Home » Ini Cara Minimize YouTube Tanpa Aplikasi Agar Makin Leluasa

Ini Cara Minimize YouTube Tanpa Aplikasi Agar Makin Leluasa

Banyak kalanya pengguna ingin mendengarkan lagu YouTube sambil melakukan aktivitas lain. Dengan cara minimize YouTube tanpa aplikasi, hal tersebut bisa dilakukan. Namun masih belum banyak yang mengetahui bagaimana caranya. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa diterapkan:

Cara untuk Minimize YouTube

Sebagai platform yang sangat populer untuk menonton video, jumlah pengguna yang mengakses YouTube setiap harinya sangat masif. Terlebih dengan banyaknya kategori yang bisa dipilih untuk ditonton.

Pada YouTube versi lama, tidak terdapat fitur untuk melakukan minimize. Sehingga pengguna harus membayar biaya berlangganan untuk minimize dengan leluasa. Namun, saat ini pengguna bisa melakukan beberapa alternatif untuk minimize sambil membuka apps lainnya. Ada dua cara yang banyak digunakan, yaitu:

1. Melalui Chrome

Cara yang pertama ini paling banyak menjadi pilihan pengguna karena sangat mudah. Apalagi, pengguna Chrome sangat banyak dan kerapkali menjadi browser bawaan. Untuk minimize YouTube, bisa mengikuti langkah seperti berikut:

  • Buka halaman YouTube melalui browser. Tolak apabila program di smartphone meminta pengguna beralih menuju YouTube versi aplikasi.
  • Di halaman utama YouTube, klik pada menu pengaturan yang berbentuk tiga titik di kanan atas.
  • Dari beberapa pilihan yang tersedia, pilih opsi “Desktop site” (situs desktop). Tujuannya untuk mengaktifkan tampilan layar menjadi seperti desktop.
  • Bila berhasil, tampilan akan terlihat seperti di PC. Berikutnya pengguna bisa memilih salah satu video untuk diputar. Pastikan videonya muncul di bar notifikasi hp.
  • Ketuk tombol home untuk keluar dari halaman Chrome, maka video akan berhenti otomatis.
  • Geser layar notifikasi, kemudian tekan tombol play untuk memutar videonya lagi. Selesai, sekarang pengguna bisa minimize YouTube sambil membuka aplikasi lainnya.
BACA JUGA:  Contoh Deskripsi Youtube Gaming Keren, Mobile Legend, FF

2. Menggunakan Split Screen

Cara pertama adalah menggunakan mode split screen. Beberapa perangkat bisa melakukan ini, sebagian lainnya tidak. Metode ini cukup banyak dipilih oleh pengguna Android. Berikut langkah untuk melakukannya:

  • Masuk ke aplikasi YouTube, lalu putar sebuah video.
  • Lakukan minimize dengan ketuk tombol “Menu” di kiri bawah.
  • Klik pada tulisan “Layar split”, lalu seret (drag) YouTube ke arah atas. Otomatis tampilan YouTube menjadi setengah layar saja. Pengguna bisa menggunakan aplikasi lainnya.

Tips untuk Mengatasi YouTube Tidak Berfungsi

Pada bagian sebelumnya dibahas mengenai cara minimize YouTube tanpa aplikasi. Namun, tidak jarang pengguna melaporkan bahwa YouTubenya tidak dapat dibuka. Sehingga tidak leluasa untuk streaming video. Pengguna tidak perlu bingung, karena hal ini bisa diatasi dengan beberapa tips mudah, yaitu:

  • Menghapus cache. Seringkali, penggunaan aplikasi menambahkan berbagai data sehingga ukurannya membengkak. Pengguna perlu rutin menghapus cache dari aplikasi di perangkatnya melalui menu pengaturan.
  • Melakukan pembaruan menuju versi terbaru. Apabila YouTube yang diunduh merupakan versi lama, hal ini bisa menyebabkan beberapa gangguan fungsi. Apabila perangkat yang digunakan termasuk baru, maka wajib mengunduh yang versi terbaru.
  • Membersihkan histori. Pencarian YouTube yang menumpuk dalam waktu lama bisa menyebabkan gangguan fungsi. Hapus histori sehingga penyimpanan YouTube lebih lega dan bisa digunakan untuk memutar video seperti biasanya.
  • Menginstal versi sebelumnya. Berlaku untuk perangkat yang OS Androidnya minim. Jika YouTube tidak berfungsi meski telah menghapus cache, pengguna perlu mencoba instal aplikasi menuju versi awal. Sebab, kemungkinan versi barunya tidak kompatibel dengan perangkat pengguna.
BACA JUGA:  5 Cara Mengatasi YouTube Loading Terus dan Penyebabnya

Demikian informasi tentang cara minimize YouTube tanpa aplikasi yang bisa segera diterapkan pada perangkat masing-masing. Tanpa perlu mengunduh aplikasi yang memakan memori penyimpanan, pengguna bisa leluasa mendengarkan YouTube sambil melakukan aktivitas lainnya.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!