Home » Fungsi fungsi MS Word Berdasarkan Keperluannya dan Secara Umum

Fungsi fungsi MS Word Berdasarkan Keperluannya dan Secara Umum

Bagi pengguna yang memiliki tugas atau pekerjaan yang melibatkan kegiatan menulis dokumen tentu menggunakan Microsoft Word. Fungsi fungsi MS Word sebagai pengolah kata ini memang cukup banyak, beberapa mungkin belum banyak diketahui.

Bagian dari Microsoft Office ini sering digunakan karena memiliki penampilan yang simple serta penggunaannya sangat sederhana. Selain itu, fitur yang disediakan juga sangat memudahkan para penggunanya untuk menulis suatu dokumen.

Fungsi Microsoft Word Berdasarkan pada Keperluannya

Secara khusus terdapat beberapa fungsi dari aplikasi Microsoft Word mulai dari keperluan pribadi, sekolah, hingga bisnis. Pada keperluan pribadi program pengolah kata ini dapat dimanfaatkan untuk menulis catatan pribadi mengenai berbagai hal yang menarik.

Untuk para siswa maupun mahasiswa aplikasi ini tentu sering digunakan untuk membuat tugas, dan juga penelitian. Aplikasi ini merupakan yang paling sering digunakan dalam proses pembuatan dan penyelesaian tugas sekolah.

Microsoft Word juga telah memiliki template dengan rancangan yang profesional untuk memenuhi keperluan pekerjaan atau bisnis. Template yang disediakan oleh MS. Word ini antara lain yaitu proposal, resume, newsletter, letter, report atau paper, dan invoice.

Fungsi Microsoft Word Secara Umum

Fungsi fungsi MS Word tentunya dapat dijabarkan dengan lebih detail lagi jika untuk keperluan secara umum. Pada intinya tentu saja aplikasi ini adalah sebuah program pengolah kata yang fungsinya digunakan untuk hal berikut:

1. Berfungsi Sebagai  Pembuatan dan Pengeditan Dokumen

Dalam proses pembuatan dokumen, pengguna dapat mengetik kalimat menjadi sebuah paragraf dengan berbagai format. Kemudian apabila melakukan kesalahan atau untuk suatu keperluan para pengguna dapat melakukan beberapa penyesuaian dan pengeditan.

Pada kalimat yang kurang tepat pengguna dapat menghapusnya dengan tombol backspace dan menggantinya. Gambar pendukung juga dapat ditambahkan bahkan terdapat template dokumen yang akan mempermudah aktivitas penulisan suatu dokumen tertentu.

2. Untuk Memformat dan Menyimpan Dokumen

Dalam memformat sebuah teks pengguna dapat memanfaatkan banyak fitur yang disediakan oleh MS Word. Beberapa fiturnya yaitu huruf tebal, format miring, bisa juga diberikan sebuah garis di bagian bawah tulisan.

Selain itu, terdapat juga fitur header, footer, serta pembuatan atau pemberian nomor halaman pada dokumen. Selain di Microsoft Excel, pengguna juga dapat membuat sebuah tabel di Microsoft Word dengan mengklik tab “Insert” lalu pilih “Table”.

Jumlah kolom serta baris tabel yang ingin dibuat dapat disesuaikan dengan mudah bahkan. bisa juga dihapus atau ditambah. Program ini juga mengizinkan pengguna menyimpan dokumen tersebut ke hard drive komputer maupun laptop yang digunakan.

3. Berfungsi untuk Mencetak Dokumen

Dokumen untuk pekerjaan maupun tugas sekolah yang selesai dibuat dengan program ini juga sangat mudah untuk dicetak. Microsoft Word bahkan memungkinkan penggunanya untuk memilih berbagai opsi untuk mencetak dokumen tersebut.

4. Sebagai Alat Kolaborasi

Berkat fitur canggih di Microsoft Word dapat memiliki fungsi lain yaitu sebagai alat untuk saling kolaborasi. Pengguna dapat menggunakan MS Word Online atau yang disebut Microsoft 365 Word untuk mengerjakan proyek dokumen secara real-time.

Hal tersebut tentu sangat menarik terutama bagi para pengguna yang bekerja atau mengerjakan tugas secara kelompok. Adanya cloud base application lah yang memungkinkan pengguna untuk mengerjakan dan membagikan dokumen kepada orang lain secara langsung.

Demikian fungsi fungsi MS Word baik berdasarkan jenis keperluannya maupun fungsinya secara umum. Meskipun memiliki tampilan yang sangat sederhana program tersebut dapat dimanfaatkan dengan lebih luas oleh para pengguna yang memiliki kemauan lebih.

error: Content is protected !!