Home » Fungsi Manajemen Pada Bisnis, Unsur, Pengelolaan dan Pembagiannya

Fungsi Manajemen Pada Bisnis, Unsur, Pengelolaan dan Pembagiannya

Mau mengembangkan bisnis itu harus tahu dulu bagaimana fungsi manajemen bekerja dan apa saja unsur-unsur yang ada di dalamnya. Manfaat dari melakukan fungsi itu juga sangat penting, apalagi jika dapat dikelola dengan baik, ini akan membuat peluang sukses besar.

Dalam sebuah perusahaan, khususnya sebuah bisnis yang sedang berkembang, di dalam sana pasti sangat diperlukan sebuah sistem yang bisa mengatur tugas dari setiap orang yang akan terlibat. Dan ini yang biasanya disebut juga dengan sistem manajemen dan pengelolaan.

Coba Anda bayangkan saja jika sebuah perusahaan atau tempat menjalankan sebuah bisnis, tidak ada orang atau sistem khusus yang mengatur jalannya produktivitas perusahaan. Hal ini yang kemudian harus melibatkan inovasi agar bisa sesuai dengan kebutuhan era zaman ini.

Secara singkat, fungsi dalam manajemen yang utama ini memiliki tujuan untuk mencapai tujuan dari sebuah pelaku bisnis ataupun usaha secara efektif dan efisien. Proses untuk bisa mengelola seluruh pekerjaan ini juga harus dilakukan secara teratur agar hasilnya bagus.

Definisi Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli

Sebelum masuk lebih dalam lagi, definisi adalah satu hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Singkatnya, manajemen adalah seni melaksanakan atau mengatur, dan jika digabung dengan kata fungsi, maka ini bisa didefinisikan sebagai manfaat dari keteraturan.

Selanjutnya, perusahaan akan melibatkan manusia dan sumber daya yang relevan lainnya. Dan ini juga bergantung kepada pengarahan dan pengendalian, jangan sampai bisnis yang dijalankan itu berbeda dengan yang telah direncanakan sebelumnya.

Anda juga bisa mengartikan istilah yang sering digunakan para pelaku bisnis sebagai sebuah tindakan untuk mencapai sasaran atau target, melalui aktivitas yang dilakukan secara sistematis. Satu hal yang juga tidak boleh dilupakan ketika membahas ini adalah orang lain.

Fungsi dari manajemen ini juga untuk bisa lebih menghargai usaha dan kepentingan orang lain. Mereka dikelola berdasarkan apa yang mereka bisa sehingga tidak ada eksploitasi yang semata-mata hanya agar pelaku bisnis bisa melihat pencapaian yang melebihi target.

Unsur-unsur yang Terlibat dalam Fungsi Manajemen

Perusahaan juga sangat penting untuk bisa menjalankan segala sesuatu dengan baik. Tetapi satu hal yang pasti, tidak mungkin hanya satu sumber daya saja yang akan terlibat untuk menjalankan proyek atau usaha yang ingin mencapai kata kesuksesan.

Harus Anda ketahui bahwa terdapat unsur lain untuk bisa menjalankan sesuatu dengan baik, dan ini adalah kunci kesuksesan dari perusahaan juga. Jadi, unsur-unsur yang pastinya akan terlibat untuk mewujudkan fungsi utama dari manajemen bisnis antara lain:

  1. Manusia

Unsur pertama ketika berbicara soal fungsi manajemen adalah manusia (manajemen sumber daya manuasia) itu sendiri. Dan bagaimanapun juga, manusia selalu menjadi aktor paling penting untuk sebuah perusahaan bisa meraih target atau tujuannya.

Meskipun kini sudah muncul sumber daya lain sebagai pembantu, tetapi peran manusia tetap sangat vital. Manusia akan mengatur rencana untuk apa yang ingin dia raih sehingga hasilnya juga bisa maksimal.

  1. Uang

Tidak bisa kita pungkiri juga bahwa kegiatan usaha yang tidak menggunakan uang adalah hal mustahil. Biaya operasional selalu menjadi aspek utama agar target perusahaan bisa tercapai dan segala prosesnya dapat dilakukan dengan sempurna.

  1. Material

Unsur selanjutnya yang selalu dibutuhkan untuk bisa mencapai kata sukses dari target yang sudah dipasang. Menggunakan material juga harus yang baik jika ingin hasilnya juga baik, jika tidak, maka fungsi manajemen perusahaan itu akan sulit dicapai.

