Home » Inklusi Keuangan Adalah: Definisi, Tujuan Beserta Manfaatnya

Inklusi Keuangan Adalah: Definisi, Tujuan Beserta Manfaatnya

Inklusi keuangan adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan kegiatan ekonomi, seperti belanja, layanan kredit, tarik tunai di ATM dan lainnya. Kegiatan ini sudah menjadi suatu bagian dari kehidupan manusia sehari-hari.

Meskipun sudah sering dilakukan, tapi masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa mereka telah melakukan kegiatan inklusi keuangan. Untuk mengetahui apa itu inklusi keuangan, tujuan dan manfaatnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Daftar Isi

Inklusi Keuangan Adalah Akses Penting untuk Pelaku Bisnis

Menurut Peraturan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Inklusi Keuangan merupakan suatu ketersediaan akses untuk berbagai layanan jasa keuangan, lembaga dan produk. Setiap orang bisa memilih jasa keuangan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Sedangkan, laman resmi Bank Dunia (World Bank) mengungkapkan bahwa inklusi keuangan adalah akses setiap orang atau pelaku bisnis. Agar dapat memanfaatkan layanan maupun produk keuangan untuk memenuhi kebutuhan manusia setiap hari.

BACA JUGA:  Pengertian Saham Adalah? Berikut Arti, Contoh dan Jenis-Jenis Saham

Berdasarkan pengertian tersebut, diketahui bahwa inklusi keuangan merupakan suatu kondisi yang memungkinkan seseorang untuk mengakses layanan atau produk jasa keuangan. Misalnya saja, uang elektronik, tabungan, pinjaman dan lainnya.

Tujuan Inklusi Keuangan yang Harus Diketahui

Inklusi Keuangan memiliki empat tujuan yang dijelaskan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 76/POJK.07/2016. Berikut ini adalah tujuan inklusi keuangan yang harus Anda ketahui.

  1. Meningkatkan akses masyarakat pada suatu layanan, lembaga atau produk jasa keuangan.
  2. Menyediakan layanan atau produk jasa keuangan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK).
  3. Meningkatkan layanan atau produk jasa keuangan sehingga konsumen bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan dengan pilihan produk maupun layanannya.
  4. Meningkatkan kualitas layanan dan produk jasa keuangan.

Berdasarkan keempat tujuan di atas. Dapat diketahui bahwa tujuan utama inklusi keuangan adalah mencegah adanya ketimpangan ekonomi di berbagai lapisan masyarakat.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!