Home » Mengenal Inkubasi Bisnis, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Inkubasi Bisnis, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi Anda yang baru merintis suatu usaha atau biasa dikenal dengan perusahaan startup, maka manfaatkan inkubasi bisnis yang bisa membantu Anda dalam mempercepat pertumbuhan bisnis tersebut, serta meningkatkan peluang menuju kesuksesan.

Seorang pebisnis handal harus bisa memanfaatkan berbagai peluang, hal tersebut merupakan salah satu sifat wajib untuk dimiliki oleh seorang pengusaha. Peluang yang ada biasanya didapat dari hal-hal sederhana, namun memiliki kesuksesan besar bagi bisnis anda.

Keberlangsungan suatu perusahaan, tentunya membutuhkan dukungan dari perusahaan lain juga. Baik dukungan finansial maupun non finansial, hal tersebut juga memiliki peranan penting bagi setiap pengusaha, yang baru merintis suatu usaha.

Cukup banyak pengusaha muda, mulai berkecimpung dalam dunia bisnis. Dunia bisnis memang tidak mudah ditebak, ada kalanya usaha tertentu mengalami kenaikan, namun tidak jarang juga suatu usaha tertentu juga mengalami penurunan drastis.

Mengenal Inkubasi Bisnis Lebih Jelas

inkubasi bisnis

Untuk mencegah penurunan pada usaha anda, kami akan menjelaskan mengenai inkubasi atau inkubator bisnis yang memiliki pengaruh pada suatu usaha yang sedang Anda geluti. Jika Anda masih asing mendengar kata tersebut, maka kami akan menjelaskannya untuk anda.

Bisa dibilang inkubator bisnis merupakan program sponsor yang diberikan oleh suatu perusahaan, lembaga atau organisasi dengan tujuan mempercepat pertumbuhan perusahaan rintisan untuk mencapai kesuksesan.

Bantuan yang diberikan oleh perusahaan tersebut juga beragam, seperti membantu dalam manajemen akuntansi dan keuangan, akses dan bantuan permodalan, pelatihan bisnis, pengelolaan perusahaan dan budaya perusahaan, pengembangan strategi marketing, dan lainnya.

Bantuan tersebut diberikan dengan tujuan, agar perusahaan startup bisa melewati segala rintangan dan risiko yang biasa dihadapi oleh pebisnis yang baru memulai usaha. Hal tersebut juga bisa membantu suatu perusahaan, dalam mencapai visi dan misi perusahaan.

Dengan adanya program inkubator ini, tentunya setiap perusahaan baru akan merasa terbantu. Dengan mengembangkan bisnis bersama-sama, banyak pengusaha kecil dapat bangkit dari keterpurukan dan bisa melewati segala rintangan dalam mengelola usaha.

Kelebihan yang ada dari Inkubasi Bisnis

inkubasi bisnis

Inkubator bisnis tentunya memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan, kehadiran program ini memang cukup membantu bagi para pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya. Memulai usaha akan jauh lebih mudah, berkat dukungan yang diberikan oleh program ini.

1.   Mendapat Tempat Bisnis Pertama

Jika Anda memanfaatkan program inkubator, maka Anda berpeluang besar untuk mendapatkan tempat usaha pertama yang akan digunakan untuk menjalankan usaha. Tentunya jika hal tersebut dapat didapatkan, maka akan menghemat biaya pengeluaran di awal memulai usaha.

Biasanya saat memulai usaha, modal menjadi hal utama untuk dikumpulkan bagi para pelaku usaha. Dan biasanya modal saat memulai bisnis juga cukup besar, karena begitu banyak hal yang perlu Anda persiapkan.

2.   Mendapat Akses yang Mudah

Keuntungan lain ketika menjalani program inkubasi bisnis adalah, mempermudah Anda dalam mendapatkan akses untuk hal-hal penting agar bisnis lebih cepat berkembang. Selain itu Anda bisa berdiskusi dengan orang-orang berpengalaman, dan akan menambah pengalaman anda.

3.   Tepat dalam Menemukan Investor

Dengan kemudahan akses Anda dapatkan, pebisnis juga bisa tepat dalam menemukan investor. Tentunya mendapatkan investor yang sesuai, selalu diidam-idamkan oleh banyak pelaku usaha yang baru merintis.

Kekurangan dari Inkubasi Bisnis

inkubasi bisnis

Setiap kelebihan pastinya memiliki kekurangan, meskipun program ini memiliki banyak kelebihan dan menguntungkan bagi para pelaku usaha, nyatanya terdapat kekurangan yang dimiliki oleh para pelaku usaha yang baru dalam dunia usaha tersebut.

1.   Sulit untuk Mengikuti Program Inkubator Bisnis

Karena begitu banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan, tentunya banyak pelaku usaha yang ingin mendapatkan program inkubator bisnis yang membuat program inkubator ini menjadi semakin kompetitif.

2.   Membutuhkan Waktu yang Lama

Kekurangan selanjutnya pada program inkubasi bisnis adalah, Anda perlu menyiapkan rencana bisnis yang benar-benar matang dan detail. Dan tentunya hal tersebut membutuhkan waktu cukup lama, agar bisa disetujui oleh penyedia program.

3.   Harus Bisa Beradaptasi dan Mengikuti Arahan

Meskipun terbilang baru di dunia bisnis, Anda harus bisa bersikap profesional. Ketika rencana usaha Anda sudah disetujui, maka Anda harus bisa bersikap profesional dan memiliki komitmen dalam menjalankan bisnis tersebut.

Segala arahan yang diberikan, serta beradaptasi dengan hal baru harus bisa Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan. Anda juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan penyedia program, karena sudah berjasa dalam membantu usaha anda.

BACA JUGA:

Inkubasi Bisnis di Indonesia

inkubasi bisnis

Di Indonesia sendiri, sudah cukup banyak bermunculan perusahaan besar memberikan program inkubator bisnis untuk membantu para pelaku usaha yang baru terjun ke dalam dunia usaha. Program ini sendiri juga diharapkan bisa terus hadir, dan membantu banyak perusahaan start up.

1.   IDX Incubator

Indonesian Stock Exchange atau Bursa Efek Indonesia membuka program inkubator, dengan tujuan membantu perusahaan startup di Indonesia.

Bantuan dari IDX Incubator berupa mentoring kepada pelaku usaha, fasilitas berupa ruang kerja, ruang rapat dan pelatihan, internet serta loker, juga memberikan kemudahan akses ke investor.

2.   Indigo Incubator

Indigo Incubator merupakan program inkubasi bisnis dan dimiliki oleh Telkom Indonesia, dan sudah berjalan sejak tahun 2013. Program ini tentunya sudah banyak membantu para perusahaan rintisan di Indonesia, agar bisa melewati rintangan dalam memulai suatu usaha.

Setelah mendaftar, maka Anda akan melewati berbagai rangkaian tes, seperti tes tertulis dan wawancara. Jika berhasil lolos dalam tes, maka Anda akan menjalani program inkubator selama kurang lebih 6 bulan.

3.   BNV Labs

Program ini merupakan kolaborasi dari Bank Bukopin dan Kibar ini, sudah berjalan sejak tahun 2017. Program ini dikhususkan untuk perusahaan startup, sudah banyak perusahaan bergabung dengan program ini, seperti 8Villages, Olride, Reblood dan lainnya.

Banyak perusahaan besar merasa peduli dengan perusahaan startup, yang sedang berusaha merintis usahanya di dunia bisnis. Tentunya hal tersebut tidak mudah dilakukan, karena perlu melewati banyak rintangan, dan bantuan dari program inkubasi bisnis ini sangat membantu.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!