Home » Cara Jualan Baju Online Bagi Pemula Dijamin Laris Manis

Cara Jualan Baju Online Bagi Pemula Dijamin Laris Manis

Bisnis jualan baju secara online selalu menjadi pilihan setiap orang, karena dinilai memberikan peluang keuntungan yang menjanjikan. Modal untuk berjualan pakaian juga tidak begitu besar, sehingga menjadi salah satu hal yang juga menarik perhatian. Memulai bisnis baju online juga perlu mempertimbangkan beberapa hal agar bisnis dapat berkembang dan sukses.

Beragam style atau model pakaian yang terus saja upgrade, pastinya mengundang minat banyak orang untuk mengikuti tren yang ada dengan membeli pakaian tersebut. Banyaknya aplikasi atau web e-commerce juga turut membantu memudahkan seseorang dalam menjualkan produknya. Sebelum memulai bisnis baju online, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut:

Carilah Supplier

cara jualan baju online

Untuk memulai bisnis jualan online baju bagi pemula dengan modal yang kecil, mengambil produk dari supplier menjadi tips yang bisa dicoba. Tidak perlu repot mendesain pakaian, memilih jenis kain, ataupun menjahitnya.

Cukup dengan menaruh modal uang untuk membeli atau mengambil produk jadi dari supplier sesuai keinginan. Proses mencari supplier atau pemasok produk dapat dilakukan dengan sistem reseller ataupun dropship, begini penjelasannya:

1. Sistem Reseller

Sistem reseller berarti menjualkan barang dari supplier tanpa menyetok produk terlebih dahulu. Sebelumnya reseller perlu memberikan komisi yang bisa ditentukan sendiri dan disepakati bersama supplier. Seorang reseller bisa membeli barang dari supplier ketika ada pesanan dari customer atau pelanggan dengan harga kulak yang relatif murah.

2. Sistem Dropshipper

Berbeda dengan reseller, menggunakan sistem dropshipper bisa dibilang merupakan bisnis online tanpa modal sama sekali, melainkan cukup kuota internet saja. Dropshipper juga bisa disebut sebagai perantara penjual dengan pembeli. Jika ada pembeli yang tertarik, maka dropshipper akan menindaklanjuti kepada supplier untuk mengatur proses pengemasan hingga pengirimannya.

Ambilah Foto Produk yang Menarik

cara jualan baju online 1

Tips untuk memulai bisnis baju online selanjutnya adalah mengambil foto produk yang menarik. Produk yang akan dipromosikan secara online perlu ditampilkan semenarik mungkin. Walaupun kualitas produk pakaian yang dijual online tidak bisa dinilai dari foto saja, namun pengambilan angle foto yang sesuai akan mengundang interesting calon konsumen.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa fotografer. Mengingat, saat ini banyak sekali para fotografer yang memberikan jasanya untuk fokus memotret produk. Skill seorang fotografer yang ahli di bidangnya akan membantu menciptakan hasil foto produk yang keren dan menarik. Banyak sekali jasa product photography yang bisa dijumpai, baik untuk kalangan amatir maupun profesional.

Lakukanlah Promosi di Google atau Media Sosial

cara jualan baju secara online

Google dan beberapa platform media sosial bisa dijadikan sebagai media pendukung untuk melakukan promosi produk bisnis. Insight penjualan dijamin akan meningkat dengan mengetahui trik menggunakan e-commerce dengan baik. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan yang bisa dipahami:

1. Promosi Melalui Google

Cara melakukan promosi melalui Google adalah dengan memanfaatkan Google Ads. Produk-produk yang akan dijual bisa dipromosikan melalui Google Ads yang berbayar. Dengan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan Google, produk bisnis akan mudah dikenal masyarakat online lebih luas.

2. Memanfaatkan Instagram

Selain Google, media sosial yang bisa dijadikan opsi media promosi produk jualan adalah Instagram. Instagram dinilai lebih interaktif dan banyak fitur yang mendukung proses penjualan produk. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Bisnis Profil sehingga insight bisnis bisa terdeteksi. Hindari menggunakan akun pribadi supaya tidak menjadi konten random.

Buatlah Varian Produk di Toko Online Anda Banyak

jualan baju online

Ketika sudah memulai bisnis baju online dan produk sudah berhasil dikenal dan mempunyai pelanggan, cobalah membuat varian produk atau inovasi produk jual yang lebih beragam. Beberapa tips untuk membuat varian produk baju di toko online, antara lain:

1. Model Baju yang Hype

Selalu update desain dan style baju terbaru agar tidak ketinggalan zaman. Selain desain, warna-warna baju yang sedang hype juga bisa menjadi patokan varian produk yang hendak ditambah. Saat ini, warna-warna pastel untuk pakaian sedang hype dan banyak peminatnya.

2. Tetap Fokus dengan Ciri Khas Toko

Fokus pada ciri khas toko yang dimiliki menjadi sangat penting dilakukan. Jika sebelumnya expert di penjualan pakaian muslimah, maka bisa fokus di tren pakaian muslimah saja. Sesuatu yang bisa di upgrade adalah model, desain, ataupun warnanya saja.

Buatlah Brand Anda Sendiri

jualan baju online
branding concept.

Setelah beberapa tips di atas dilakukan, saatnya sekarang untuk membuat brand untuk toko baju online sendiri. Pembuatan brand perlu diperhatikan dengan sebaik mungkin saat memulai bisnis baju online, agar brand tersebut mudah dikenal masyarakat dan menjadi ciri khas produk bisnis. Tahapan dalam menciptakan brand bisa dilalui dengan cara-cara di bawah ini:

1. Menentukan Nama Brand

Sekedar memilih nama untuk brand tidak begitu memiliki pengaruh yang besar. Poin pentingnya adalah ketika membuat nama brand, perlu juga memperhatikan karakteristik dan reputasi sebuah brand yang nantinya akan dikenal dan bernilai di pasaran. Nama brand ini nantinya mempengaruhi desain logo, marketing, termasuk pendaftaran sales merek secara legal.

BACA JUGA: Prospek Usaha Konveksi yang Tidak Ada Matinya

2. Mendesain Logo Brand

Logo untuk brand bisa dibuat dengan memanggil jasa editor desain grafis yang profesional di bidang visualisasi gambar. Brand logo sebaiknya di desain unik, mudah diingat sebagai ciri khas, dan sistematis.

Itulah beberapa tips memulai bisnis jualan baju online yang bisa dilakukan dengan mudah. Mulai kembangkan bisnis dengan tekun dan penuh keyakinan, sebab setiap usaha tentu tidak akan menghianati hasil. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!