Home ยป Penyebab Kenapa Tidak Bisa Mengirim Tugas di Google Classroom dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kenapa Tidak Bisa Mengirim Tugas di Google Classroom dan Cara Mengatasinya

Pengguna dapat berbagi serta mengumpulkan tugas hingga berdiskusi di Google Classroom. Namun, pengguna seringkali kesusahan ketika mengumpulkan. Penyebab kenapa tidak bisa mengirim tugas di Google Classroom bisa terjadi karena sejumlah faktor.

Faktor tersebut bisa berupa koneksi internet buruk, format file tidak cocok hingga overload. Berikut ini pembahasan selengkapnya tentang penyebab tidak dapat mengumpulkan tugas di Classroom serta cara mengatasinya:

Penyebab Tidak Dapat Mengirim Tugas di Google Classroom

Classroom dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna mengirim file tugas. Fitur tersebut tentu bisa membantu proses belajar secara online lebih efisien. Lalu, apa penyebab file tugas tidak bisa dikirim? Berikut penjelasannya:

1. Google Classroom Overload

Penyebab kenapa tidak bisa mengirim tugas di Google Classroom bisa saja karena aplikasi mengalami overload. Kondisi ini terjadi jika pengguna mengirim dalam waktu bersamaan. Hal ini tentu membuat aplikasi lemot dan pengiriman file menjadi tertunda.

Pengguna bisa menghindari overload dengan cara mengirimkan file secara bergantian. Selain itu, ukuran file yang terlalu besar juga menjadi penyebab proses pengiriman lama. Pengguna disarankan untuk melakukan resize file agar bisa terkirim dengan lancar.

2. Koneksi Internet Buruk

Jaringan internet tidak stabil bisa menjadi penyebab file tugas tidak terkirim di Google Classroom. Proses pengiriman file di aplikasi tersebut membutuhkan koneksi internet yang bagus.

Sebaiknya pengguna bisa memperbaiki koneksi internet dengan mengaktifkan airplane mode, lalu mematikan kembali. Jika memakai WiFi, pengguna dapat merestart router terlebih dahulu. Cara tersebut dinilai dapat mengembalikan koneksi internet yang buruk.

3. Tugas Melewati Batas Waktu

Pengguna dapat mengatur deadline atau batas waktu pengumpulan tugas di Google Classroom. Biasanya tugas tidak dapat terkirim karena telah melebihi batas waktu pengumpulan. Jadi, pengguna disarankan untuk mengumpulkan file tepat waktu.

4. Format File Tidak Sesuai

Pengguna dapat leluasa berbagi file dengan orang lain di Google Classroom. Namun, pengguna sering kali gagal mengumpulkan file tersebut karena formatnya tidak sesuai. Format yang bisa digunakan di Classroom seperti pdf., doc., jpg., dan lainnya.

Oleh karena itu, pengguna disarankan untuk memeriksa format sebelum mengirimkan tugas. Pengguna juga bisa mengkonversi file tersebut ke format yang sesuai lewat aplikasi maupun website online di internet.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Tersebut?

Setelah mengetahui penyebabnya, pengguna perlu mengetahui cara untuk mengatasi masalah tersebut. Pengguna bahkan bisa mengatasinya sendiri berdasarkan masalah yang dialami.

Apabila mengalami koneksi internet buruk, pengguna dapat memeriksa kondisinya terlebih dahulu. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh provider jaringan yang mengalami gangguan. Pengguna bisa mengganti koneksi ke WiFi atau paket data agar file cepat terkirim.

Google Classroom dapat menampung puluhan orang, sehingga rawan lemot atau overload. Masalah tersebut bisa diatasi dengan bergantian ketika mengirim tugas. Selain itu, hindari menghindari mengirim file dalam jumlah banyak sekaligus.

Pengguna bisa bergantian dengan orang lain sampai Classroom normal. Sebaiknya hindari mengumpulkan tugas di mendekati jam deadline. Jadi, pasukan pengguna menyelesaikannya sebelum batas waktu yang ditentukan.

Tidak hanya itu, format file yang tidak sesuai sering menjadi masalah tugas tidak terkirim di Google Classroom. Sebaiknya pengguna mengecek format sebelum mengirim file. Pengguna juga bisa mengubah format agar sesuai format lewat website serta aplikasi.

Demikian pembahasan mengenai faktor kenapa tidak bisa mengirim tugas di Google Classroom. Pengguna bisa memperbaikinya dengan gampang sesuai masalah yang terjadi. Perhatikan pula ketentuannya agar file bisa dikumpulkan tanpa kendala di Classroom.

error: Content is protected !!