Home » Pengertian Internet, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya Untuk Kehidupan dan Bisnis

Pengertian Internet, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya Untuk Kehidupan dan Bisnis

Sekarang ini penggunaan internet sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Entah itu penggunaan, di hp, internet rumah, atau di tempat lainnya karena memang kehadirannya sangatlah penting.

Meskipun sudah sangat sering digunakan, tapi masih jarang yang mengetahui secara menyeluruh tentang hal ini. Bahkan mungkin tidak semua paham dengan kepanjangan, dan bagaimana sejarah singkatnya di Indonesia.

Pengertian Internet

kepanjangan dari internet adalah

Jadi internet adalah suatu jaringan komunikasi yang fungsinya untuk menghubungkan antara satu media elektronik yang satu dengan yang lainnya. Penghubungan yang dilakukan diantara kedua media tersebut dapat terjadi dengan cepat, efisien, dan juga efektif.

Dari jaringan tersebutlah kemudian beberapa informasi akan disampaikan dan dikirim menggunakan sebuah transmisi sinyal, tentunya dengan frekuensi yang sudah disesuaikan. Biasanya di jaringan ini sudah dikenal dengan TCP/IP.

Kepanjangan Internet

Sederhananya internet merupakan kepanjangan dari interconnection networking yang artinya adalah hubungan antara beberapa komputer sampai membentuk satu sistem jaringan. Sistem jaringan ini jangkauannya sangat luas, bahkan bisa sampai ke seluruh dunia.

Sistem komunikasi ini sifatnya global, dan jaringannya tidak terbatas dengan hanya satu wilayah atau satu region tertentu saja. Hal ini berbeda dengan intranet yang merupakan jaringan privat hanya untuk wilayah-wilayah tertentu saja.

Sejarah Internet

Sejarah internet sebenarnya sudah sangat lama di dunia karena masuk pertama kali pada tahun sekitar 1960-an  melalui project ARPA (Advanced Research Project Agency) yang dibawa oleh Departemen Pertahanan Amerika. Selanjutnya mulai digunakan di kampus pada tahun 1980-an.

Lalu pada tahun 1982 mulailah muncul protokol standar TCP/IP, dan tahun 1986 didirikanlah NSFNET (National Science Foundation Network) untuk menggantikan peran ARPANET.  Kemudian tahun 1990, ARPANET mulai resmi diturunkan dan diganti dengan WWW (World Wide Web).

Tidak berapa lama dari tahun itulah, internet mulai menyebar ke seluruh dunia termasuk di Indonesia. Pada tahun 1994 sudah banyak orang terpelajar, dan yang memang memiliki kepentingan menggunakan internet dan dari situlah jaringan ini mulai berkembang di Indonesia sampai sekarang.

Fungsi Internet

internet sejarah

Bisa dikatakan bahwa jaringan ini memiliki banyak sekali fungsi, dari mulai pendidikan sampai komunikasi semuanya merupakan fungsi dari jaringan ini. Bagi yang penasaran apa dengan apa saja fungsinya, berikut ini adalah pembahasannya.

1. Untuk Sarana Komunikasi

Jaringan ini seperti yang dikatakan sebelumnya merupakan jaringan internasional yang artinya semua orang dari seluruh dunia dapat dihubungkan dengan jaringan ini. Jadi, orang-orang sudah tidak perlu repot lagi apabila ingin menjalin komunikasi karena sudah ada internet.

2. Mengakses Informasi

Sudah bukan rahasia umum kalau sekarang ini kecepatan internet semakin baik setiap saatnya. Karena itu hal ini dimanfaatkan untuk mengakses dan mendapatkan sebuah informasi dari mulai informasi tentang kehidupan sehari-hari, sampai tentang pengetahuan terumit sekalipun.

3. Memberikan Kemudahan dalam Hal Edukasi

Karena mudahnya mengakses informasi, maka fungsi lainnya dari internet adalah dapat memberikan kemudahan dalam hal edukasi. Jadi pengguna yang ingin belajar, sekarang tidak perlu repot karena sudah ada jaringan ini yang mempermudah.

4. Membuat Bisnis Menjadi Lebih Mudah

Banyak sekali kemudahan yang ditawarkan apabila memanfaatkan ini sebagai salah satu alat penunjang bisnis online. Apalagi sekarang sudah ada internet banking yang semakin mempermudah semua kegiatan transaksi bisnis, dari mulai pengiriman uang, sampai beberapa kegiatan lainnya.

5. Alamat dan Pemetaan

Sekarang ini mencari alamat sudah bukan lagi sesuatu yang sulit karena adanya jaringan ini. Karena sekarang seseorang dapat mengetahui lokasi tempat di dunia, dan bahkan bisa mendapatkan rute untuk ke tempat tersebut dengan mudah.

6. Sebagai Sarana Hiburan

Terakhir jaringan ini juga bisa digunakan sebagai sarana untuk hiburan, dari mulai menonton video sampai bermain game semuanya bisa dilakukan. Tentu mendapatkan hiburan yang menyenangkan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Manfaat Internet

manfaat internet

Setelah mengetahui fungsinya, sekarang saatnya utuk mengetahui manfaat internet yang tentunya akan sangat memudahkan kehidupan manusia. Karena memang, jaringan ini sendiri hadir dengan tujuan untuk mempermudah segala kegiatan yang dilakukan manusia.

1. Mendapatkan Informasi dengan Lebih Cepat

Karena jaringan ini sekarang untuk mendapat informasi dapat dilakukan dengan lebih cepat. Bahkan kecepatan yang dimiliki ini memungkinkan untuk bertukar informasi hanya dalam satu detik, dan sifatnya real time.

2. Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan

Pengguna dari jaringan ini bisa mendapatkan uang dengan mudah, karena ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan. Dari mulai berjualan, bermain game, sampai bermain aplikasi semuanya bisa dilakukan untuk mendapatkan uang tambahan.

BACA JUGA: Pengertian Iklan, Jenis dan Tujuannya

3. Perbankan, Pembayaran, dan Belanja

Sekarang ini kegiatan perbankan, pembayaran, ataupun belanja bisa dilakukan dengan mudah bahkan pengguna tidak perlu keluar rumah. Hal ini tentu dikarenakan adanya internet banking yang semakin memudahkan kegiatan semua di atas, jadi pengguna hanya tinggal duduk diam saja.

4. Akses Tenaga Kerja Global

Bekerja tidak harus lagi berdasarkan domisili yang dimiliki, karena sekarang sudah bisa bekerja dengan orang lain dari belahan dunia lainnya dengan menggunakan jaringan ini. Karena itu akses tenaga kerja global ini dapat sangat menguntungkan bagi semua pahak.

Jadi itulah tadi internet yang ternyata kehadirannya sudah sangat lama baik itu di dunia dan di Indonesia, dan mampu memberikan banyak sekali fungsi dan manfaat yang apabila tidak dimanfaatkan dengan baik maka tentu menjadi hal yang sangat disayangkan.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!