Home ยป Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan? Mari Simak Apa Saja Penyebabnya!

Kenapa Filter Instagram Tidak Bisa Digunakan? Mari Simak Apa Saja Penyebabnya!

Aplikasi Instagram memang terkenal dengan banyak filter yang dapat digunakan, lalu kenapa filter instagram tidak bisa digunakan dan diaplikasikan? Mungkin beberapa pengguna pernah mengalami hal ini. Hingga menimbulkan banyak pertanyaan mengenai apa penyebabnya.

Filter instagram sendiri menjadi salah satu yang sering banyak dipakai. Dengan adanya masalah seperti ini, tentu akan membuat pengguna Instagram sedikit panik. Karena ini, pengguna dapat menyimak beberapa penyebabnya dan tips mengatasinya.

Penyebab Filter Tidak Bisa Digunakan

Pembahasan pertama yang akan diuraikan kali ini adalah mengenai penyebab ke apa filter di aplikasi Instagram tidak dapat digunakan. Dengan mengetahui apa saja penyebabnya sekiranya pengguna bisa tahu cara mengatasinya. Jadi, mari simak ulasannya.

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Masalah yang kemungkinan terjadi dan menjadi penyebab dari masalah ini adalah karena koneksi internet tidak stabil. Hal ini menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi. Karena aplikasi Instagram sendiri membutuhkan kekuatan internet yang cukup tinggi.

Jika koneksi internet saat itu tidak stabil, maka kemungkinan pengguna tidak bisa mengakses filter instagram. Bahkan bukan hanya filter saja yang tak dapat diakses atau tidak bisa digunakan. Namun mungkin juga untuk beberapa fitur lainnya.

2. Aplikasi Yang Digunakan Belum Diupdate

Lalu penyebab kedua yang juga bisa saja terjadi adalah aplikasi Instagram yang digunakan belum Diupdate. Perlu pengguna ketahui, bahwa aplikasi yang diperbarui sering membawa perubahan baru. Sehingga jika tidak diperbaharui, maka bisa membuat Instagram lemot.

Jika masalah yang didapatkan seperti ini, maka bisa mengakibatkan filter yang ada di dalamnya tidak dapat diakses. Sebab itu, pastikan bahwa aplikasi Instagram yang digunakan merupakan versi terbaru. Atau bisa update terlebih dahulu.

3. Terlalu Banyak Cache

Lalu permasalahan ketiga yang juga bisa menjadi penyebab filter tidak dapat digunakan adalah karena banyak cache terutama pada aplikasi Instagram. Karena banyaknya cache kadang akan membuat perangkat lemot. Sehingga sulit untuk mengakses sesuatu.

4. Pemilik Memblokir Akses

Lalu pada urutan keempat mengenai penyebab kenapa filter instagram tidak bisa digunakan adalah karena pemilik telah memblokir filter. Kadang memang pemilik hanya memberikan akses pada negara tertentu saja. Atau hanya bertindak untuk geolokasi.

5. Perangkat Yang Digunakan Sudah Lemah

Kemudian penyebab berikutnya yang juga menjadi kemungkinan berikutnya adalah perangkat yang digunakan sudah lemah. Kata lemah di sini bisa berarti dalam beberapa hal. Seperti perangkat yang digunakan merupakan versi lama.

Jika hp yang digunakan versi lama, maka kemungkinan kapasitas memori juga sudah kecil. Hingga membuat animasi atau filter tersebut tidak kompatibel pada perangkat ini. Jadi, pastikan apakah masalah ini yang tengah terjadi.

Tips Mengatasi Filter yang Tidak Bisa Digunakan

Jika sudah tahu beberapa penyebab yang kemungkinan terjadi, maka kali ini akan diuraikan beberapa tips mengatasinya. Tentu tips ini dapat disesuaikan dengan masalah yang tengah terjadi. Sehingga kemungkinan akan berhasil.

  • Tips pertama, pengguna dapat coba untuk menutup aplikasi di latar belakang, lebih bagus lagi jika restart ponsel untuk mengosongkan ram.
  • Jika aplikasinya merupakan versi lama, maka upaya untuk mengatasinya adalah dengan mengupdate aplikasi.
  • Lalu pastikan juga bahwa jaringan seluler di atau koneksi internet yang digunakan saat itu tengah stabil.
  • Jika yang menjadi masalah adalah karena kebanyakan file besar, maka bisa coba untuk bersihkan memori internal, atau cara lainnya.

Demikian adalah penyebab kenapa filter instagram tidak bisa digunakan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Sudah dijelaskan juga tips-tips yang sekiranya dapat pengguna gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga pengguna tidak perlu risau lagi.

error: Content is protected !!