Home » Keuntungan Investasi Emas dan Cara Mudah Memulai Investasi Emas Bagi Pemula

Keuntungan Investasi Emas dan Cara Mudah Memulai Investasi Emas Bagi Pemula

Pengelolaan keuangan yang baik akan memberikan rasa aman di masa depan. Masyarakat mau tak mau harus lebih bijak dalam mengelola keuangan. Salah satu cara pengelolaan keuangan yang bisa dilakukan adalah dengan investasi emas.

Mengapa perlu investasi emas?

Bagaimana cara memulai investasi emas bagi pemula?

Simak lebih lanjut untuk menemukan jawabannya.

Keuntungan Investasi Emas

keuntungan investasi emas

Menyimpan emas sebagai tabungan menjadi banyak dipilih karena nilainya yang cenderung tidak berpengaruh oleh inflasi. Selain itu, berikut ini adalah keuntungan investasi emas dan alasan mengapa kamu perlu investasi emas?

  • Emas Adalah Aset Lancar

Emas merupakan salah satu aset lancar yang mudah diperjual belikan kembali. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan deposito yang memiliki jangka waktu tertentu untuk dapat dicairkan.

Oleh karena itu, investasi emas  di masa pandemi seperti sekarang sangat bisa diandalkan. Terlebih pada saat ada kebutuhan yang darurat atau mendesak lainnya.

  • Investasi Yang Aman

Emas adalah logam mulia yang paling banyak digemari masyarakat, baik untuk investasi maupun digunakan untuk perhiasan sehari-sehari.

Selain itu, investasi emas juga dianggap sebagai investasi yang aman atau risk free. Tentunya ini lebih aman dibandingkan dengan investasi saham atau obligasi.

  • Nilai Tukar Emas Tahan Terhadap Inflasi

Alasan lain mengapa investasi emas menjadi pilihan yang tepat di masa pandemi adalah karena harganya yang bisa tetap bertahan sekalipun sedang inflasi. Jadi apabila nilai mata uang mengalami penurunan, maka harga emas justru akan naik atau setidaknya stabil.

  • Bebas Pajak

Emas adalah salah satu bahan baku yang tidak termasuk kategori barang kena pajak. Sehingga, berapapun investasi emas yang kamu miliki tidak akan menambah jumlah tagihan  pajak yang harus kamu bayarkan.

Bebas pajak dengan profit yang cukup tinggi, inilah mengapa investasi masih jauh lebih menguntungkan daripada investasi dollar karena dollar masih bisa berdampak oleh inflasi.

  • Harga Emas Dapat Dijangkau Semua Kalangan

Investasi emas tidak hanya mengacu pada suatu kalangan atau golongan tertentu, siapapun bisa memiliki investasi emas karena harganya yang cukup terjangkau.

Tidak harus dengan modal yang tinggi, kamu bisa membeli emas secara online mulai dari harga Rp 10.000. Bahkan pada beberapa penyedia investasi seperti Pegadaian juga menawarkan investasi berupa tabungan emas.

Jadi, tidak ada alasan untuk kamu menunda berinvestasi emas.

  • Investasi Emas Tidak Akan Bangkrut

Sebagian orang masih ragu berinvestasi karena khawatir akan kehilangan sejumlah dana, seperti investasi saham misalnya. Pada kondisi tertentu, investasi saham akan mengalami kerugian bahkan kebangkrutan.

Namun, hal ini tidak akan terjadi jika kamu investasi emas, karena nilai emas tidak akan berkurang atau menyusut.

Cara Aman Memulai Investasi Emas Bagi Pemula

cara investasi emas

Memiliki penghasilan tetap bukan berarti masa depan sudah terjamin aman. Agar kehidupan semakin lebik baik, kamu perlu melakukan suatu tindakan, yaitu berinvestasi emas.

Berikut ini ada beberapa cara aman investasi emas bagi pemula :

  • Tentukan Besar dan Tujuan Investasi Emas

Sebagian orang memilih emas sebagai investasi jangka panjang. Untuk itu, sebaiknya kamu menentukan apa sebenarnya tujuan melakukan investasi emas.

Hal ini  bertujuan agar kamu tahu berapa besaran emas yang harus disimpan setiap bulannya.

  • Pantau Pergerakan Grafik Harga Emas secara Berkala

Untuk memantau perkembangan harga emas, kamu bisa melihat pada situs-situs di internet atau aplikasi handphone. Ini sangat penting agar kamu mengetahui kapan harga emas naik dan turun.

Sehingga, kamu memiliki peluang untuk membeli atau menjual emas jika memang ada nilai keuntungannya.

  • Beli Emas di Toko yang Terpercaya

Saat ini pilihan tempat untuk membeli emas telah menjamur dimana-mana. Tak hanya berupa toko offline, jual beli emas di pasar online juga banyak diminati konsumen.

Namun sebaiknya pilih tempat penjualan emas yang resmi dan terpercaya. Tempat yang paling banyak direkomendasikan untuk jual beli emas adalah PT Antam.

  • Pastikan Memiliki Tempat Penyimpanan yang Aman

Hal terpenting lainnya yang perlu diperhatikan bagi pemula sebelum memulai investasi emas adalah pastikan bahwa kamu memiliki tempat yang aman untuk menyimpan emas.

Brankas atau Safety Box adalah salah satu alternatif yang paling banyak dipilih sebagai tempat penyimpanan emas.

Namun, untuk meminimalkan resiko kehilangan atau pencurian, kamu bisa menggunakan fasilitas Safe Depostit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. Ini tentunya membutuhkan tambahan biaya.

  • Fokus Kepada Masa Depan

Perlu diketahui bahwa investasi emas merupakan tabungan masa depan yang baik, untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Maka ketika kamu telah memutuskan untuk berinvestasi, termasuk investasi emas, dibutuhkan kesabaran untuk bisa melihat hasilnya.  Jadi, fokuslah pada masa depan dengan cara investasi yang kamu terapkan.

Demikianlah ulasan tentang tips aman memulai investasi bagi pemula. Zaman selalu berubah, tetapi minat masyarakat akan investasi emas masih menjadi yang paling tinggi.

Satu hal yang perlu diingat, bahwa memiliki investasi emas akan memberikan manfaat yang baik di masa depan nanti.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!