Home » Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di Laptop dengan Mudah

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di Laptop dengan Mudah

Google chrome merupakan browser yang sangat populer dan banyak digunakan karena kemudahannya. Namun karena beberapa hal seringkali google chrome tidak bisa dibuka di laptop. Ini tentu akan menghambat pekerjaan bagi pengguna yang membutuhkan akses ke browser tersebut.

Biasanya browser ini tidak bisa dibuka seperti lama proses membuka aplikasi, hang, hingga terjadi force close. Oleh karena itulah perlu penanganan yang tepat agar google chrome bisa diakses kembali. Berikut beberapa tips untuk mengatasinya, antara lain:

1. Periksa Apakah Chrome Sudah Terbuka Atau Belum

Seringkali google chrome sudah aktif dan berjalan di latar belakang. Untuk mengecek dan memaksanya berhenti, cara yang dilakukan sangat mudah dan sederhana. Pengguna hanya perlu masuk pada “Task manager” dan memaksa aplikasi untuk berhenti.

Nantinya secara otomatis browser akan berhenti berjalan di latar belakang. Dengan demikian pengguna bisa mencoba untuk mengaksesnya kembali.

2. Uninstall Lalu Install Kembali

Tips berikutnya yang bisa dilakukan apabila google chrome tidak bisa dibuka di laptop yaitu uninstall aplikasi. Disarankan untuk menggunakan aplikasi Clean Master karena tidak hanya berguna untuk uninstall aplikasi saja. Namun juga menghapus berbagai data dan sampah hingga benar-benar bersih.

Setelah aplikasi google chrome sudah di-uninstall, maka pengguna bisa menginstall kembali aplikasi tersebut. Pastikan untuk mengunduh dan menginstalnya melalui website resmi agar terjamin keamanannya.

3. Gunakan Google Chrome Versi Lama

Apabila laptop yang digunakan ialah laptop dengan spesifikasi terbatas, tentu akan cukup kesulitan dalam menggunakan aplikasi yang tergolong berat. Untuk itulah, agar bisa mengatasi permasalahan google chrome tidak bisa dibuka di laptop maka pengguna bisa menggunakan versi lama.

Penggunaan browser versi lama ini tidak memerlukan spesifikasi laptop yang tinggi. Dengan demikian, maka kemungkinan besar pengguna bisa mengakses google chrome seperti sedia kala.

4. Mulai Ulang Google Chrome

Cara ini juga bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan yang google chrome yang tidak bisa diakses. Meskipun tergolong mudah dan sederhana, namun cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi kendala tersebut.

Pengguna bisa menggunakan kombinasi “Ctrl+Q”. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan refresh halaman tersebut. Hal ini karena seringkali kendala tersebut terjadi pada website bukan aplikasi google chrome.

5. Bersihkan Virus & Malware Yang Ada Di Laptop

Selain beberapa tips yang sudah dijelaskan, pengguna juga bisa membersihkan laptop dari virus dan malware untuk memperbaiki google chrome tidak bisa dibuka di laptop. Perlu diketahui bahwa adanya virus dan malware bisa menghambat kerjanya sehingga tidak bisa dibuka.

Pengguna bisa memanfaatkan aplikasi pembersih virus pihak ketiga yang sudah terinstall di laptop. Bisa juga menggunakan aplikasi bawaan laptop seperti windows defender. Pastikan bahwa aplikasi pembersih virus yang digunakan terunduh secara legal di situs resmi untuk menjamin keamanan.

6. Perbaiki Jaringan Yang Terhubung Pada Laptop

Penyebab google chrome tidak bisa diakses salah satunya karena jaringan yang bermasalah. Oleh karena itulah, sebaiknya perbaiki jaringan yang terhubung pada laptop agar aplikasi tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Pastikan laptop tersambung pada jaringan yang stabil agar bisa mengakses internet sesuai dengan kebutuhan. Semakin stabil koneksi yang tersambung, maka pengguna akan lebih leluasa menjelajah internet.

Itulah ulasan mengenai cara yang bisa diterapkan untuk memperbaiki kendala google chrome tidak bisa dibuka di laptop. Permasalahan tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Sangat penting mengetahui sebabnya yang tepat sehingga bisa mendapatkan solusi yang tepat.

error: Content is protected !!