  1. Mesin

Unsur manajemen selanjutnya juga pasti akan membutuhkan mesin, dan ini yang menjadi alat pembantu manusia dalam menyukseskan sebuah tujuan. Penggunaan mesin telah membuat proses kerja menjadi lebih efektif sehingga pasti dibutuhkan.

  1. Pasar

Unsur manajemen selanjutnya yang memiliki fungsi yang sangat krusial adalah pasar. Ini menyangkut soal dimana kita harus memasang target, dengan ini juga kita tahu apakah target yang kita pasang itu masuk akal atau tidak.

Tetapi Anda harus ingat, pasar dan pelanggan ini sangat bergantung kepada perusahaan Anda sendiri. Jika Anda menggunakan bahan kualitas baiknya, maka target pasar Anda adalah orang yang lebih mementingkan kualitas daripada harga.

Apa Saja Fungsi Manajemen Pada Bisnis Anda?

Kinerja sebuah perusahaan bisa dinilai baik atau buruknya dari hasil yang bisa kita lihat. Tetapi itu hanya salah satunya, karena yang paling penting dari performa sebuah perusahaan atau bisnis juga bisa diukur dari bagaimana proses pengerjaan untuk hasil itu bisa tercapai.

Manajemen perusahaan juga memiliki fungsinya masing-masing, dan lebih jauh lagi ada kegunaan dari setiap segmentasi manajemen tersebut. Hal ini yang harus selalu disokong oleh pengalaman sehingga ketika berbicara soal kualitas, akan menjadi satu hal yang bagus.

Secara keseluruhan, fungsi dari manajemen perusahaan dan pada bisnis itu ada dibagi menjadi tahap leading, planning, organizing, controlling, dan coordinating. Dan semua ini memiliki pengertian dan pembagian yang mengarah ke kesuksesan jalannya bisnis itu.

Manfaat dari Masing-masing Fungsi Manajemen

Manajemen yang kuat adalah alat utama untuk setiap perusahaan yang ingin sukses. Setiap unsur yang disebutkan sebelumnya dibuat untuk bisa mencapai target yang dipasang.

Tetapi harus mengetahui lebih jauh lagi soal fungsi lagi agar bisa memperkirakan hasilnya. Setelah Anda tahu apa saja manajemen perusahaan dan fungsinya secara umum.

Anda masih bisa dibilang belum terlalu paham soal arti secara keseluruhan. Jika Anda ingin tahu fungsi dari manajemen yang kami sebutkan sebelumnya, jadi ini adalah penjelasannya:

  1. Leading (kepemimpinan)

Ketika Anda sedang dalam tahap mengembangkan bisnis dan usaha, maka harus ada seorang pemimpin yang bertanggung jawab. Mereka juga bertugas untuk memimpin, sekaligus menjadi penanggung jawab fungsi manajemen itu bisa tercapai.

Manajer ini sekaligus memiliki tugas untuk mengambil keputusan penting, komunikasi dan memberikan motivasi kepada bawahannya. Serta mengembangkan sumber daya dan unsur-unsur yang dimiliki dengan baik agar tercapainya tujuan manajemen.

  1. Planning (Perencanaan)

Fungsi dari manajemen yang kedua adalah planning atau perencanaan, dimana hal ini sangat diperlukan untuk menjalani rangkaian proses jalannya kegiatan kedepannya. Di tahap ini juga, Anda bisa menciptakan strategi manajemen yang tepat.

Manajemen perencanaan ini juga harus melewati proses menetapkan tujuan bersama terlebih dahulu, dan dilanjutkan dengan perumusan keadaan saat ini. Jika sudah, Anda dan tim mengidentifikasi hambatan kedepannya sehingga tahu rencana tujuan.

  1. Organizing (Mengorganisir)

Fungsi manajemen selanjutnya ada pada organizing atau mengorganisi. Ini berupa rangkaian aktivitas pembagian tugas yang akan dikerjakan Anda dan tim, serta proses pengembangan struktur organisasi yang tepat sasaran dan keahliannya tepat.

Agar perusahaan dapat berjalan dengan sempurna, maka mengorganisir harus melewati tahap pembagian tugas yang jelas, serta menyatukan tujuan. Selanjutnya juga tidak boleh melupakan bahwa leading juga akan ada kaitannya di sini.

  1. Controlling (Pengontrolan)

Setelah tugas sudah dibagi dan masing-masing sudah terbentuk tim untuk menjadi bagian manajemen. Maka fungsi dari adanya manajemen ini juga untuk mengontrol jalannya kegiatan itu, Anda yang menilai pekerjaan yang sudah dilakukan.

