Home » Ketahui 5 Kelemahan Usaha Menjahit yang Perlu Diwaspadai

Ketahui 5 Kelemahan Usaha Menjahit yang Perlu Diwaspadai

Mempunyai sebuah keterampilan untuk menjahit memang bisa dimanfaatkan untuk menjadi ladang usaha. Namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui sejumlah kelemahan usaha menjahit yang dapat menjadi resiko atau penghambat bisnis bisa berkembang pesat.

Mengingat pekerjaan sebagai penjahit tidak jauh berbeda dari pekerjaan lainnya, tentunya memiliki sisi kelebihan maupun kekurangannya.

Dengan mengetahui beberapa kelemahan dari usaha yang ditekuninya, maka bisa menyiapkan sejumlah langkah sebagai bentuk antisipasi. Tentunya jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada bisnis yang dimiliki, maka dampaknya dapat diminimalisir.

Bagi yang ingin mengetahui informasi tentang jajaran kelemahan yang dimiliki oleh usaha menjahit, dapat menyimak ulasan berikut:

1. Usaha Mulai Ditinggalkan

Bentuk kelemahan usaha jasa menjahit yang pertama ini memang telah banyak dijumpai karena generasi saat ini jarang sekali yang berminat untuk menjadi seorang penjahit. Mengingat kebutuhan orang pada masa sekarang yang ingin serba instan dan cepat, termasuk dalam hal berpakaian.

Pasalnya jika memilih menggunakan jasa penjahit untuk membuat pakaian yang diinginkan. Tentu akan memakan waktu yang tidak sebentar supaya busana tersebut jadi dan siap dikenakan. Hingga dari kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli busana langsung jadi yang banyak ditawarkan oleh sejumlah toko fashion.

2. Pendapatan Tidak Menentu

Umumnya usaha menjahit memang dari segi pendapatan bisa dibilang naik turun, dimana terkadang ramai serta tidak jarang juga sepi pelanggan. Terlebih lagi orang yang berminat menjahitkan baju hanya di waktu tertentu saja.

Diantaranya seperti saat hari Kartini, acara tunangan ataupun pernikahan saudara, hingga acara idul fitri dan lainnya. Di lain hari tersebut dapat dikatakan bahwa permintaan menjahit cenderung mengalami sepi pelanggan. Sedikit banyak perkara semacam ini cukup mempengaruhi pendapatan dari penjahit itu sendiri.

3. Sulit Berkembang

Pada dasarnya terdapat banyak nama penjahit yang cukup berbakat untuk merancang beragam busana menarik. Namun yang terkenal diantara penjahit tersebut hanya segelintir saja. Beberapa faktor memang melatarbelakangi perkara tersebut dapat terjadi.

Misalnya saja seperti kurangnya melek teknologi dari sang penjahit, terutama bagi yang tinggal di pedesaan. Pasalnya seorang penjahit yang tinggal di desa hanya melakukan pemasaran dengan mengandalkan informasi dari mulut ke mulut. Padahal teknologi dapat membantu kegiatan promosi tersebut ke pasar yang lebih luas lagi.

4. Mahalnya Harga Bahan Serta Produksi

Kelemahan yang dimiliki oleh usaha menjahit salah satunya juga terletak pada alat serta bahan yang cukup mahal. Misalnya saja seperti mesin jahit, kebutuhan listrik, dan lainnya. Yang menjadi permasalahan adalah ketika permintaan tengah dalam keadaan sepi, sehingga pendapatan tidak sesuai harapan. Terlebih lagi jika harus membayar karyawan, tempat usaha dan lainnya.

BACA JUGA:

5. Tantangan Perkembangan Zaman

Adanya teknologi dapat membuat berbagai aktivitas menjadi lebih mudah dan cepat. Namun dengan catatan jika orang bersangkutan mampu mengimbangi teknologi yang terus mengalami perkembangan tersebut. Akan tetapi jika tidak mampu, besar kemungkinan usaha yang dijalani akan tergerus oleh semakin majunya perkembangan zaman.

Hal ini juga terjadi pada usaha menjahit, sehingga promosi melalui sejumlah platform cukup dibutuhkan mengingat saat ini banyak orang yang lebih memilih dunia digital. Selain itu supaya usaha menjahit yang dimiliki juga tidak ketinggalan dari usaha lainnya.

Demikian ulasan tentang kelemahan usaha menjahit yang perlu diwaspadai. Umumnya bisnis menjahit tidak jauh berbeda dari bisnis lainnya yang menawarkan sejumlah keuntungan namun terdapat juga resiko yang harus diperhatikan.

Seorang penjahit tidak perlu berkecil hati dengan sejumlah kelemahan di atas, pasalnya perkara tersebut dapat ditangani, salah satunya jika penjahit lebih gencar mempromosikan usahanya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!