang imut dan lucu.
Namun sebenarnya jauh dari itu, gambar hati itu mengandung makna lain. Menurut CEO mereka hati yang berwarna merah tersebut bukan menandakan cinta, namun itu adalah hati yang berdarah-darah karena kenangan dari mantan.
4. Coca Cola
Minuman bersoda yang legendaris satu ini akan menjadi pelengkap yang pas untuk pembahasan kali ini. Sebagai brand minuman terkenal coca-cola, memiliki sebuah logo yang sangat melekat di ingatan para konsumennya.
Desain logo coca-cola ini dibuat sangat bermakna karena terdiri dari warna merah yang melambangkan suatu gairah dan tekad yang kuat. Selain merah ada juga warna putih yang melambangkan pesona dari merek minuman bersoda ini, kedua warna tersebut menjadi satu padu dalam logo coca-cola.
Untuk tulisan coca-cola sendiri dibuat pada awalnya dengan font spencer ala tulisan tangan. Pada era tersebut, font ini sangat khas karena seperti tulisan tangan dan sangat khas saat dilihat.
5. Pepsi
Brand soda yang satu ini terkenal cukup nasionalis. Terbukti dengan hadirnya logo mereka yang didominasi oleh 3 warna yang seragam dengan warna pada bendera Amerika Serikat yaitu biru, putih dan merah. Melalui logo ini, pepsi ingin menyampaikan kesan kesegaran bagi konsumennya.
Itulah sedikit contoh logo brand minuman jika dibahas dari sisi filosofinya. Terbukti beberapa brand yang sudah terkenal memiliki sejarah dan filosofi yang dalam terdapat dalam logo mereka yang dibuat dengan.