Kualitas layanan dan produk yang dihasilkan perusahaan itu harus yang sebaik mungkin. Sehingga jika Anda menyerahkan semuanya tanpa ada pengawasan, maka yang akan terjadi adalah perusahaan tidak dapat berjalan dengan baik.

  1. Coordinating (Mengkoordinir)

Apakah Anda pernah berada di posisi dimana pekerjaan terasa tidak efektif dan tidak efisien karena kerjasama yang masih belum maksimal? Maka ini juga tugas dan fungsi dari manajemen agar bisa mengarahkan semuanya lebih teratur.

Sifat leader dan pembagian tugas sebelumnya bisa saja menjadi kacau jika tidak dibantu dengan kerjasama yang pas. Maka dari itu, harus ada kebijakan yang berlaku untuk dapat diimplementasikan kepada pekerja untuk bisa bekerjasama.

Pembagian Fungsi Manajemen yang Paling Efektif

Pada setiap pekerjaan, pasti Anda sadari bahwa ada pembagian dan tingkatan. Mungkin akan ada peningkatan setiap beberapa bulan atau tahun, dan ini juga berlaku untuk para petugas manajemen yang memiliki tingkatannya.

Dalam manajemen perusahaan, mendapat pembagian manajemen yang lebih rendah menandakan juga tugasnya tidak terlalu berat, dan begitu juga sebaliknya. Namun secara keseluruhan, ini adalah beberapa fungsi yang ada pada saat manajemen perusahaan:

  1. Lower Level Management

Tingkatan pertama dalam pembagian fungsi manajemen adalah lower level, dan pada biasanya, yang menduduki jabatan ini adalah sekelas leader, mandor, pengawasan dan supervisor. Tugasnya praktis hanya mengawasi pekerjaan para bawahannya.

Manajemen tingkat bawah ini biasanya berperan langsung terjun ke lapangan. Sehingga agar segala proses pengarahan dan tujuan bisa tersampaikan dengan jelas, maka kemampuan ekonomi sangat dibutuhkan oleh setiap orang di lower level.

  1. Middle Level Management

Manajemen kedua yang berada di posisi tengah sebuah perusahaan ini memiliki manajemen di bawahnya, tetapi bertanggung jawab langsung dengan orang yang duduk di top level. Untuk tugas sendiri, menjalankan semua konsep dari atasan

Middle level management lebih sering diandalkan karena kemampuan dalam hal teknis lebih mapan. Contoh pembagian tugas di level ini adalah menjadi seorang manajer di segala sektor, yang mana ini cukup berperan penting untuk bisnis.

  1. Top Level Management

Tingkatan fungsi manajemen paling atas dan memiliki otoritas paling tinggi biasanya adalah CEO, Presiden Direksi, dan General Manager. Dan benar saja, biasanya ketiga jabatan ini yang duduk di posisi paling tinggi dalam manajemen sebuah perusahaan.

Untuk perannya sendiri tidak perlu ditanya lagi, karena meskipun tidak bekerja langsung dilapangan. Mereka memiliki wewenang untuk menghentikan atau mengganti posisi seseorang, sehingga harus dipastikan memiliki kinerja sempurna.

BACA JUGA: Management Pemasaran dan Berbagai Tugas Pentingnya

Pengelolaan dalam Fungsi Manajemen Bisnis Anda

Adanya pembagian posisi manajemen itu memiliki tugas untuk mengelola setiap tim yang bekerja. Sumber daya yang ada di dalam sebuah perusahaan didatangkan untuk mencapai target masuk akal dari perusahaan.

Manajemen ini juga memiliki jalur komunikasi masing-masing, dimana unsur “orang” tidak memiliki hak untuk menghubungi top level management. Mereka harus melapor semuanya kepada lower level untuk menentukan keputusan dulu, baru disampaikan ke atasan.

Hal ini bertujuan agar semua dapat terkelola dengan baik oleh manajemen perusahaan. Serta pebisnis dapat mengetahui dimana sekiranya agar pertanyaan dai bisnis akan diarahkan, dengan tetap memperhatikan kepentingan karyawannya.

Selalu menjadi hal yang unik ketika membahas tentang prestasi dan pencapaian sebuah perusahaan. Di samping itu semua, akan ada proses yang membuat segala rencana itu bisa tercapai, serta yang tidak kalah penting adalah dengan hadirnya fungsi manajemen.

Bagikan artikel:
error: Content is protected !!