Home » 5 Kelemahan Usaha Jus Buah yang Harus Diketahui

5 Kelemahan Usaha Jus Buah yang Harus Diketahui

Usaha minuman saat ini sangatlah banyak, sehingga mengakibatkan banyak pesaing dalam bisnis tersebut. Para pebisnis sering lupa akan kelemahan usaha jus buah yang sering kali membuat kerugian. Hal tersebut merupakan permasalahan yang tidak bisa untuk dihindari, di antaranya yaitu:

1. Ketersediaan Pemasok Buah

Kelemahan usaha jus buah yang pertama adalah tersedianya pemasok buah yang akan menjadi bahan dasar dari pembuatan jus.Tidak semua jenis buah selalu ada, terdapat beberapa buah yang hanya bisa diperoleh pada musim tertentu. Ketergantungan akan musim ini akan mempengaruhi penjualan yang terjadi.

Pelanggan yang menginginkan jus dengan rasa buah tertentu akan merasa kecewa dan beralih pada tempat lain yang menyediakannya. Pekerjaan ekstra dibutuhkan dalam mendapatkan buah-buahan yang hanya ada pada musim tertentu saja. Hal inilah yang akan menjadi persaingan antar pengusaha dalam merebut hati pelanggannya.

kelemahan usaha jus buah 2

2. Musim Hujan

Cuaca yang tidak menentu dapat menjadi ancaman bagi beberapa pengusaha, termasuk penjual jus buah. Ketika hujan melanda, minta pelanggan terhadap minuman dingin seperti jus akan berkurang. Orang-orang pasti banyak akan memilih minuman hangat ketimbang jus. Hal tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh.

Tidak hanya itu pada cuaca yang dingin hanya sebagian orang saja yang masih mau untuk meminum jus. Sangat jarang bagi orang biasanya untuk menikmati minuman segar saat cuaca buruk. Termasuk ke dalam permasalah yang tidak bisa dihindari dan juga tidak akan bisa untuk diatasi.

3. Penggunaan Listrik

Blender adalah hal pokok kedua yang dibutuhkan setelah buah, tidak mungkin seorang pengusaha tidak membutuhkan alat yang satu ini. Hal yang menjadi permasalahan yaitu penggunaan listrik setiap saat. Apabila pembeli lebih dari satu orang maka bisa pembuatan jus dalam jumlah banyak namun jika hanya sedikit maka  yang terjadi pemborosan listrik.

Kondisi tersebut tentu berdampak pada tingginya jumlah tagihan listrik yang membesar. Terlebih lagi jika terjadi pemadaman listrik, maka usaha tersebut tidak bisa berjalan. Terdapat biaya tambahan untuk menyewa genset sementara hingga listrik kembali normal.

kelemahan usaha jus buah 2

4. Buah Cepat Busuk

Daya tahan buah yang terletak di sebuah etalase pajangan tentu tidak bisa bertahan dalam jangka panjang. Berbeda dengan penggunaan kulkas pendingin yang bisa menyimpan buah lebih lama. Hal menarik tentu diperlukan dalam setiap usaha, cara yang biasanya dilakukan yaitu dengan memajang berbagai jenis buah.

Tata letak serta pengaturan buah dapat menarik minat pelanggan untuk membeli jus, namun yang disayangkan adalah buah akan cepat busuk. Permasalahan tersebut akan terus terjadi setiap hari  dan begitu terus selanjutnya. Tidak ada solusi yang benar-benar efektif dalam menjaga keutuhan dari buah selain dengan menjaga kelembabannya.

BACA JUGA:

5. Kenaikan Harga

Terakhir permasalah yang kerap dialami oleh para pengusaha yaitu naiknya harga bahan pokok. Tidak hanya buah yang mengalami kenaikan harga, namun juga pendukungnya seperti gula, dan susu. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan yang wajib ada, sehingga tidak mungkin untuk meninggalkannya ke dalam daftar belanjaan.

Permasalahan baru pun akan kembali muncul, dengan naiknya harga akan mempengaruhi harga jual jus. Membuat banyak pebisnis yang memutar otak untuk dapat mencari solusi permasalahan tersebut. Sering kecurangan terjadi setelahnya dengan mengganti beberapa bahan dengan menggunakan pemanis buatan demi menjaga harga jual yang telah ditetapkan.

Itulah kelemahan usaha jus buah yang harus diketahui oleh para calon pengusaha yang tertarik akan bisnis tersebut. Pelajari strategi dan taktik untuk dapat menghindari segala resiko kemungkinan rugi. Cobalah untuk melakukan analisis dan perbandingan terhadap beberapa peluang usaha, sehingga dapat memastikan pilihan terbaik dalam mengawali bisnis yang tepat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!