Home » Inklusi Keuangan Adalah: Definisi, Tujuan Beserta Manfaatnya

Inklusi Keuangan Adalah: Definisi, Tujuan Beserta Manfaatnya

Inklusi keuangan adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan kegiatan ekonomi, seperti belanja, layanan kredit, tarik tunai di ATM dan lainnya. Kegiatan ini sudah menjadi suatu bagian dari kehidupan manusia sehari-hari.

Meskipun sudah sering dilakukan, tapi masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mereka telah melakukan kegiatan inklusi keuangan. Untuk mengetahui apa itu inklusi keuangan, tujuan dan manfaatnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Inklusi Keuangan Adalah Akses Penting untuk Pelaku Bisnis

Menurut Peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Inklusi Keuangan merupakan suatu ketersediaan akses untuk berbagai layanan jasa keuangan, lembaga dan produk. Setiap orang bisa memilih jasa keuangan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Sedangkan, laman resmi Bank Dunia (World Bank) mengungkapkan bahwa inklusi keuangan adalah akses setiap orang atau pelaku bisnis. Agar dapat memanfaatkan layanan maupun produk keuangan untuk memenuhi kebutuhan manusia setiap hari.

Berdasarkan pengertian tersebut, diketahui bahwa inklusi keuangan merupakan suatu kondisi yang memungkinkan seseorang untuk mengakses layanan atau produk jasa keuangan. Misalnya saja, uang elektronik, tabungan, pinjaman dan lainnya.

Tujuan Inklusi Keuangan yang Harus Diketahui

Inklusi Keuangan memiliki empat tujuan yang dijelaskan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76/POJK.07/2016. Berikut ini adalah tujuan inklusi keuangan yang harus Anda ketahui.

  1. Meningkatkan akses masyarakat pada suatu layanan, lembaga atau produk jasa keuangan.
  2. Menyediakan layanan atau produk jasa keuangan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK).
  3. Meningkatkan layanan atau produk jasa keuangan sehingga konsumen bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan dengan pilihan produk maupun layanannya.
  4. Meningkatkan kualitas layanan dan produk jasa keuangan.

Berdasarkan keempat tujuan di atas. Dapat diketahui bahwa tujuan utama inklusi keuangan adalah mencegah adanya ketimpangan ekonomi di berbagai lapisan masyarakat.

Karena bisa memanfaatkan inklusi keuangan. Keberadaan inklusi keuangan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memanfaatkan layanan atau produk keuangan secara menyeluruh.

Manfaat Inklusi Keuangan yang Perlu Dipahami

Selain tujuan tertentu, inklusi keuangan juga mampu memberikan berbagai manfaat untuk kehidupan masyarakat, baik individu maupun pelaku bisnis. Inklusi keuangan adalah bagian penting dalam kehidupan manusia yang semakin berkembang ini.

Setiap lapisan masyarakat bisa mendapatkan manfaat inklusi keuangan apabila menggunakan layanan atau produk yang disediakan jasa keuangan. Hal ini juga tergantung dengan layanan atau produk yang dipilih oleh orang tersebut.

Berdasarkan tujuan inklusi keuangan yang sudah kita jelaskan di atas. Tentu sudah bisa terlihat apa saja manfaat dari inklusi keuangan.

Manfaat utama dari inklusi keuangan adalah memberikan kemudahan masyarakat terkait layanan keuangan. Selain itu, masih ada beberapa manfaat inklusi keuangan yang akan kita simak di bawah ini.

  1. Membantu Meningkatkan Pemerataan Ekonomi

Inklusi keuangan memiliki pengaruh sangat besar terhadap keuangan masyarakat karena mampu membantu pemerataan finansial di seluruh lapisan masyarakat. Jasa keuangan akan menawarkan produk dan layanan pada masyarakat secara luas.

Contoh manfaat inklusi keuangan adalah mengajukan pinjaman pada bank sebagai modal membangun bisnis. Banyak masyarakat yang ingin membuat usaha tapi tidak memiliki modal yang cukup sehingga usaha tidak berjalan dengan lancar.

Kesulitan finansial yang dialami masyarakat terkait modal bisnis bukan menjadi masalah lagi setelah ada jasa keuangan. Masyarakat bahkan bisa menjual aset yang dimilikinya ke jasa keuangan untuk mendapatkan uang sebagai gantinya.

Oleh karena itu, kegiatan inklusi keuangan dapat membantu meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat. Khususnya di kalangan ekonomi menengah ke bawah.

  1. Memberikan Pemahaman pada Masyarakat

Manfaat inklusi keuangan berikutnya adalah memberikan pemahaman pada masyarakat terkait layanan atau produk keuangan yang tersedia. Pemahaman ini sangat penting bagi masyarakat agar mereka memiliki solusi masalah keuangan.

Meskipun zaman sudah berkembang, tapi masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu jasa keuangan, layanan dan produk yang disediakan. Padahal, kehadiran jasa keuangan sangat penting untuk perekonomian masyarakat.

Belajar tentang inklusi keuangan maka akan belajar cara mengelola kondisi keuangan yang baik, membuka rekening bank, mengajukan pinjaman, berinvestasi dan lain sebagainya. Pengelolaan kondisi finansial yang tepat tentu sangat dibutuhkan.

Pemahaman yang tepat tentang keuangan ini juga membantu masyarakat. Agar tidak salah dalam memilih jasa keuangan maupun layanan dan produknya.

  1. Mempersiapkan Rencana Keuangan dengan Baik

Rencana keuangan yang tepat sangat diperlukan untuk masa depan yang lebih terjamin. Menikmati masa sekarang memang tidak salah, tapi kita juga harus memikirkan bagaimana kehidupan masa depan dengan membuat rencana.

Setiap orang berhak menyiapkan rencana keuangan secara matang untuk masa depannya sendiri, keluarga atau lainnya. Misalnya saja, orang tua yang ingin membuka rekening asuransi sebagai bentuk persiapan dana pendidikan anaknya.

Kemudahan mengakses layanan dan produk jasa keuangan tentu memudahkan setiap orang untuk membuat rencana terkait keuangan. Apalagi dengan banyaknya produk dan layanan yang bisa digunakan untuk masa depan yang lebih terjamin.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Negara

Selain itu, manfaat inklusi keuangan adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Manfaat yang diberikan inklusi keuangan tidak hanya dirasakan oleh individu maupun pelaku usaha, melainkan juga wilayah luas atau negara.

Keberadaan inklusi keuangan mampu membuat kondisi ekonomi suatu negara menjadi lebih stabil. Karena kegiatan ekonomi masyarakatnya yang meningkat.

Masyarakat bisa mendapatkan pinjaman modal untuk usahanya yang lebih maju. Modal tambahan ini bisa dimanfaatkan pemilik usaha untuk mencari tenaga kerja sehingga pengangguran di lingkungan usaha berkurang.

Semakin banyak pebisnis yang membuka lowongan kerja maka dapat mengurangi lebih banyak pengangguran. Berkurangnya jumlah pengangguran di suatu negara maka dapat mengurangi kesenjangan sosial di masyarakat.

Banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan ekonomi terkait layanan dan produk jasa keuangan. Inklusi keuangan adalah bentuk kerja sama dari masyarakat, jasa keuangan dan pemerintah untuk memajukan perekonomian bangsa.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!