Home ยป Kartu Tri Sudah Registrasi Tapi Tidak Bisa Internet! Inilah 7 Penyebabnya

Kartu Tri Sudah Registrasi Tapi Tidak Bisa Internet! Inilah 7 Penyebabnya

Bagi para pengguna yang memilih kartu Tri pasti karena faktor pilihan paketan yang murah. Meski begitu, ada kalanya kartu Tri sudah registrasi tapi tidak bisa internet. Faktor penyebab adanya masalah tersebut dapat diperhatikan berikut ini:

1. APN Masih Kosong

Jangan meremehkan apabila terdapat notifikasi Access Point Name masih kosong. Hal ini dikarenakan fungsinya sebagai sistem pengaturan koneksi. Sistem tersebut yang menghubungkan jaringan seluler perangkat ke jaringan internet.

Biasanya APN masih kosong karena pengguna sempat berpindah jenis operator. Sebagai contoh, sebelum memakai Tri pengguna membeli Telkomsel ataupun XL. Oleh karena itu, coba isi Access Point Name di aplikasi Pengaturan atau Setting tiap perangkat.

2. Waktu di Perangkat Tidak Sesuai dengan Sebenarnya

Apabila salah mengatur waktu HP dan tidak sesuai dengan daerah di mana pengguna berada, maka paketan biasanya tidak bisa tersambung. Pasalnya permintaan sertifikat untuk memakai jaringan internet bisa jadi kadaluarsa.

Kemungkinan pengguna salah atau belum mengatur waktu perangkat saat keluar kota. Maka dari itu, segera atur dengan jam dan tanggal yang sesuai. Di samping itu, pengguna juga bisa mengaktifkan penyesuaian waktu ponsel secara otomatis.

3. Ada Gangguan Sinyal

Meskipun paket datanya termasuk yang paling murah, sinyal Tri sering mengalami masalah jaringan. Hal ini juga kerap terjadi di banyak daerah pada waktu tengah malam. Kemungkinan Tri sedang mengalami perbaikan agar layanannya semakin lancar.

Biasanya ketika ada gangguan, sinyal nampak penuh tetapi tidak bisa mengakses semua aplikasi yang butuh internet. Bila hal tersebut terjadi coba tunggu saja terlebih dahulu sampai bisa dan coba tanyakan ke sesama pemakai Tri.

4. Kartu SIM Rusak

Alasan mengapa kartu Tri sudah registrasi tapi tidak bisa internet yang ada di urutan keempat adalah SIM Card yang bermasalah. Hal tersebut bisa terjadi jika kartu sudah dipakai sekitar 5 tahun atau lebih dari itu.

Maka dari itu, SIM Card harus dijaga dengan baik. Jangan sampai terlalu sering terkena panas atau kasar ketika memasangkannya ke perangkat. Tetapi bila sudah terlanjur rusak, segera beli penggantinya di konter.

5. Paket Internet Inactive

Setelah membeli kuota, pastikan layanannya serta data seluler perangkat sudah aktif. Bila belum diaktifkan tentu pengguna tidak bisa mengakses internet dengan kuota dari paket tersebut meskipun sudah registrasi kartu.

Solusi dari masalah tersebut yakni pengguna harus melakukan aktivasi lewat SMS ke nomor 234. Lakukan hal tersebut hingga muncul notifikasi aktivasi paket data sukses. Selain itu, pengguna dapat mengunjungi konter yang menjual paket dan menanyakannya.

6. Jaringan sudah Kadaluarsa

Bagi para pemakai layanan Tri yang sudah lama memakai kartu yang sama sudah pasti memiliki masalah jaringan yang kadaluarsa. Pasalnya baru-baru ini pihak Tri mengharuskan semua penggunanya berpindah ke layanan 4G LTE.

Oleh karena itu, terdapat beberapa paketan yang tidak bisa diakses serta layanan internet semakin lemot. Sebaiknya pengguna segera mengurus pergantian kartu untuk pindah ke jaringan baru. Namun jangan khawatir karena nomor tidak akan berubah.

7. Registrasi Kartu Gagal

Faktor penyebab yang ada pada daftar ketujuh yaitu registrasi kartu yang gagal. Hal ini terjadi jika pengguna tidak benar-benar memperhatikan saat melakukan proses registrasi. Akibatnya layanan data seluler tidak bisa dipakai walau sudah dinyalakan.

Pengguna bisa melakukan registrasi ulang hingga berhasil sepenuhnya. Bila sudah terdaftar biasanya sudah bisa melakukan cek kuota. Proses registrasi juga bisa dibantu oleh yang lebih paham seperti penjaga konter HP.

Itu dia alasan mengapa kartu Tri sudah registrasi tapi tidak bisa internet. Apabila mengalami salah satu dari tujuh faktor penyebab yang ada di atas, segera tuntaskan masalahnya.

error: Content is protected !!